Monday, January 9, 2017

Pengertian dan Efek Berbahaya dari Penggunaan 3 Golongan Narkoba Berbahaya

Apakah narkoba itu?

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya atau bisa kita sebut obat berbahaya yang jika dimasukkan ke dalam tubuh manusia baik melalui cara dihirup maupun dengan cara disuntikkan yang bisa merusak pola pikiran, suasana hati, atau perasaan dan perilaku seseorang.

WHO (1982) "Semua zat kecuali makanan, air atau oksigen yang jika dimasukkan ke dalam tubuh dapat mengubah bahkan merusak fungsi dalam tubuh secara fisik dan psikologis."

Apakah narkotika?

Narkotika merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun semisintesis, dimana dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan menimbulkan kecanduan.

Apakah psikotropika?

Psikotropika merupakan obat kimia baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan syaraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku. Zat psikotropika seperti shabu-shabu, ekstasi, amfetamin, LSD (Lysergic Acid), fenobarbital, nitrazepam, butalbital, dan diazepam.

Bahayanya Narkoba Bagi Kesehatn Tubuh
Image by liputan6.com

Apakah zat adiktif lainnya atau obat berbahaya?

Zat adiktif lainnya atau obat berbahaya yaitu bahan lain dan obat buka narkotika dan psikotropika yang penggunannya dapat menimbulkan ketergantungan atau keinginan menggunakan kembali secara terus-menerus. Apabila dihentikan akan timbul efek putus zat diantaranya rasa sakit atau lelah yang luar biasa.

Berbagai cara obat  masuk kedalam tubuh
  1. Ditelan: dimasukkan kedalam mulut, obat akan meluncur ke pusat usus besar dan diserap ke dalam aliran darah di dalam pencernaan.
  2. Disedot gasnya: seperti lem, gas atau uap yang terdapat didalam lem tersebut mengandung zat memabukkan itu menembus aliran darah yang ada di dalam rongga hidung.
  3. Dihisap: seperti merokok pada umumnya yang mengharuskan kita untuk menghisap, zat atau asap akan masuk ke dalam kantung-katung udara di paru-paru dan diserap oleh pembuluh-pembuluh rambut (kapiler) ke dalam aliran darah.
  4. Dioleskan: caranya dioleskan diatas kulit, dengan begitu akan merasuk melalui pori-pori kulit ke dalam pembuluh darah rambut dan akhirnya ke aliran darah.
  5. Disuntikkan: dimasukkan ke dalam tubuh tertentu dengan cara menusukkan jarum kebagian tubuh dengan jarum untuk mencapai aliran darah, seperti di lengan tangan.
Semua cara yang telah disebutkan di atas apabila dilakukan tanpa sepengetahuan dan petunjuk dokter bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita.

3 golongan narkotika berbahaya yang harus kamu hindari:

1. Narkotika Gol I, (untuk iptek, reagensia diagnostik atau laboratorium), mempunyai potensi sangat tinggi menimbulkan ketergantungan).

2. Narkotika Gol II, merupakan bahan baku untuk produksi obat, timbulkan potensi ketergantungan tinggi dan hanya digunakan sebagai pilihan terakhir dalam pengobatan.

3. Narkotika Gol II, hanya digunakan untuk rehabilitasi, mempunyai potensi ringan akibatkan ketergantungan. Contoh: kodein, difenoksilat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Efek Berbahaya dari Penggunaan 3 Golongan Narkoba Berbahaya