Saturday, January 14, 2017

Cahaya Terlalu Terang Diketahui Bisa Membuat Seseorang Bersin, Benarkah?

Mungkin ini adalah salah satu kebiasaan lucu sekaligus mengherankan. Ada sejumlah hal yang bisa membuat seseorang bersin. Diantaranya debu, bulu hewan, bumbu masak yakni merica dan masih banyak lagi. Bahkan udara dingin pun bisa menjadi pemicu seseorang bersin. Tetapi, bagaimana dengan papaan sinar matahari atau cahaya terang dari lampu dan benda serupanya? Cahaya terlalu terang diketahui bisa membuat seseorang bersin, benarkah?

Jawabannya adalah ya. Cahaya terang, baik yang dipaparkan oleh sinar matahari atau yang diekspos melalui sinar lampu dapat membuat seseorang bersin. Seperti dijelaskan Pagon, seorang dokter anak yang menangani pengobatan genetik di Seattle Children Hospital yang mengatakan bahwa bersin disebabkan oleh paparan cahaya disebut photic sneez reflex (PSR).

Image by wonderopolis.org

Kebiasaan ini bukan hanya disebabkan oleh faktor genetik, melainkan banyaknya jumlah bersin yang dilakukan biasanya juga sama dan turun-temurun. Diketahui bahwa penemuan ini dipecahkan Pagon secara tidak sengaja saat menghadiri konferensi kesehatan bersama kawan sepekerjaannya.

"Salah satu kawan sepekerjaan saya mengatakan bahwa orang di keluarganya bersin sebanyak lima kali, di keluargaku sebanyak tiga kali, dan pada orang lain hanya satu kali," ucap Pagon.

Meskipun sepertinya tidak berbahaya, namun orang yang memiliki kebiasaan ini sebaiknya memperhatikan jenis pekerjaan yang akan mereka geluti. Pasalnya, kondisi ini kerap mengalami kesulitan ketika ,menyetir kendaaran saat siang hari lantaran sinar matahari akan membuatnya bersin dan alhasil konsentrasi berkendara terganggu.
Tidak hanya bagi para pengendara tranportasi darat saja, beberapa profesi seperti pemain bisbol, atau pemain akrobat dan bahkan seorang pilot bisa jadi tidak cocok untuk orang yang memiliki kebiasaan ini. Apabila pilot dengan kondisi PSR pun dinilai berbahaya dan memungkinkan kecelakaan terjadi jika tidak terkontrol dan kendali tidak terpegang meski hanya beberapa detik saja.

Walaupun berbagai penelitian sudah dilakukan demi mencari tahu alasan dibalik kepekaan beberapa orang terhadap paparan sinar mantahari atau cahaya teran benderang yang membuat mereka bersin, sejauh ini para ilmuwan baru mampu mendapatkan statistik jumlah orang yang terindentifikasi dengan kondisi tersebut, belum sampai ke tahap penemuan alasan di baliknya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cahaya Terlalu Terang Diketahui Bisa Membuat Seseorang Bersin, Benarkah?