Sunday, December 4, 2016

Tanpa Berhubungan Seks, Kamu Bisa Tetular HIV/AIDS dengan 5 Cara Ini

Hingga saat ini penyakit AIDS masih dianggap sebagai salah satu penyakit yang mematikan serta menakutkan, selain kanker tentunya. Apa lagi sampai saat ini belum juga ditemukan obat untuk mengobati penderita HIV-AIDS.

Seperti diketahui bahwa angka harapan hidup penderita AIDS bisa dibilang tipis. Apalagi stigma penyakit AIDS pun masih negatif. Jadi, untuk kamu yang tidak ingin tertular penyakit ini pastinya harus berhati-hati dan harus tetap menghindari yang namanya cara penularannya.

Ada beberapa pendapat salah kaprah tentang penularan virus AIDS. Salah satunya lewat gigitan nyamuk. Padahal pendapat ini sama sekali tidak benar. Sebab nyamuk tidak bisa menjadi perantara penularan HIV-AIDS.

Selain itu, selama ini AIDS diyakini hanya bisa menular lewat penterasi seksual. Ternyata ada cara penularan lain yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Melalui ke lima cara ini virus HIV-AIDS dapat tertular dengan mudahnya. Berikut ini beberapa diantaranya.

Tanpa Berhubungan Seks, Kamu Bisa Tetular HIV/AIDS dengan 5 Cara Ini
Image by beritatulungagung.com

1. Ciuman

Meskipun kesempatannya sangat rendah, namun virus AIDS tetap bisa menular lewat ciuman. Caranya? Apabila kamu berciuman dengan penderita yang memiliki luka terbuka di bibir atau sariawan, maka virus akan mudah tertular. Karena virus menular lewat darah dan cairan tubuh dari orang yang terinfeksi.

2. Alat medis yang tidak steril

Ketika kamu sedang memeriksa kesehatan atau melakukan tindakan operasi, pastikan bahwa alat medis yang digunakan steril dari beragam virus dan infeksi. Sebab alat medis yang tidak steril juga bisa menularkan virus HIV-AIDS. Apalagi bila beberapa alat medis tersebut sebelumnya digunakan pada orang yang terinfeksi AIDS dan tidak dibersihkan dengan baik, maka kamu berada pada risiko yang tinggi juga!

3. Tindikan atau tato

Apabila kamu hendak membuat tato atau tindikan, sebaiknya mintalah pada si tato artismu untuk menggunakan jarum yang baru. Sebab jarum bekas bisa saja sudah terinfeksi berbagai macam virus yang tidak kamu ketahui, maka jarum bekas itu bisa menempatkanmu pada risiko tinggi untuk terkana AIDS atau penyakit mengerikan lainnya.

4. Berbagi pisau cukur

Pisau cukur sebaiknya gunakan punya kamu sendiri dan jangan membaginya dengan orang lain. Apalagi dengan orang yang terinfeksi AIDS. Sebab barang-barang ini bisa mengandung sejumlah kecil darah orang yang terinfeksi yang kemudian masuk kedalam tubuhmu lewat luka terbuka.

5. Transfusi darah

Selain 4 hal tersebut, salah satunya adalah transfusi darah. Tidak semua darah dapat diberikan kepada penderita. Hal ini terjadi pada kondisi jika darah membawa virus atau kuman penyakit yang dapat menularkan kepada penerima darah tersebut, salah satunya penyakit HIV-AIDS. Sebab sekali orang terinfeksi AIDS, dia dapat menularkan AIDS kepada orang lain seumur hidupnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tanpa Berhubungan Seks, Kamu Bisa Tetular HIV/AIDS dengan 5 Cara Ini