Kapan Waktu yang Tepat untuk Balikan Sama Mantan?

Setelah sekian lama putus dengan sang mantan, tiba-tiba terbesit pikiran untuk balikan. Ada apa ini? Mungkin, setelah kamu putus dengannya, kehidupanmu justru tidak membaik dari sebelumnya. Karena itulah, kamu sering bertanya, “Kapan waktu yang tepat untuk balikan sama mantan?”

Pertanyaan seperti itu, banyak menimbulkan opini yang beragam. Mulai dari tidak perlu balikanlah, cari yang lain sajalah, atau hal-hal lain yang mengajak kamu untuk jangan balikan sama mantan, karena seakan menjilat ludahnya sendiri. Eits, ini tidaklah benar, ya!

Balikan sama mantan itu sah-sah saja, asalkan kamu tahu waktu dan kondisi yang tepat. Lalu, kapan waktu dan kondisi yang tepat untuk balikan sama mantan? Langsung simak aja yuk!

1. Masalah Sudah Bisa Diatasi dan Diperbaiki


Tanda pertama, cobalah melihat sejenak apa masalahmu dulu, sehingga bisa putus dengan sang mantan. Kalau masalah tersebut sudah bisa diatasi dan diperbaiki, maka kamu sudah bisa memutuskan untuk balikan dengan sang mantan. Dengan catatan, semua sudah clear dan tuntas.

balikan dengan mantan
Lalu, bagaimana kalau diulangi lagi? Jawabnya, hanya orang bodoh yang mengulangi kesalahan yang sama. Sayangnya, kita semua adalah orang pintar, punya akal, dan bisa berlogika. Karena itu, asalkan kamu dan mantan mau berbenah diri menjadi lebih baik lagi, kenapa tidak berhubungan lagi?

2. Memiliki Visi dan Misi yang Sama untuk Kedepannya


Misalkan, kamu putus dengannya hanya masalah beda profesi. Kamu pegawai, sedangkan dia pengusaha. Perbedaan profesi ini menyebabkan kamu dan dia sering tidak sejalan saat saling berucap opini. Sehingga pada suatu waktu, kamu memutuskan dia karena alasan tadi.

Sebenarnya, segala perbedaan bisa diatasi. Bahkan perbedaan agama sekalipun, dalam hubungan masih bisa dijalani. Nah, lalu apa yang terpenting kalau perbedaan sudah tidak berpengaruh? Yang paling penting, adalah visi dan misi kamu untuk ke depannya. So, pikirkan lagi, ya!

3. Masih Sama-sama Menginginkan Kesempatan Kedua


Sebagai manusia biasa, kita sering kali berlaku salah pada sesama. Kesalahan-kesalahan yang lalu, seakan sudah menutup pintu. Dalam hubungan, hanya ada dua kesempatan untuk berbuat kesalahan. Yakni kesalahan pertama, dan kesalahan terakhir.

Kalau kamu dengan mantan sama-sama menginginkan kesempatan kedua, dan sama-sama ingin berbenah diri, maka balikan adalah tindakan yang tepat. Dengan begitu, kamu dan mantan jadi lebih bisa menghargai satu sama lain, dan mencegah adanya kesalahan lagi ke depannya.

4. Menjadi Pribadi yang Lebih Dewasa


Usai putus dengan mantan, biasanya kita merenung dan menyalahkan. Setelah beberapa lama, kemudian rasa sedih pun reda. Kamu mulai menata diri, menjalani hari, dan memberikan yang terbaik demi masa depan nanti. Karena itu, kamu bisa lebih bersikap hati-hati.

Sikap inilah yang mendorong kamu untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa. Kadang, kata putus bukanlah sebuah akhir, tapi sebuah awal untuk mendewasakan diri. Nah, kalau kamu dan mantan sama-sama telah belajar mendewasakan diri, kenapa tidak memutuskan untuk balikan lagi?

5. Masa Putus Hubungan Sudah Lama


Jangan berpikir untuk balikan sama mantan, saat baru 1 minggu putus. Jangan, karena itu adalah hal yang sangat konyol. Solusinya, tenangkan diri dulu, jalani hari-hari yang baru, kemudian mulai menatap masa depan yang baru. Sejalan dengan itu, mulailah untuk meng-upgrade diri kamu.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Balikan Sama Mantan
Misalkan, dalam 1 tahun sang mantan belum juga menemui pasangan baru, kamu bisa menawarkan opsi balikan. Percayalah, kalau mantan kamu benar-benar dewasa, maka opsi yang kamu tawarkan bakal diterimanya. Asalkan, kamu sudah berubah jadi pribadi yang dewasa, ya!

Nah, dari kelima kondisi tadi, sudahkah kamu mempunyai semuanya? Kalau belum, benar kata orang lain, mending cari yang baru saja!
...