Masih Sering Konsumsi Makanan yang Dibungkus Koran? Mulai Sekarang Hindari!

Makanan hangat seperti jajanan gorengan pasti membuat kamu tergiur dan menggungah selera makan kamu. Aroma gorengan yang semerbak seakan membuat air liur menetes. Nah, gorengan ini biasanya disajikan dengan dibungkus memakai kertas koran. Walaupun jajan makanan yang dijual di luaran memang enak dan menyenangkan. Tapi, tahukah kamu kalau mengkonsumsi makanan yang dibungkus koran dapat membahayakan kesehatan?

Misalnya jajanan gorengan yang dibungkus dengan koran. Jajanan gorengan sudah pasti menggunakan minyak dalam jumlah tidak sedikit. Minyak yang terdapat dalam kandungan gorengan ternyata berpotensi menyebabkan tinta pada koran yang mengandung bahan kimia bersifat karsinogenik merembes pada makanan. Oleh karena itu, penggunaan koran sebagai bungkus makanan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

Berikut bahaya mengonsumsi makanan yang dibungkus koran untuk kesehatan dan bisa menimbulkan beberapa penyakit serius:

Masih Sering Konsumsi Makanan yang Dibungkus Koran? Mulai Sekarang Hindari!
Image by suara.com

1. Kandung kemih dan kanker paru

Koran atau surat kabar cetak mengandung bahan kimia yang ketika menempel di makanan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah apabila masuk ke dalam tubuh, seperti gangguan pada kandung kemih hingga kanker paru-paru.

2. Mempengaruhi hormon 

Selain menjadi penyebab kanker, tinta pada koran ini juga mengandung beberapa bahan kimia berbahaya, di mana itu akan mempengaruhi fungsi hormonal yang pada gilirannya menyebabkan beberapa masalah kesehatan lain yang terkait.

3. Menyebabkan masalah pencernaan

Tinta koran biasanya terdiri dari bahan kimia beracun berbahaya seperti diisobutil phthalate. Bahan kimia berbahaya tersebut bisa menyebabkan masalah pencernaan yang serius.

4. Mempengaruhi kesuburan

Wanita perlu hati-hati apabila ingin mengonsumsi makanan yang dibungkus koran. Bahan kimia yang ada pada tinta koran tersebut ternyata memberikan masalah yang serius terhadap reproduksi wanita, lho!

Selain bahaya di atas, mereka yang memiliki tingkat kekebalan rendah terutama anak kecil dan orang tua berisiko terkena dampak buruk dan serius apabila mengonsumsi makanan yang dibungkus dengan koran. Jadi, mulai sekarang jauhi makanan yang dibungkus koran ya. Mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati.
...