Apa yang terjadi pada tubuh ketika kantung empedu dihilangkan?

Kantong empedu merupakan organ tubuh yang menyimpan sekitar 60 ml cairan empedu yang memiliki beberapa fungsi seperti sebagai cairan pembantu dalam pembakaran lemak dan pencernaan makanan. Ketika kamu mengkonsumsi makanan yang tinggi akan lemak, maka cairan empedu bertugas untuk mencerna.

Cairan empedu diproduksi oleh hati melalui proses sekresi dan disimpan di dalam kantung empedu yang berbentuk menyerupai terung dan berada di area sekitar perut bagian tengah. Kembali ke fungsi, cairan empedu ini berkerja keras untuk mencerna lemak dan bisa berakhir dengan munculnya penyakit batu empedu karena cairan empedu yang mengerak.

Biasanya ketika kamu menderita batu empedu, tindakan operasi adalah jalan satu-satunya untuk menyembuhkannya. Tindakan operasi itu akan menghilangkan batu empedu, namun juga menghilangkan kantung empedu. Lantas, apa yang terjadi pada tubuh ketika kantung empedu dihilangkan? Serta bagaimana cara hidup sehat meski empedu diangkat? Tetap baca artikel ini.

Apa yang terjadi pada tubuh ketika kantung empedu dihilangkan?
Image by merdeka.com
Menurut penelitian, mereka yang kantung empedunya diangkat atau dihilangkan akan ada banyak perubahan dalam sistem pencernaan mereka. Karena kantung empedu berfungsi menampung cairan empedu, maka ketika tidak ada kantung, cairan dari liver akan langsung diangkut ke usus kecil. Hal ini akan menyebabkan diare. Gangguan ini dikenal sebagai sindrom pasca kolesistektomi.

Tak hanya diare, tapi beberapa efek ini akan muncul ketika kantung empedu kamu diangkat. Antara lain seperti:
  • Mual ketika kamu mengkonsumsi banyak makanan berlemak. Tetapi setelah kamu sudah terbiasa dengan tidak adanya kantung empedu, gangguan tersebut akan hilang.
  • Cairan empedu itu juga berfungsi untuk menertalisir asam. Jadi apabila kantung empedu diangkat, tingkat asam lambung menjadi tidak terkendali.
  • Katika kamu masih mempunyai kantung empedu, racun di dalam tubuh yang dianggap berbahaya untuk kesehatan akan diproses menjadi asam empedu dan dibuang sebagai tinja. Namun ketika kantung empedu diangkat, kemampuan tubuh untuk menetralisir limbah atau racun tubub akan berkurang sehingga kamu tidak diperbolehkan makanan yang memiliki kolestrerol tinggi.
Sebenarnya penghapusan kantung empedu tidak bisa 100% menghilangkan batu empedu. Itulah sebabnya kamu membutuhkan penyesuaian kecil terhadap konsumsi harian kamu. Seperti mengatur makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi, porsi makanan yang besar demi memproduksi asam lambung.
...