Sejarah Munculnya Mayones yang Melengkapi Citarasa Masakan

Selain saus sambal, saus berwarna putih ini seringkali dijadikan sebagai bahan cocolan untuk penambah kelezatan citarasa hidangan, terutama makanan yang berasal dari negara barat.

Mayonnaise atau seringkali disebut dengan mayo atau mayones adalah salah satu jenis saus yang terbuat dari bahan utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Umumnya digunakan sebagai perasa pada makanan seperti selada atau roti lapis. Namun, tak jarang mayo juga digunakan sebagai bahan cocolan untuk hidangan gorengan seperti nugget atau sosis yang digoreng.

Seperti yang digunakan di Amerika Utara, mayones dijadikan bahan olesan untuk roti lapis atau sandwich. Sedangkan di wilayah Eropa, mayones lebih banyak digunakan sebagai saus untuk menyantap kentang goreng. Di Asia, lebih khususnya di Jepang, mayones digunakan sebagai saus berbagai macam makanan seperto okonomiyaki, yakisoba, takoyaki, ebi furai dan pizza.

Di Perancis, mayones bahkan digunakan sebagai teman makan telur rebus atau hidangan ayam dingin. Di sana, saus putih ini memang banyak digunakan sebagai bahan dasar membuat beraneka saus dingin dan dressing.

Asal Mula Mayonnaise Dimulai Dari Negara Prancis

Mayones pertama kali digunakan dalam buku masakan berbahasa Inggris pada tahun 1841. Saus yang konon diciptakan oleh Chef Prancis bernama Louis Francois Armand du Plessis, duc de Rechelieu pada tahun 1756 ini dibuat untuk merayakan kemenangan Prancis meebut pelabuhan Mahon, ibu kota Minorca di kepulauan Balearic. 

Sebelum akhirnya mayones diproduksi secara masal di Amerika Serikat pada tahun 1900-an, setiap orang yang ingin menikmati hidangan dengan saos mayo ini harus membuatnya sendiri. Hingga saat ini, mayones berlabel Best Foods menjadi penguasa pasar mayones di pantai barat dan timur Amerika Serikat.

Sementara di bagian tenggara Amerika Serikat, mayones buatan Nyonya Euginia Duke sangat terkenal dan menjadi satu-satunya produk andalan yang dijual oleh perusahaan tersebut. Hingga kini, Duke's Mayonnaise menjadi satu-satunya mayones Amerika yang tidak mengandung gula.

Di Jepang, mayones dibuat dengan citarasa yang berbeda dari produk mayones Amerika. Mayones Jepang dibuat dari cuka beras dan dijual bukan dalam toples, melainkan dari plastik tipis tembus pandang yang bisa dipencet atau tube. Memang di Jepang, mayones cukup digemari. Hampir seluruh orang Jepang menambahkan mayones ke dalam semua makanan.
...