Tuesday, December 20, 2016

Kronologi Penembakan Dubes Rusia Andrei Karlov

Pameran Russia as seen by Turks di Ankara menjadi tempat peristirahatan terakhir untuk Andrei Karlov, Duta Besar Rusia yang selama ini dikenal jasa-jasanya membela negara Turki dari tindakan terorisme. Peristiwa naas itu terjadi pada Senin 19 Nopember kemarin saat Andrei Karlov baru beberapa menit membuka acara pameran Russia as seen by Turks. 

Tiba-tiba seorang anggota Polisi Turki yang berada tepat dibelakangnya berteriak keras, 'Jangan lupakan Allepo, ini tentang Suriah...Allahu Akbar'. Kemudian ia langsung menembak Andrei Karlov yang langsung tewas seketika di tempat.

Foto Dubes Rusia Andrei Gennadyevich Karlov Sebelum Ditembak Polisi Turki

penembakan dubes rusia

Menurut kesaksian orang-orang yang  berada di dalam pameran saat penembakan dubes rusia itu terjadi. Awalnya pria yang menembak Andrei Karlov terlihat memasuki galeri seni setelah sang dubes baru saja memberikan pidato. 

Dengan menggunakan identitas Polisi, tentu saja ia tidak dicurigai oleh petugas keamanan lain. Korban penembakan bukan hanya Andrei Karlov namun masih ada dua lagi yang tergeletak dilantai, diduga kedua orang tersebut adalah petugas keamanan.

Para tamu pameran pun langsung berlarian jongkok dibalik tempat duduk untuk bersembunyi. Lagi-lagi terdengar suara rentetan tembakan yang entah ditujukan kepada siapa. Mereka juga sedapatnya bersembunyi dibalik tembok untuk berlindung. Ini benar-benar mengerikan, banyak diantara kami yang menangis ketakutan karena takut dijadikan target tembakan oleh pria teroris tersebut, ungkap para pengunjung.

Untungnya Anggota Polisi Turki   yang berada diluar menyadari keganjilan tersebut. Aksi tembak menembak antara pelaku penembakan duta besar rusia dengan Polisi Turki lainnya pun berlangsung sengit dengan kekalahan sang pelaku.

Menurut Ivenstigasi Kepolisian Turki pelaku memang benar Anggota dari Kesatuan Polisi Anti Huru Hara Akarna. Identitasnya bernama Mevlut Mert Altintas, berusia 22 tahun dan baru beberapa tahun menjadi anggota Polisi di unit kami.

Foto Mevlut Mert Altintas, Pelaku Penembakan Duta Besar Rusia 

dubes rusia ditembak

Tidak tahu apa yang membuatnya ia bertindak nekat seperti itu, sampai kini kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut, siapa-siapa saja yang terlibat dengannya dalam serangan terorisme Dubes Rusia ini, ungkap Kepala Kepolisian Akarna, Turki.

Recep Tayyip Erdogan selaku Presiden Turki juga menyayangkan atas insiden serangan ini. Menurutnya ada pihak-pihak yang sengaja memprovokasi hubungan baik Negara Turki dengan Rusia yang sudah terjalin selama ini.
Kronologi Penembakan Dubes Rusia Andrei Karlov
Ya bagaimanapun jasa-jasa Andrei Karlov sangat berperan penting bagi negara kami Turki. Dan kami tidak akan menyerah begitu saja atas serangan terorisme, kami akan terus melanjutkan perjuangan beliau mencari siapa pihak yang harus bertanggung jawab, atas kematiannya, ungkap Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kronologi Penembakan Dubes Rusia Andrei Karlov