Friday, November 18, 2016

Tumbuhan Populer di Indonesia yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Obat atau Komestik

Indonesia sejak lama telah dikenal memiliki kekayaan sumber hayati yang begitu besar dan bermakna bagi kehidupan manusia. Bagaimana tidak. Di negeri yang terletak di kawasan khatulistiwa ini tumbuh ribuan jenis tanaman yang berkhasiat untuk obat. Tercatat, dari 40.000 tanaman obat, hampir 30.000 terdapat di tanah Nusantara ini. Dan, sekitar 7.000 di antaranya telah dimanfaatkan untuk pengobatan. Bahkan tak hanya untuk obat atau perawatan kesehatan, berbagai tanaman juga bisa dimanfaatkan untuk komestik atau perawatan kecantikan. Maka tidaklah salah jika negeri kita ini dijuluki Negeri Tanaman Obat.

Tanaman berkhasiat sebagai perawatan kesehatan dan kecantikan pada awalnya diperkenalkan oleh nenek moyang kita secara turun menurun. Penggunaannya dimulai secara tradisional dan kian berkembang setelah semakin banyak orang mengenal dan merasakan khasiatnya. Meskipun kini telah banyak produk berupa obat atau komestik dalam kemasan modern, misalnya dalam bentuk pil, kapsul, krim. Namun cara-cara tradisonal masih tetap dilakukan, yaitu dengan merebus tanaman segar yang kemudian disaring dan langsung diminum.


1. Tomat

Tanaman asal Amerika kawasan tropis ini mudah tumbuh di tanah subur Indonesia. Buahnya memiliki banyak khasiat karena mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin C, B1, B2, karoten, juga asam sitrat, serta kalsium dan zat besi.

Buah tomat bersifat antiseptik, melancarkan kerja empedu dan enzim. Bisa dimanfaatkan sebagai obat demam, bronkhitis, asma, radang kulit, gangguan pencernaan, hepatitis, sampai wasir. Untuk kecantikan, daun tanaman tomat yang mengandung pektin, alkaloid, dan arbutin tomat sering dimanfaatkan untuk mendinginkan kulit wajah yang terbakar sinar matahari. Sedangkan buahnya bisa untuk meredakan jerawat.

Tumbuhan Populer di Indonesia yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Obat atau Komestik
Image by infokesehatan.wagumo.id

2. Wortel

Umbi wortel dikenal kaya akan kandungan beta karoten atau vitamin A. Karena itu wortel sering digunakan sebagai vitamin untuk kesehatan mata dan bisa untuk mengobati tekanan darah tinggi. Bagi ibu rumah tangga, wortel adalah bahan makanan populer, karena bisa diolah menjadi berbagai makanan, dari kue, jus, sup, lalapan, sampai pelengkap steak. Untuk kecantikan, minyak wortel bisa digunakan sebagai bahan anti-penuaan (antianging), karena wortel mampu membentuk sel-sel kulit baru sehingga dapat membantu mengurangi kerutan.

3. Padi

Tanaman padi dikenal luas di negeri kita, sebagai makanan pokok oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tanaman semusim yang termasuk keluarga rumput-rumputan ini bahkan bermanfaat hampir semua bagian, dari akar, tangkai (merang), selaput biji (bekatul), sampai bijinya (beras).

Padi banyak mengandung karbohidrat, vitamin B, enzim lipase, diastase, dan fitase, juga glutelin, dekstrin. Biji padi atau beras selain dikonsumsi setelah dimasak menjadi nasi, banyak digunakan untuk mengobat demam, diare, rematik, gondongan, sampai radang kulit. Selaput bijinya (bekatul) untuk obat penyakit beri-neri, gangguan pencernaan, dan sakit lambung. Merang atau tangkai yang sudah kering zaman dulu sering dimanfaatkan sebagai sampo.
4. Teh

Tanaman teh berasal dari kawasan India bagian utara dan Cina selatan. Di Indonesia, teh sanglah populer. Bahkan teh Indonesia juga dikenal sampai ke mancanegara. Teh termasuk banyak jenisnya, antara lain teh hijau, teh hitam, dan teh oolong. Bagian yang digunakan adalah daun muda atau pucuk daun. Teh mengandung tanin, protein, polifenol, kafein, dan memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi (anti-pembengkakan).

Maka teh selain diminum untuk sehari-hari, sering digunakan sebagai obat sakit kepala, diare, kencing manis, infeksi saluran pencernaan, kolesterol, dan sebagainya. Untuk kecantikan, teh digunakan sebagai sampo penyubur rambut, membersihkan karang gigi, dan di industri komestik sebagai bahan krim melindungi kulit dari sengatan matahari (sunscreen).

5. Melati

Di Indonesia, melati sering digunakan sebagai tanaman pagar atau tanaman hias. Bunganya jenis tinggal, berkelompok di ketiak daun, umumnya berwarna putih. Banyak wanita menyukai bunga melati karena aromanya yang wangi. Namun selain itu, daun dan akarnya memiliki khasiat antibengkak dan antiradang, maka bisa digunakan untuk mengobati radang sendi, kulit bengkak, juga untuk meningkatkan daya piker serta afrodisiak. Sedangkan untuk kecantikan, minyak bunga melati sering dimanfaatkan sebagai bahan pewangi dan campuran penyegar kulit wajah.

6. Ketumbar

Tumbuhan ini berasal dari Eropa selatan dan kawasan Laut Kaspia, namun bisa tumbuh subur di tanah Indonesia, baik di dataran rendah maupun tinggi. Bijinya berupa butiran-butiran kecil mirip lada, tapi ukurannya lebih kecil, beraroma menyengat yang khas. Biji ketumbar sering digunakan sebagai bahan masakan, sedangkan daunnya untuk campuran sup atau salad. Ketumbar memiliki sifat diuretik, antiinflamasi, antioksidan, antijamur. Maka bisa digunakan untuk mengatasi influenza, sakit kepala, sariawan, radang hati, haid tidak teratur, sampai tekanan darah tinggi. Untuk kecantikan, minyak ketumbar digunakan sebagai bahan untuk pewangi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tumbuhan Populer di Indonesia yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Obat atau Komestik