Friday, January 6, 2017

Legenda Osiris Dan Isis, Kisah Perkawinan Sedarah Raja Dewa Mesir Kuno

Mesir adalah salah satu negara yang memiliki peradaban tertua di dunia, orang biasanya menyebutnya dengan legenda Mesir Kuno. Kita semua pasti pernah baca di dalam buku-buku sejarah kan, bagaimana peradaban Mesir Kuno itu sangat terkenal. Pembaca pasti tau Pyramid, salah satu dari tujuh keajaiaban dunia yang sampai saat ini masih berdiri kokoh, menjadi saksi bisu perkembangan dari peradaban Mesir Kuno yang melegenda itu. 

Pembangunan Pyramid aja membutuhkan ribuan tenaga manusia pada zamannya, dimana ketika itu teknologi pembangunan dan konstruksi belum semaju sekarang namun kecanggihan dan kepintaran orang-orang yang membangun Mesir Kuno diakui sampai berabad-abad lamanya, terbukti sampai sekarang Pyramid masih berdiri kokoh. 

Zaman dulu belum ada konstruksi baja seperti sekarang, tapi kekuatan konstruksinya teruji sangat kokoh. Walaupun ada beberapa bagian dari Pyramid yang mengalami erosi, tapi Pyramid masih tetap berdiri tegak sampai sekarang. Amazing bukan?

Legenda Mesir Kuno Osiris dan Isis

Ada banyak cerita dan legenda yang mengiringi peradaban Mesir Kuno, diantaranya cerita tentang Fir’aun dan kisah Osiris dan Isis cinta perkawinan sedarah Mesir Kuno. Fir’aun adalah salah satu dari raja Mesir Kuno yang terkenal banget soalnya Fir’aun menjadi raja di usianya yang masih sangat muda, namun otoritasnya berpengaruh banget ketika itu. Sampai Fir’aun meninggal pun, mumi nya sangat dicari oleh para sejarawan dan arkeolog sampai di tahun 1926 akhirnya makam Fir’aun dapat dibuka.

Legenda Osiris dan Isis

Tapi sayangnya, pembukaan makam itu malah membawa petaka buat para arkeolog dan orang-orang yang ikut membongkar makam dimana dari mereka ditemukan meninggal satu per satu. Wah serem juga ya! Peradaban Mesir Kuno sangat terkenal loh dengan legenda para dewa nya seperi Dewa Ra atau Dewa Matahari dan dewa-dewa yang lain. 

Selain legenda Fir’aun, legenda kisah cinta Osiris dan Isis adalah cerita yang sanagt terkenal di Mesir Kuno. Wah, siapa sih diantara kita yang ngga tertarik membahas cinta? Jadi ada cerita cinta apakah dari peradaban tertua di dunia ini?

Namanya Osiris. Osiris dikenal juga sebagai dewa maut. Osiris ini punya banyak nama lain loh seperti Asar, Asari, Aser, Ausar, Ausir, Wesir, Usir, Usire atau Ausare. Wah banyak juga ya nama lain dari Osisris ini. Dalam legenda Mesir Kuno, Osiris memiliki kerajaan yang berada di Barat sehingga Osiris dikaitkan dengan Khenti-Amentiu atau Orang yang paling barat.

Osiris dan Isis

Osiris digambarkan sebagai sosok berjanggut seperti Fir’aun yang tubuhnya dibalut seperti mumi, memakai mahkota yang unik dengan dua bulu burung unta di kedua sisinya. Osiris juga digambarkan memegang kait dan cambuk. 

Tugas Osiris sebagai dewa kematian adalah menghakimi jiwa manusia menurut pahala yang manusia kumpulkan ketika hidup. Menurut legenda, Osiris pertama kali diketahui ketika masa dinasti kelima Mesir. Hal ini diketahui dari Naskah Piramida yang berasal dari kurun waktu dinasti ke lima Mesir. 

Kemudian legenda tentang Osiris ini terus muncul dalam dokumen-dokumen sejarah peradaban selanjutnya seperti Prasasti Shabka, persaingan antara Horus dan Seth, kemudian dikisahkan oleh Pultarch dan Diodorus Siclussecara naratif. Plutarch dan Diodorus adalah pujangga Yunani yang mengabadikan cerita Osiris. 

Walaupun dikenal sebagai dewa kematian, Osiris adalah dewa yang pengasih di alam baka. Osiris disebutkan sebagai dewa yang ngga segan-segan ngasih pengampunan buat jiwa-jiwa manusia yang sudah meninggal. Osiris juga diceritakan sebagai dewa yang memberikan kehidupan di alam nyata, dimana manusia masih hidup, yaitu menumbuhkan tunas tanaman dan banjir tahunan di Sungai Nil sehingga Mesir menjadi tanah yang subur. 

Wah ternyata Osiris ngga semenakutkan yang kita bayangkan ya. Oleh karena itu, legenda Mesir Kuno menggambarkan Osiris sebagai “tuan yang penuh cinta”. Osiris pun dijuluki “Ia yang senantiasa terlihat muda belia” atau “Tuan yang diam”. Osiris juga dikaitkan dengan rasi Orion dan Sirius 

Ternyata, Osiris punya kaitan loh dengan para Fir’aun atau raja-raja Mesir Kuno. Osiris dianggap sebagai dewa kematian karena Osiris berhasil bangkit dari kematian sehingga Fir’aun-Fir’aun menginginkan nasib yang sama seperti Osiris dimana mereka ingin bersatu secara spiritual dan punya kehidupan abadi setelah kematian melalui peniruan magis. Wah serem juga ya bisa bangkit setelah mati! 

Nah itulah sebabnya kenapa ketika para Fir’aun ini meninggal mereka di mumikan, karena mumi merupakan salah satu proses ritual yang harus dijalani apabila ingin berasimilasi dengan Osiris. Ritual asimilasi tersebut terdiri dari proses pembalseman, mumifikasi, bekal kubur, pemakaman dan lain-lain. 

Kisah Perkawinan Sedarah Raja Dewa Mesir Kuno Osiris dan Isis

dewa mesir osiris
Osiris adalah anak sulung dari dewa bumi bernama Geb dan dewi langit bernama Nut, dan mempunyai saudara kembar bernama Isis. Isis adalah saudara kembar perempuan Osiris yang kemudian menjadi istri Osiris. 

Terdapat versi lain yang menceritakan bagaimana kehidupan Osiris. osiris dalam fragmen Berosus yang merupakan karya Imam Chaldean menceritakan bahwa Osiris adalah anak angkat Dionysius yang telah mengusir Ham dan Rhea yang meruopakan orang tua asli Osiris. 

Dionysius merawat Osiris dengan baik. Osris kemudian menikah dengan Isis, adiknya, dan mereka menjadi raja dan rau Mesir. Dikisahkan Osiris dan Isis adalah raja dan ratu yang menunaikan kebaikan dan kebajikan. Osiris dan Isis mnegajarui rakyatnya bercocok tanam. 

Kisah cinta Osiris dan Isis berakhir ketika Osiris akan dibunuh oleh Set yang juga adalah saudar Osiris yang bersekongkol dengan Ratu Etiopia bersama tujuh puluh dua kaki tangannya. Kisah pembunuhan ini diceritakan oleh Pultarch dalam catatan mitologinya. Ada dua versi cerita tentang bagaimana Osiris dibunuh. 

Versi yang pertama adalah tipu daya Set yang menyuruh Osiris untuk masuk ke dalam sebuah peti yang kemudian ditutup dan disegel dengan menggunakan timah. Osiris beserta peti tersebut kemudian dihanyutkan ke sungai Nil. Isis yang merupakan istri dari Osiris rupanya adalah istri yang sangat setia. 

Isis berkelana mencari suaminya dan menemukan peti Osiris tertanam dalam sebuah batang kayu yang merupakan pilar dari istana Byblos di pesisir Fenisia atau saat ini dikenal dengan Lebanon. Isis berhasil mengeluarkan peti itu dari kayu dan mendapati Osiris telah mati. 

Versi yang kedua menceritakan bahwa Isis ketika menemukan jenazah Osiris menggunakan sihir untuk menghidupkan Osiris kembali. Sihir Isis ini merupakan warisan dari ayahnya yang merupakan dewa bumi. Ketika Osiris hidup kembali, Osiris menghamili Isis yang kemudian diberi nama Horus. Sayangnya, hidup Osiris tidak berlangsung lama. Osiris mati kembali dan Isis menguburkannya di gurun.

 Kisah Perkawinan Sedarah Dewa Mesir Osiris Isis
Sayangnya lagi, niat jahat Set muncul ketika menemukan jenazah Osiris. Set kemudian memotong jenazah Osiris menjadi empat belas bagian dan disebar ke seluruh negeri. Sebagai istri yang setia kepada sang suami, Isis kembali mencari jenazah suaminya dan mengumpulkannya menjadi satu. 

Setelah terkumpul, jenazah Osirsi dimakamkan kembali secara lebih layak. Dewa tentu saja kagum dengan pengorbanan Isis yang kemudian membuat dewa membangkitkan Osiris kembali dan menobatkannya sebagai dewa alam baka. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Legenda Osiris Dan Isis, Kisah Perkawinan Sedarah Raja Dewa Mesir Kuno