Friday, November 11, 2016

6 Trik Bermain Nyaman Dengan Si Kecil di Luar Ruangan

Aktivitas bermain, di dalam atau di luar ruangan, sangat penting bagi tumbuh kembang seorang anak. Namun, bagaimana jika si Kecil terjatuh, terkena kotoran, atau terpapar kuman dan bakteri? Orangtua tentu tak perlu khawatir! Berikut beberapa hal-hal yang harus diperhatikan sang buah hatu berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Orangtua yang merasa khawatir anak kesayangannya bakal terjatuh saat bermain, digigit serangga, terpapar kotoran atau kuman dan sebagainya. Belum lagi saat berkegiatan di luar ruangan dan si Kecil tiba-tiba ingin pipis atau buang air besar, bagaimana mengatasinya? Atau, saat tiba waktu makan padahal tangannya masih belepotan pasir. Duh!

Oleh karena itu, sebelum mendampingi anak bermain, orangtua wajib melakukan persiapan. Termasuk memastikan tempat bermain yang nyaman dan membawa perlengkapan wajib untuk melindungi si Kecil. Berikut tips persiapan bermain bersama si Kecil.

1. Lokasi bermain aman dan nyaman

Ketika bermain dengan anak-anak, terutama di luar ruangan, pastikan tempatnya aman dan nyaman. Apabila tempat bermain cukup jauh, kamu atau pasangan kamu dapat melakukan survei sebelumnya ke sana, mencari tahu lewat internet, atau bertanya ke teman untuk mendapat gambaran yang jelas.

Sebaiknya kamu bawa perlengkapan bermain dari rumah, seperti bola, alat-alat olahraga, tenda dan tikar. Bawa pula makanan kecil kegemaran anak-anak berserta perlengkapan makannya. Terpenting, selalu temani anak-anak saat bermain.

Trik Bermain Nyaman Dengan Si Kecil di Luar Ruangan
Image by barrymoreonline.org

2. Aksesori pelindung

Aksesori tentu bukan kadar pemanis. Lindungi wajah dan tubuh dengan aksesori penting seperti topi, sunglasses, syal, payung, jas hujan, masker, sarung tangan dan sebagainya. Perlengkapan ini memberi perlindungan ekstra pada kulit dari paparan sinar matahari, hujan, debu, hingga udara yang terlampau dingin.
3. Tisu basah 

Benda yang satu ini sangat penting dan berguna dibawa ketika bermain atau bepergian bersama si Kecil. Pilih tisu basah yang memiliki cairan yang bebas alkohol dan efektif membersihkan kotoran yang menempel di kulit anak dengan aman saat mengganti popok, bermain di dalam dan luar ruangan, juga saat selesai makan. Dengan begitu anak akan terlindung dari kuman dan bakteri.

4. Pakaian dan alas kaki yang nyaman

Sesuaikan pakaian dan sepatu yang dipakai dengan jenis kegiatan dan tempat beraktivitas. Di dalam ruangan, pilih pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Di pantai, sebaiknya gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Di pegununganm gunakan jaket, sweater, sarung tangan dan topi agar tubuh hangat. Saat hujan, gunakan jas hujan tipis yang tidak mengganggu gerak atau jaket anti air yang nyaman. Pilih juga alas kaki yang tepat agar tidak licin, seperti sendal gunung, sepatu keds, atau boots yang ringan. Jangan lupa pula membawa pakaian ganti untuk dipakai usai beraktivitas.

5. Tabir surya

Gunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan agar kulit terhindar dari bahaya sinar matahari. Dengan tabir surya, kulit akan terlindungi dari bahaya sinar matahari yang bisa memicu produksi melanin atau pigmen penentu warna kulit, kerusakan di dalam kulit dan kulit terbakar. Oleskan tabir surya 15 menit atau 30 menit sebelum beraktivitas dan ulangi setiap 2 jam.

6. Air putih

Beraktivitas membuat tubuh cepat lelah dan mengalami dehidrasi. Tentu kondisi ini sangat berbahaya bagi kesehatan jika dibiarkan. Oleh karena itu, konsumsilah air putih sebelum dan selama beraktivitas. Agar lebih praktis, selalu sediakan botol minum berisi air putih. Agar si Kecil lebih bersemangat, pilih botol minum bergambar karakter kartun favorit mereka.

Nah, sudah siap membawa keluarga bermain bersama? Mari berpetualang!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Trik Bermain Nyaman Dengan Si Kecil di Luar Ruangan