Kiat-kiat Menghindari Penyalahgunaan Narkoba

Penyalahgunaan salah satu atau beberapa jenis narkoba, yang dilakukan secara berkala di luar tujuan pengobatan dan penelitian, tidak hanya dapat merugikan kesehatan tapi juga mental dan fungsi sosial. Orang yang sudah ketergantungan narkoba tidak dapat berpikir jernih atau berbuat apa-apa selain dari mengkosumsi barang haram tersebut.

Ketika menginjak remaja, sering kali ingin memuaskan rasa ingin tahu atau coba-coba untuk mencoba sesuatu hal yang berbeda. Termasuk dalam hal mencoba konsumsi narkoba. Namun, apabila sudah ketergantungan akan sulit untuk melepaskannya. Oleh karena itu, remaja sebagai generasi penerus harapan bangsa harus bisa menjauhkan diri dari narkoba.

Tetapi, bagaimana cara remaja menghindari narkoba dengan baik dan tepat? Berikut beberapa kiat-kiat menghindari penyalahgunaan narkoba.

1. Pererat diri dengan keimanan dan ketaqwaan serta berbuat pekerti luhur

Aktif mengikuti kegiatan keagamaan baik di sekolah, di rumah, maupun dilingkungan masyarakat. Karena hal itu bisa membuat kamu menjadi beriman dan bertaqwa. Ketahuilah, bahwa seseorang yang beriman dan bertaqwa adalah seseorang yang tangguh dan pasti aman dari berbagai aktivitas berbahaya, salah satunya narkoba.

Ketika seseorang memiliki pribadi yang beriman akan menumbuhkan budi pekerti dan perilaku yang baik untuk dicontoh dan itu tentu dapat menjauhi sesuatu yang membahayakan, menempatkan yang benar dan yang salah,berperilaku baik, tidak melanggar aturan yang berlku di rumah, sekolah dan lingkungan masyrakat, dan hormat kepada orang tua.

Image by j-cul.com

2. Menolak bujukan

Tolaklah bujukan teman atau siapapun juga yang menawarkan narkoba walaupun sekedar coba-coba. Jangan takut kehilangan teman apabila ia cenderung mengajak kamu untuk melakukan hal tak terpuji termasuk menyalahgunakan narkoba. Ingat akibat penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan dan rohani kita, masa depan sekolah kita, ekonomi keluarga, dan masa depan bangsa kita.

3. Belajar dengan tekun

Berprestasi akan mempermudah langkah kita menuju cita-cita masa depan yang gemilang. Jangan biarkan cita-cita di masa depan yang kita harapkan lepas gara-gara narkoba. Karena apabila kita sudah ketergantungan pada narkoba, itu akan menghancurkan impian dan masa depan yang kamu idakam. Orang yang kecanduan narkoba tidak dapat berpikir sehingga tidak dapat berbuat apa apa. Orang yang kecanduan narkoba cenderung memiliki perilaku kriminal  karena ia tidak mungkin dapat belajar, bersekolah bahkan bekerja.
4. Mengisi waktu luang dengan aktivitas yang lebih bermanfaat

Turut aktif mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat melalui kelompok pengembangan minat bakat kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini akan menyibukkan kamu dari berbagai aktivitas yang tidak berguna. Lakukan hal-hal positif yang dapat mendukung cita-cita kamu, membuat bangga keluarga, meningkatkan keterampilan, menyehatkan badan, dan sebagainya.

5. Membiasakan diri berpola hidup sehat

Membiasakan diri berpola hidup sehat menjadi salah satu demi menghindarkan penyalahgunaan narkoba. Apa yang dimaksud melakukan pola hidup sehat seperti mulai bangun pagi, sarapan dengan menu sehat, ibadah/shalat, pergi bersekolah, lakukan kegiatan ekstrakurikuler, olahraga/bermain, belajar di rumah, tidak berkeluyuran pada malam hari, tidur dengan teratur dan sebagainya.
...