Saturday, December 10, 2016

Selain Kehamilan, Ini 4 Penyebab Kamu Terlambat Datang Bulan

Bagi setiap wanita, datang bulan atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang pasti dialami. Datangnya menstruasi ini terkadang juga tidak selalu di tanggal yang sama setiap bulannya. Terkadang maju dari jadwal, terkadang juga mundur.

Bagi kamu yang sudah menikah, terlambat datang bulan bisa menjadi tanda datangnya kehamilan. Karena selama kehamilan, wanita tak akan mengalami menstruasi. Hanya saja, selain kehamilan, ada juga penyebab lain kenapa datang bulan tersebut datang terlambat. Adapun penyebab tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Stres

Penyebab pertama dari terlambat datang bulan selain kehamilan adalah stres atau depresi. Ketika seseorang stres, tubuh akan mengeluarkan hormon stres yaitu kortisol. Kelenjar adrenal yang memproduksi kortisol ini akan memberitahu otak untuk menunda ovulasi dan menarik semua hormon pendukung siklus menstruasi yakni estrogen juga progesteron. Karena stres, datang bulan bisa terlambat dalam hitungan hari atau bahkan minggu.

Image by blogkesehatananda.blogspot.com

2. Perubahan berat badan 

Untuk penyebab kedua dari telatnya datang bulan adalah perubahan berat badan. Bertambahnya juga berkurangnya berat badan bisa menjadi penyebab dari telatnya datang bulan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Apabila wanita yang memiliki BMI di bawah 19 cenderung untuk sering terlambat datang bulan karena lemak di tubuh terlalu sedikit. Sementara estrogen yang ada di lemak membantu untuk menyeimbangkan hormon agar jadwal datang bulan jadi teratur.

3. Olahraga terlalu berlebihan

Olahraga memang baik untuk tubuh. Namun jika dilakukan terlalu berlebihan atau dengan intensitas yang tinggi bisa membuat siklus menstruasi jadi tak teratur. Sebuah penelitian yang dilakukan di Sports Health pada tahun 2012 menemukan bahwa sebanyak 66 persen wanita sering berolahraga berat akan mengalami keterlambatan menstruasi setiap bulannya. Olahraga yang berlebih tak hanya membuat siklus datang bulan telat tetapi juga membuat kesehatan tubuh cukup terganggu.

4. Masalah Tiroid

Suatu kelenjar tiroid terletak di bagian depan bawah dari leher yang berfungsi sebagai kelenjar endokrin fungsi dari kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang dikeluarkan ke dalam darah dan diangkut ke seluruh jaringan tubuh. Masalah atau kurang aktifnya kelenjar tiroid akan berdampak bagi kamu seperti mudah kelelahan, sembelit, rambut rontok, serta keluarnya darah yang berlebihan saat sedang datang bulan. Apabila kamu mengalami kelenjar tiroid yang terlalu aktif, maka akan menyebabkan penurunan berat badan, detak jantung yang terlalu cepat, gelisah hingga sulit tidur, dan tidak teraturnya siklus datang bulan.

Ladies, itulah beberapa penyebab dari terlambatnya datang bulan selain kehamilan. Jadi, jangan panik saat siklus menstruasi terlambat atau tidak teratur. Oh iya, selain penyebab di atas, penyebab lain yang juga menyebabkan terlambatnya datang bulan adalah pola makan yang buruk serta konsumsi obat-obatan tertentu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Selain Kehamilan, Ini 4 Penyebab Kamu Terlambat Datang Bulan