Menurut BMKG, Ini Pemicu Gempa bumi 6,5 SR yang Menguncang Aceh

Tanah Rencong kembali diguncang gempa Rabu (7/12). Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 SR ini berpusat di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Gempa bumi tersebut terjadi pukul 05.03 WIB, dengan pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT. Masyarakat sempat panik akibat guncangan dasyat selama 15 detik tersebut.

Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melaporkan, bahwa gempa dengan kedalaman 15 km ini tidak mimucu tsunami. Sutopo menjelaskan guncangan kuat terjadi di daerah Meukorumpuet, Meukobrawang, Meukopuue, Busugan, Pangwabaroh, Pahteraja, Pohroh, dan Angkieng.

Seluruh Wilayah itu, menurut Sutopo, diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding, atap rumah bergeser dan rumah roboh. Sementara ada 10 ruko roboh, 4 rumah roboh, beberapa tiang listrik bahkan ambruk di Pidie Jaya. Untuk jumlah korban dan kerugian materiil masih belum diketahui.

Image by cnn.com

BMKG Mochriyadi turut berbicara mengenai asal-usul gempa yang terjadi di tanah Aceh sekarang ini. Menurut dia, dugaan kuat sesar aktif yang menjadi pemicu gempa bumi ini adalah Sesar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur.

Belum habis, hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga pukul 05.30 WIB sudah terjadi gempa bumi susulan sebanyak lima kali dengan kekuatan 4,8 SR. Karena hal ini. Riyadi meminta masyrakat agar tetap tenang dan ikuti arahan BPBA setempat serta tidak terpancing isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa bumi tersebut langsung menjadi perhatian netizen di media sosial seperti Twitter, Facebook, Line dan Instagram. Aceh langsung menajdi trending topic di Indonesia. Banyak netizen mendoakan agar Aceh tetap aman.

Mohon doanya untuk sahabat-sahabat di sana.
...