Saturday, December 3, 2016

Indahnya Al Quran dari Tinta Emas Pertama di Dunia

Diatas lembaran sutra hitam transparan sepanjang 50 meter, telah tercipta maha karya yang indah sebuah Al-Quran yang ditulis dengan tinta emas. Tünzale Memmedzade adalah nama seniman wanita 33 tahun asal Azerbaijan yang telah menulis ulang 6236 ayat Al Quran dari tinta emas. Lebih dari tiga tahun lamanya, ia menghabiskan waktu untuk membuat Al-Quran itu.

Al Quran dari Tinta Emas
Tentu saja seniman ini sebelumnya mencari tahu apakah diperbolehkan menulis kembali ayat-ayat Al-Quran dengan berbahan tinta emas dan kain sutra. Dan setelah yakin tidak melanggar hukum agama, karena bahan yang ia gunakan juga disebut-sebutkan dalam Al-Quran, Tünzale Memmedzade akhirnya merelisasikan idenya tersebut.

Gambar Al Quran dari Tinta Emas di Atas Kain Sutra Karya Tünzale Memmedzade 

Tünzale Memmedzade merupakan pelukis dan seniman dekoratif yang berkuliah di Universitas Marmara, Turki, jurusan Sejarah Seni. Dia berani memulai penulisan ulang Kitab Alquran setelah mendapat satu fakta yang meyakinkan dirinya bahwa ia tidak melanggar hukum agama dengan menggunakan bahan tersebut. Kitab suci umat Islam itu memang selalu ditulis ulang di berbagai material bahan,  mulai dari lembaran kulit hewan, kulit kayu, hingga kertas namun belum pernah ada yang melakukannya di kain sutra. 

Berbekal hal itu, Tünzale memulai penulisan ulang Alquran dan mungkin hasil karyanya ini menjadi yang pertama kali di dunia sebuah Al Quran yang ditulis ulang dengan menggunakan tinta emas dan perak diatas kain sutra hitam berkualitas terbaik nomor satu dunia.

Al Quran Tinta Emas
Untuk menciptakan keindahan Al Quran ini, Tünzale membutuhkan setidaknya 3 kaleng tinta emas bercampur perak, 50 meter kain sutra hitam transparan yang tersebar di berbagai lembar halaman Al Quran emas berukuran 28 x 33 centimeter tersebut. 

Dan tentu saja Tünzale Memmedzade berpedoman pada Quran yang dibuat oleh Diyanet, Turkish Precidency Religion Affair sebagai panduannya agar tidak salah langkah dalam menulis ulang Al Quran emas tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Indahnya Al Quran dari Tinta Emas Pertama di Dunia