Tuesday, November 1, 2016

Bagian Tubuh Nabi Muhammad SAW yang Masih Tersisa

Nabi Muhammad SAW merupakan Nabi terakhir bagi umat Muslim, beliau juga merupakan Nabi yang menjadi panutan bagi kaum Islam di seluruh dunia. Meskipun beliau sudah meninggal ribuan tahun silam, namun Rasulullah akan selalu dirindukan dan dicintai oleh jutaan umatnya di seluruh penjuru dunia. 

Sampai kapan pun tidak ada yang bisa dijadikan sebagai pengobat rindu yang dapat meredakan rasa kangen kepada Nabi Muhammad SAW dari para umatnya tersebut. Sebagai salah satu tokoh yang penting dalam sejarah dunia, tidak ada satupun orang yang tahu bagaimana wujud dan rupa sebenarnya dari Baginda Nabi Muhammad SAW junjungan besar kita ini.

Selama ini kita tahu bahwa ada larangan keras untuk melukis wajah Nabi Nabi Muhammad SAW. Hal ini bertujuan untuk melindungi Nabi Muhammad SAW dari persekutuan dan pengkultusan pada Tuhan jika para pengikutnya mengenal rupa dari Nabi Muhammad SAW. 

Tapi ternyata ada beberapa bagian tubuh Nabi Muhammad yang masih tersisa. Bagian-bagian tersebut disimpan dengan rapi di Museum Topkapi di Istanbul, Turki. Mungkin bagian-bagian yang tersisa ini dapat sedikit menghilangkan kerinduan umat Muslim terhadap Nabi Muhammad SAW. Apa saja bagian-bagian tubuh Nabi Muhammad SAW yang masih tersisa? Simak penjelasannya berikut ini;

Janggut Nabi Muhammad SAW

Janggut Nabi Muhammad SAW yang tersimpan rapi di Museum Topkapi ini dirumorkan adalah janggut yang dicukur langsung dari dagu Nabi Muhammad SAW. Salman adalah tukang cukur pribadinya dan dia kerap mengambil janggut Nabi yang dicukurnya dan membawanya pulang.
Bagian Tubuh Nabi Muhammad SAW yang Masih Tersisa
Image by islammerkezi.com
Konon katanya bagian tubuh Nabi Muhammad SAW adalah berkah, sehingga banyak sekali orang pada saat itu yang berlomba-lomba untuk mempunyai bagian dari tubuh Nabi Muhammad SAW. Janggut yang mempunyai nama Sakali Serif ini disimpan didalam sebuah kotak kaca di Museum Topkapi.

Cetakan telapak kaki Nabi Muhammad SAW

Ingin melihat jejak kaki Nabi Muhammad SAW? Kunjungi Museum Topkapi di Turki yang lagi-lagi menyimpan bagian tubuh dari Nabi Muhammad SAW. Beliau memang selalu meninggalkan jejak kakinya setiap kali beliau melangkah diatas tanah dengan ukuran beberapa centimeter.  
peninggalan Rasulullah
Image by pakwheels.com
Sudah banyak sekali orang di Timur Tengah yang mengklaim bahwa mereka juga menemukan jejak kaki Nabi Muhammad SAW. Namun  hanya di Museum Topkapi yang paling teruji keasliannya.

Peninggalan Gigi Nabi Muhammad SAW

Selain janggut dan cetakan telapak kaki Nabi Muhammad SAW, ada bagian tubuh beliau yang lain yang masih tersisa yaitu gigi Nabi Muhammad SAW. Gigi ini punya cerita tersendiri. Saat berlangsungnya Perang Uhud, awalnya tentara dari umat Muslim berhasil memenangkan perang. 
Image by pinterest.com
Saat itu Nabi Muhammad SAW mengusulkan sebuah strategi perang namun karena strateginya tidak didengarkan oleh para tentara, mereka pun harus menerima kekalahan diperang selanjutnya. 

Saat pasukan dari Nabi Muhammad SAW kalah, tentara lawan menyerang Nabi Muhammad SAW habis-habisan. Karena kejadian itu, beliau kehilangan empat giginya. Salah satu giginya berhasil ditemukan di bukit Uhud yang kemudian disimpan di Museum Topkapi, Turki.

Helai rambut Nabi Muhammad SAW
sisa tubuh Rasulullah
Image by makassar.tribunnews.com
Bagian tubuh Nabi Muhammad SAW yang masih bersisa yang terakhir adalah rambut. Sama seperti janggut, rambut beliau juga merupakan berkah bagi siapapun yang memilikinya. Menurut sahabat Nabi Muhammad SAW, rambut beliau panjang sebahu, tebal, dan sering rontok. 

Rambut rontok inilah yang sering dipunguti dan disimpan oleh para sahabatnya. Kamu bisa melihat dan merasakan betapa tebal dan halusnya rambut milik Nabi Muhammad SAW yang hanya bisa ditemukan di Museum Topkapi, Turki.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagian Tubuh Nabi Muhammad SAW yang Masih Tersisa