Thursday, October 12, 2017

5 Mitologi Tionghoa Kuno yang Aneh Bin Ajaib

5 Mitologi Tionghoa Kuno yang Aneh Bin Ajaib - Sampai saat ini Tionghoa masih erat kaitannya dengan berbagai mitologi yang menghubungkan sejarah China jaman dulu dengan peradaban kehidupan manusia pada saat ini. Banyak yang masih mempercayai berbagai mitologi Tionghoa kuno yang aneh bin ajaib dengan berbagai versi. 

Mitologi yang tersebar dari Tionghoa kuno ini antara lain mulai dari penciptaan bumi, dewa-dewa, sampai dengan keagungan pahlawan yang dalam legenda begitu gagah berani menyelamatkan bumi dari berbagai keburukan. 

Ada beberapa cerita mitologi populer yang bisa dinilai sebagai peninggalan cerita kepercayaan sejarah dari para leluhur  yang patut untuk dihargai. Pada kesempatan kali ini akan memberikan kamu berbagai cerita mitos etnik Tionghoa kuno yang begitu populer. Berikut ini merupakan mitologi tionghoa kuno yang aneh bin ajaib dan merupakan cerita peninggalan dari nenek moyang China yang masih dipercaya banyak orang yaitu:

Cerita Mitologi Tionghoa Tentang Panku atau Pangu

Sosok dengan nama Pangu itu dikenal sebagai sang pencipta bumi beserta isinya. Ia menggunakan kekuatan ying dan yang yakni merupakan prinsip dari dualitas segala hal yang sampai saat ini masih dipercaya sebagai hal yang dapat menyeimbangkan segalanya. 


Diceritakan, Pangu merupakan manusia pertama yang diturunkan ke bumi dan lahir dari batu kosmik, memiliki badan besar, bertanduk, bertaring dan memiliki kekuatan yang sangat super.

Legenda Tionghoa Kuno Tentang Fushi


Fushi dianggap sebagai raja pertama yang memiliki andil sangat besar dalam peradaban manusia. Fushi menjadi sosok yang berperan penting dalam kehidupan manusia prasejarah dengan mengajarkan berbagai hal kepada manusia yang ada bagaimana cara untuk bertahan hidup. Bahkan dari mitologi yang beredar, Fushi dianggap sebagai orang pertama yang membantu manusia untuk membuat api.

Legenda Dewa Gong Gong

Diceritakan, Gong Gong merupakan dewa penguasa air yang ingin menguasai bumi dan memperluas wilayah dengan perairan. Akibat ulahnya tersebut, Zurong sang dewa api memberikan perintah untuk membuat dunia menjadi damai. 


Namun Gong Gong yang ingi menguasai dunia terus melakukan upaya dengan menurunkan hujan badai dan merupakan dewa yang mengendalikan banjir. Gong Gong dikenal sebagai dewa yang suka perusak karena dianggap sebagai penyebab dari kerusakan di bumi. Pada akhirnya Gong Gong diberi hukuman mati dan dunia menjadi damai kembali.

Legenda Chi Lin atau Qilin

Merupakan makhluk mitos yang sampai saat ini masih dipercaya oleh masyarakat Tionghoa. Qilin merupakan hewan suci dengan tanduk diatas kepalanya. 

Digambarkan hewan yang satu ini memiliki sifat yang sangat pemalu dan merupakan hewan yang damai. Namun jangan sampai membuat hewan yang satu ini marah karena ia dapat menusuk orang-orang jahat di sekitarnya dengan menggunakan tanduk yang ada di kepalanya tersebut.

Kisah Monyet Sun Wukong 

Merupakan raja monyet cerdik yang sangat pintar, nakal, suka membuat onar, memiliki rasa penasaran yang tinggi, serta begitu populer. Sun wukong yang saat itu mash lir dan usil alias suka mengganggu berhasil dijinakkan oleh seorang biksu dan akhirnya turut menemani perjalanannya menuju barat untuk mendapatkan kitab suci. Ternyata dalam perjalanannya itu tak mudah dan  menjadi sebuah petualangan yang sangat menarik.

 Mitologi Tionghoa Kuno yang Aneh Bin Ajaib

Itulah 5 mitologi Tionghoa yang aneh bin ajaib yang bisa diberikan pada kesempatan kali ini. Tentu masih ada banyak sekali mitologi Tionghoa yang menarik untuk diketahui. Bisa dipercaya dan juga tidak, namun certa tersebut memang begitu populer di kalangan masyarakat Tionghoa dan melegenda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Mitologi Tionghoa Kuno yang Aneh Bin Ajaib