Permahir Bahasa Jepang untuk Lanjutkan Studi yang Lebih Beragam dan Peluang Kerja Setelah Lulus Semakin Besar

Banyaknya pilihan Universitas dan Akademi di Jepang semakin mendorong minat para pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi. Terlebih lagi jika memahami Bahasa Jepang, karena pilihan program studinya lebih beragam dan peluang kerja setelah lulus semakin besar.

Ada sebanyak 345 Sekolah Bahasa di seluruh Jepang yang telah diakreditasi Association for the Promotion of Japanese Language Education atau Nisshinkyo dapat menjadi pilihan bagi para pelajar Indonesia, dan sebagian besarnya sudah menerima pelajar asing antara lain dari Thailand, Vietnam, Korea Selatan, Tiongkok, dan juga dari berbegai negara di Eropa, Afrika dan Amerika.

Menurut data Japan Student Service Organisation atau JASSO sampai tahun 2015 tercatat ada sekitar 600 orang pelajar asal Indonesia yang belajar di Sekolah Bahasa di berbagai kota seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, Nagoya dan lainnya. Setelah lulus sebagian besar melanjutkan studi ke jenjang Universitas, akademi atau bekerja di Jepang, dan ada juga yang kembali ke Indonesia untuk bekerja di perusahaan Jepang.

Image by inspiratorfreak.com

Nakamura Takashi, Direktur Nisshinkyo menyatakan, "Meski jumlahnya lebih kecil dibanding dengan pelajar asal Tiongkok dan Vietnam, serta sebanding dengan Thailand, namun dalam lima tahun terakhir ini jumlah pelajar Indonesia yang belajar di Sekolah Bahasa di Jepang terus meningkat, dengan pertumbuhan tahunan sekitar 60 persen."

Menurut Nakamura, salah satu Sekolah Bahasa yang merasakan kenaikan jumlah pelajar asal Indonesia yakni JET Academy yang berlokasi di Tokyo. Sejak tahun 2012 trennya terus meningkat, yang awalnya sekitar 7 orang setahun, dan untuk 2016 sudah mencapai 18 orang.

Oyama Mayumi, Perwakilan JET Academy di Jakarta menjelaskan, "Sekolah mengajarkan bahasa Jepang untuk mengikuti EJU, JLPT dan semua mata pelajaran yang diperlukan agar dapat mengikuti test seleksi masuk Universitasbaik untuk program S1 maupun S2, serta akademi."

Sementara untuk memilih sekolah bahasa yang berkualitas dan terjangkau, Tsutsumi menyarankan terlebih dahulu memastikan tujuan pasca kelulusan, dan berkomunikasi dengan para alumni. Sedangkan Nakamura merekomendasikan agar mencari informasi awal melalui internet dan juga situs web Nisshinkyo atau membuka situs web sekolah yang hendak dituju.
...