7 Isyarat Tangan yang Harus Dihindari di Luar Negeri, Biar Gak Kena Masalah!

Kamu suka traveling? Traveling adalah salah satu hal paling menyenangkan yang bisa kita lakukan, apalagi ketika kita merasa jenuh sama rutinitas sehari-hari seperti sekolah, kuliah, dan juga kerja. Traveling diyakini sebagai obat yang ampuh buat ngilangin yang namanya stress dan jenuh. Traveling bisa kemana aja loh, ke pantai, ke gunung, atau juga ke tempat-tempat yang punya cerita sejarah dan budaya yang unik bisa kita jadiin referensi tuh buat agenda traveling kita. 

Masing-masing orang punya selera traveling ya beda-beda loh, ada yang sukanya traveling di dalam negeri aja alias traveling di Indonesia karena suka sama pemandangan alam dan budaya Indonesia, tapi ada juga orang yang sukanya traveling ke luar negeri walaupun harus ngeluarin budget yang ngga sedikit. 

Pengalaman mengunjungi tempat-tempat baru dan melepaskan stress bakalan sebanding dengan budget yang udah kita keluarkan. Untuk memulai  traveling kamu, baik ke luar negeri atau ke dalam negeri, kamu harus banget mempersiapkan semuanya dengan matang.

Jangan sampai nanti ada hal-hal yang kurang waktu perjalanan, pasti bakal bikin ribet dan bikin rencana traveling kamu jadi berantakan. Jadi apa aja sih info yang harus kamu tau sebelum memulai traveling? 

Nah, buat kamu yang mau traveling, kamu harus banget tau tentang info-info yang berkaitan sama negara atau daerah yang mau kamu tuju, misalnya tentang makanan khasnya, budayanya, bahasa sehari-hari yang mungkin aja bisa ngebantu kamu kalau-kalau nyasar, hotel untuk menginap, dan info penting lainnya. 

Nah, khusus buat budaya daerah atau negara yang bakal kamu tuju, kamu mesti cari tau bagaimana budaya yang ada disana. Jangan sampai kamu dimarahin orang atau bahkan dilaporkan ke pihak yang berwajib karena dianggap melanggar budaya padahal kamu bukannya sengaja, tapi karena ketidaktahuan. 

Budaya dari masing-masing daerah atau negara berbeda-beda. Kamu tidak bisa menyamakan budaya yang ada di daerah mu atau negara mu dengan budaya daerah atau negara lain, terlebih jika menjadi tujuan traveling kamu. Bisa aja, apa yang dianggap wajar atau benar di daerah atau negara kamu adalah salah atau tidak wajar di budaya daerah atau negara lain. Ngga mau kan ditegur orang Cuma gara-gara kamu kurang info? 

Misalnya tentang cara berpakaian, membuang sampah, meludah, bahkan isyarat tangan bisa jadi masalah kalau kamu acuh dan ngga mau tau tentang budaya daerah atau negara lain. Nah berikut ini akan dipaparkan isyarat tangan terlarang ini harus banget kamu hindarin kalau nggak mau kena masalah di negara orang. Pastinya bakal bermanfaat banget buat kamu yang suka dan doyan banget traveling ke luar negeri dan bakal menghindarkan kamu dari masalah.

Isyarat tangan bisa bikin kamu dalam masalah? Hmm.. kayanya sedikit aneh ya kalau isyarat tangan bisa bikin masalah, apalagi di luar negeri. Buat kita-kita yang ngga terlalu mahir berbahasa Inggris atau bahasa negara-negara tujuan traveling kita, isyarat tangan bisa jadi alternatif paling gampang biar bisa berkomunikasi dengan orang lain di suatu negara. 

Terlebih ketika berada di keadaan yang sangat urgent, misal menanyakan kantor polisi, toilet atau ATM terdekat. Tapi hati-hati loh, ada beberapa isyarat tangan yang jangan sampai kamu keluarkan ketika berada di negara-negara berikut. Apa aja isyarat-isyarat tangan itu? Check this out.

1. Mengacungkan Jempol (Thumps Up)

Mengacungkan jempol bisa bikin masalah? Padahal di Indonesia, mengacungkan jempol adalah tanda yang bagus semacam pemberian penghargaan kepada seseorang atas perbuatan baik yang dilakukan oleh orang tersebut, atau juga bentuk pujian. Berbeda Indonesia, beda pula di Rusia. Di Rusia, mengacungkan jempol bisa bikin kamu dalam masalah karena mengacungkan jempol sama artinya mengacungkan jari tengah.

 Isyarat Tangan yang Harus Dihindari

Tau kan apa arti dari mengacungkan jari tengah? Kalau di Indonesia mengacungkan jari tengah adalah isyarat yang tidak sopan, di Rusia dan beberapa negara lain seperti Amerika Latin, Yunani, Afrika Barat, Sardinia, Italia Selatan dan Timur tengah, mengacungkan jempol adalah hal yang tidak pantas untuk kita lakukan.

2. Peace 


Peace bukannya berarti damai? Mungkin sebagian dari kita beranggapan kalau peace adalah isyarat untuk damai atau bersahabat. Tapi ternyata, di Inggris, Australia, Iralndia, New Zealand dan Italia, isyarat tangan seperti ini melambangkan organ kewanitaan atau vagina yang artinya 'dirikan punyamu' dalam konotasi seksual negatif. Wah bisa gawat nih kalau memberikan isyarat tangan seperti ini sama perempuan di negara-negara yang udah disebut tadi. Bisa kena marah atau bahkan dilaporkan ke pihak berwajib.

Isyarat tangan terbuka bukan berarti angka lima loh kalo di Yunani. Malahan kamu bisa dapet masalah kalau melakukannya. Moutza artinya pelecehan atau cacian, berasal dari kebudayaan Romawi Timur dimana masyarakat membuang kotoran ke muka para kriminal. Jadi moutza berarti membuang kotoran ke muka. Selain di Yunani, ada beberapa negara yang melarang kita memberikan isyarat moutza yang artinya binatang seperti di Pakistan, Afrika, Jepang dan Korea.

4. Menyilangkan Jari Telunjuk Dengan Jari Tengah


Kalau di negara-negara barat, isyarat tangan seperti ini berarti semoga beruntung, tapi lain dengan di negara Vietnam isyarat tangan menyilangkan jari telunjuk dengan jari tengah artinya negatif yaitu menggambarkan alat kelamin wanita. Jadi jangan sekali-kali menggunakan isyarat tangan seperti ini ya kalau lagi jalan-jalan di Vietnam.

5. Membuat Lingkaran Dengan Tangan Dan Telunjuk

Kalau di Indonesia, khususnya buat anak muda, isyarat semacam ini adalah isyarat yang wajar digunakan, apalagi kalau kita lagi buru-buru tapi harus merespon ucapan orang lain. Isyarat ini buat kita artinya OK atau ngga ada masalah. Tapi beda dengan beberapa negara Eropa.

isyarat tangan tidak sopan

Isyarat tangan ini jangan sekali-kali kamu gunakan karena artinya adalah untuk mengejek seseorang tidak berarti atau orang yang kosong. Kalau di Brazil, Jerman dan beberapa negara Laut Tengah, isyarat ini melambangkan anus atau buat ngatain cowo-cowo yang homo.

6. Corna

Corna adalah isyarat tangan menggumpal dengan telunjuk dan jari kelingking diacungkan ke atas. Di Indonesia, corna artinya metal. Sebagian dari kalian pasti pernah menggunakan isyarat tangan seperti ini apalagi buat kalian yang doyan banget nonton metal atau konser rock.

Tapi jangan sekali-kali menggunakan isyarat ini seperti berasa nonton konser rock atau metal ya di luar negeri karena artinya cuckold atau punya arti istri atau orang tersayang mu selingkuh. Wah bisa dipukulin orang nih kalo ngga sengaja pakai isyarat ini, dikira mau merusak hubungan orang.

7. Mengibaskan Dagu (Chin Flick)

Mengibaskan dagu kayanya ngga lumrah atau jarang dilakukan di Indonesia ya. Tapi mengibaskan dagu di beberapa negara ini punya arti yang beda-beda loh. Buat kamu yang berencana mau traveling ke negara-negara berikut, wajib tau kenapa mengibaskan dagu seperti ini dilarang. Di Perancis, mengibaskan dagu bisa berarti makian dan menyuruh orang untuk pergi.

 Isyarat Tangan yang Harus Dihindari di Luar Negeri

Nah itu dia, beberapa isyarat tangan yang jangan sekali-kali kamu coba kalau lagi berkunjung ke luar negeri biar ngga kena masalah dan wajib dihindari. Yang tadinya mau traveling bisa-bisa berantakan Cuma gara-gara isyarat tangan. So, happy holiday and enjoy your trip!
...