Delapan Cara Agar Tetap Segar Saat Bangun Pagi

Setiap orang pasti menginginkan selalu tampil segar setiap saat, termasuk saat bangun pagi. Biasanya seseorang yang baru bangun di pagi hari akan terlihat kusut dan tidak segar, hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti stres ketika mau tidur, tidur larut malam, sulit tidur. Yuk kita simak 8 cara agar merasa segar saat bangun tidur.

1. Ucap puji syukur

Bahwa kita masih diberi kesempatan hidup. Jangan terburu-buru turun dari tempat tidur tetapi tetap dalam keadaan tiduran. Kita bisa lakukan olahraga ringan dengan memutar-mutarkan pergelangan kaki, menggerak-gerakan mulut dan bibir kurang lebih 5 menit saja.

2. Tarik nafas dalam-dalam

Ketika kesadaran sudah mulai muncul. Tarik nafas dari perut dan berkonsentrasi untuk bangun. Bayangkan sebuah sinar putih yang terang yang akan bisa membuat tubuh kita merasa ringan dan bahagia.

Delapan Cara Agar Tetap Segar Saat Bangun Pagi
Image by plugdaily.com

3. Cuci muka sebelum tidur

Lakukan hal ini secara rutin agar muka kita tetap bersih dan cerah saat bangun tidur di pagi hari. Sisa-sisa kotoran yang mengendap di kulit wajah akan menimbulkan jerawat yang sangat menyebalkan, tentu saja hal ini akan merusak penampilan kita.

4. Tidak mengkonsumsi makanan yang asin sebelum tidur

Karena akan berdampak buruk, pada kualitas tidur kita. Makanan asin menyebabkan kamu lebih sering ingin buang air kecil yang dapat mengganggu tidur dan membuat mata menjadi bengkak serta menyebabkan berkeringat pada saat tidur, hal ini akan membuat kamu tidak segar saat bangun di pagi hari.
5. Perhatikan posisi saat tidur

Karena hal ini juga mempengaruhi kesehatan tubuh saat bangun di pagi hari. Usahakan posisi bantal harus rendah dan kasur harus bisa menompang punggung dengan baik. Untuk posisi tubuh, akan lebih baiknya miringkan badan ke arah kanan, untuk memperbaiki saluran pernafasan.

6. Minum segelas air putih

Minum air putih saat perut kosong juga memberikan efek positif pada tubuh kita, antara lain seperti kulit jadi berkilau, peremajaan otot dan sel-sel darah. penyeimbang sistem getah bening, melangsingkan tubuh, membersihkan usus, menambah darah, organ ginjal lebih sehat, dan memperlancar buang air besar.

7. Segera mandi setelah bangun pagi

Karena hal ini akan membuat tubuh bertambah segar. Perhatikan di sekitar wajah jika terbentuk kantung mata cepat atasi dengan mengkompresnya menggunakan kantung teh. Selain kantung teh, kamu bisa gunakan sendok dingin atau es batu sebanyak dua kali sehari agar kantung mata yang menganggu penampilan kita hilang dengan cepat.

8. Mengkonsumsi secangkir teh

Ketika pagi hari akan membuat perasaan kita menjadi baik, selain itu teh juga dipercaya memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Antara lain seperti meningkatkan sistem imun, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan gigi, dan membuat jantung lebih sehat.

Itulah 8 tips ampuh agar tetap segar saat bangun tidur di pagi hari. Dari semua itu yang paling penting adalah rasa bahagia, rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh ALLAH SWT. Bangun pagi dengan segar akan membuat aktivitas kita penuh semangat sepanjang hari.
...