Friday, December 16, 2016

Dampak Negatif Bagi Kesehatan Apabila Sering Menahan Kencing Terlalu Lama

Buang air kecil adalah salah satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan zat sisa yang bisa buruk untuk kesehatan. Namun kadang, keinginan untuk buang air kecil diabaikan oleh sebagian orang ketika berada di kondisi tertentu yang tak memungkinkan ke toilet, sedang melakukan aktivitas lain, atau alasan lainnya. Karena alasan itulah seseorang menahan buang air kecil. Lantas bahayakah bagi kesehatan?

Tidak sedikit orang berpikir kalau menahan kencing bukanlah hal yang harus dipikirkan secara serius. Namun lebih baik berhati-hati, terutama jika menahan pipis sudah mulai jadi kebiasaan. Sebab, menahan pipis terlalu lama bisa memicu beberapa masalah kesehatan pada dirimu. Karena bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan juga merasakan nyeri pada bagian uretra ketika ingin buang air kecil.

Kalau pada wanita, keseringan menahan kencing bisa bikin anyang-anyangan, sakit, dan air kencing jadi berwarna merah karena ada infeksi. Tentunya bahaya kan? Nah ladies, mulai sekarang jangan biasakan menahan pipis terlalu lama. Langsung ke kamar mandi jika sudah kebelet pipis.

Image by cirebontrust.com

Dr. Chamandeep Bali dari Toronto Naturopathic Health Clinic mengungkap kalau kandung kemih rata-rata memiliki kapasitas menampung urine sekitar 0,5 liter dan ketika seseorang menahan kencing, maka kandung kemih akan berpotensi mekanisme seperti halnya melar atau merengang. Hal ini bisa menjadi tempat berkembang biak bakteri, infeksi yang menyebar pada ginjal dan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih besar.

Ketika kamu mulai tak bisa mengendalikan kandung kemih dan saluran kemih kamu akan menyebabkan dirimu bermasalah ketika buang air kecil. Beberapa di antaranya kamu bisa ngompol, tidak buang air kecil hingga habis, dan bahkan mempengaruhi kualitas seks. Masalah ini lebih sering dikenal sebagai Lower Urinary Tract Symptomps (LUTS).

Terkadang seseorang sering mengompol atau langsung buang air kecil saat itu juga bukan karena tak bisa mengendalikan kandung kemih dan saluran kemih. Tetapi, masalah yang satu ini biasanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.

Ternyata masalah akibat menahan pipis bisa jadi sangat berbahaya dan serius bukan? Nah, itulah beberapa dampak buruk yang dampat ditimbulkan saat kamu menahan kencing terlalu lama. Mulai sekarang, berhati-hatilah!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dampak Negatif Bagi Kesehatan Apabila Sering Menahan Kencing Terlalu Lama