Friday, December 9, 2016

Wisata Raja Ampat, Surga Tersembunyi Papua yang gak akan bisa kamu lupain seumur hidup

Pulau papua memang sudah lama terkenal dengan wisata baharinya. Karena letak geografisnya yang mayoritas masih berupa hutan dan lokasinya yang kebanyakan sulit ditembus dengan transportasi darat biasa, membuat pulau ini lebih terlindungi keasrian alamnya daripada pulau-pulau wisata lain pada umumnya di negeri kita Indonesia.

Dan dari sekian banyak pesona alam di papua, wisata alam raja ampat merupakan salah salah satu tempat mempesona yang kaya akan keindahan alamnya. Terlebih mengenai panorama cantik bawah lautnya, yang mungkin sangat langka di dunia. Sehingga tak heran walaupun lokasinya yang begitu terpencil, tak menyurutkan niat para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke tempat ini.
Wisata Raja Ampat
Image by danflyingsolo.com
Bahkan, di kalangan para wisatawan mancanegara, wisata bahari raja ampat ini sudah sangat terkenal dan di masukkan dalam kategori sepuluh tempat wisata menyelam terindah dan terbaik di dunia. 

Wisata alam raja ampat merupakan objek wisata yang luas, terdiri terdiri dari 4 pulau yang menakjubkan dan mempesona, di antaranya adalah pulau batanti, pulau salawata, pulau waigeo, serta pulau misool. Bagi kamu yang ingin berkunjung, tetapi belum begitu familiar dengan pulau ini, berikut review singkat mengenai wisata bahari ini, semoga membantu.

Lokasi raja ampat Papua

Wisata ini berada di kabupaten raja ampat, provinsi papua barat. Untuk mencapai lokasi, kamu bisa turun di bandara sorong dan dari bandara kamu harus menempuh perjalanan ke pelabuhan rakyat dengan menggunakan taxi. 

Selanjutnya untuk menuju ke raja ampat, kamu bisa menyewa speed boat atau dengan menaiki kapal ferry. Jadwal keberangkatan kapal ferry hanya 2 kali sehari yaitu yang pertama setiap pukul 14.00 wit dan selanjutnya sekitar 1-2 jam berikutnya.

Image by pinterest.com
Memang tergolong susah dan butuh pengorbanan untuk sampai ke tempat menakjubkan ini. Tetapi jangan kawatir, semua pengorbanan yang kamu lakukan akan terbayar, lelah dan letih yang kamu rasakan, sekejap akan hilang tatkala kamu menginjakkan kaki di pulau eksotis ini. 

Asal mula raja ampat

Menurut warga sekitar, raja ampat berawal dari sebuah kisah tentang seorang wanita yang menemukan 5 buah telur. Kemudian semua telur tersebut menetas dan mengeluarkan 4 orang laki-laki dan 1 orang perempuan.

Seiring berjalannya waktu 4 orang anak laki-laki tersebut tumbuh dewasa dan menempati 4 buah pulau yang berada di raja ampat tersebut, dan mereka menjadi penguasa atau raja di masing-masing pulau tersebut. Sehingga sampai saat ini kepulauan itu disebut dengan raja ampat.

Keindahan pulau raja ampat

Saat berada di pulau yang sangat indah ini, kamu akan tergiur dengan keindahan bawah lautnya. Wara air laut yang jernih membuat karang-karangnya mudah dilihat dari atas permukaan.

Diving adalah salah satu kegiatan yang selalu dilakukan pengunjung saat menginjakkan kakinya di raja ampat. Berbagai macam ikan dan batu-batu karang yang berada di bawah laut akan mengingatkan kita betapa besar kuasa tuhan yang maha esa dan sebuah anugerah yang indah telah memberikan alam bagikan surga di salah satu kepulauan yang ada di indonesia.

Di kepulan ini juga terdapat goa tomolo yang bisa kamu kunjungi saat berada di sana. Di dalam goa ini terdapat banyak cap tangan manusia dan hewan dengan ukuran yang cukup besar.

Wisata Raja Ampat Papua
Selain itu kamu juga bisa mengelilingi raja ampat dengan menggunakan kapal pinisi. Biaya yang kamu butuhkan hanya sekitar 100 ribu rupiah saja dan kapal tersebut dapat menampung hingga 14 orang dewasa. Cukup hemat bukan? 

Sudah jelas kan gambaran singkat tentang informasi wisata alam raja ampat di pulau Papua ini? Jadi, tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan kamu di akhir tahun 2016 ini untuk berkunjung ke sana bersama pacar ataupun keluarga tercinta kamu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wisata Raja Ampat, Surga Tersembunyi Papua yang gak akan bisa kamu lupain seumur hidup