Friday, November 25, 2016

Israel Kebakaran, Netizen Arab Sebut Itu Azab Allah

Hashtag #Israelburns (Israel Kebakaran) kini sedang populer di media sosial Twitter khususnya di dunia Arab. Sudah tiga hari Israel direpotkan dengan musibah kebakaran. Sejauh ini, lebih dari 80.000 jiwa telah dievakuasi dari kota yang dilanda kebakaran hutan paling parah, Haifa.

Namun ketika musibah dan bencana itu datang menghampiri Israel, Netizen Arab bukannya bersimpati tapi malah sebaliknya. Melalui akun media sosial, mereka justru merayakan hal tersebut dengan suka cita. Bahkan beberapa dari mereka mengatakan bahwa kebakaran itu adalah azab dari Allah karena undang-undang larangan azan di masjid yang belum lama dibahas pemerintah Israel di Yerusalem.

"Bakar semua wilayah yang diduduki Israel dengan api yang tak kunjung padam dan Allah akan membakar hati mereka," komentar salah satu pengguna, tagar itu sedang heboh terutama di Mesir.

Israel Kebakaran
Image by merdeka.com

Pengguna lain turut mengunggah gambar yang menampilkan kobaran api di Israel, "Benar-benar gambar yang bagus, bukan? Bagaimana tidak, api-api itu sunggu menajubkan," sindir salah satu pengguna media sosial Twitter.

Sementara itu, ulama asal Kuwait Nabil Ali al-Awad yang memiliki 8,6 juta pengikut di Twitter juga menulis kicauan yang mensyukuri atas kejadian yang sedang melanda di Israel. "Kebakaran itu adalah Azab dari Allah. Dia akan membakar rumah mereka, uang dan kuburan mereka karena apa yang sudah mereka lakukan kepada kaum beriman," ungkap Awad.

Tetapi, menurut juru bicara kantor perdana menteri untuk media Arab Ofir Gendelman mengecam fenomena ini dengan mengatakan bahwa kebakaran tersebut bukan disebabkan oleh sebab alami, tetapi memang ada campur tangan yang dibuat oleh orang-orang Arab yang merusak wilayah Israel.

Netizen Arab Sebut Itu Azab Allah
Image by washington.com

"Tercatat sudah 200 kali kebakaran terjadi dan hampir separuhnya dilakukan dengan sengaja oleh warga Arab," kata Gilad Erdan selaku Menteri Keamanan Dalam Negeri Israel.

Berbeda pendapat dengan Gilad Erdan, menurut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim, kebakaran hutan yang melanda bagian tengah dan utara negaranya adalah ulah teroris. Dan Netanyahu berjanji akan memberi konsekuensi yang berat bagi siapapun yang bertanggung jawab atas kebakaran tersebut.

"Setiap pembakaran pasti disebabkan oleh pembakaran yang dilakukan seseorang. Dan ini pasti salah teroris. Kami tentu akan bertindak dan akan memberikan hukuman berat untuk siapapun yang mencoba membakar seluruh wilayah Israel," kata Netanyahu, Jumat (25/11/2016)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Israel Kebakaran, Netizen Arab Sebut Itu Azab Allah