Berbagai Strategi Pemasaran Usaha Burger Modern

Saat ini memang sedang marak modifikasi usaha di bidang kuliner. Termasuk burger yang dijual dengan banyak modifikasi. Jenis burger yang sebelum memilih lokasi untuk tempat menjual, sebaiknya kamu mengetahui dahulu siapa target pembeli yang dituju.

Target pembeli bisa didasarkan pada usia, profesi atau tingkat ekonomi. Usia bisa dikateorikan seperti anak-anak, remaja dan dewasa. Untuk profesi, kategorinya SD, SMP, SMA, Mahasiswa, karyawan maupun ibu rumah tangga.

Untuk usaha burger modern ini target pembelinya kebanyakan anak muda, mulai siswa SD, SMP, SMA samapai Mahasiswa. Karyawan busa termasuk target, namun tak sebesar peluangnya dibanding anak muda. Burger memang jenis makanan yang disukai anak-anak muda suka.

Ketika kamu ingin membuka usaha kuliner, tak ada salahnya mencoba membuka usaha burger modern. Kenapa?
  • Sedang tren dan digandrungi banyak anak muda saat ini
  • Makanan favorit yang sering dikonsumsi berulang kali oleh anak muda
  • Bahan baku mudah didapat dan proses pembuatannya mudah serta tidak menyita banyak waktu
  • Modal relatif kecil, namun bisa meraih keuntungan besar
Soal penggunaan bahan baku, kamu bisa menggunakan cara ini untuk memikat para nafsu pembeli.
  • kamu bisa gunakan variasi tumisan burger dengan berbagai pilihan bahan sehingga menggundang ketertarikan pembeli
  • Selalu menggunakan bahan baku yang segar dan sehat serta diambil dari produsen yang bersertifikasi halal
  • Biar anti-mainstream, kamu bisa gunakan aneka bahan baku yang organik sebagai nilai tambah usaha kamu
  • Menggunakan standadisasi bahan baku dengan disiplin untuk menjaga kualitas produk
  • Tak kalah penting, perhatikanlah komposisi pemakaian bahan yang berwarna-warni agar produk terlihat menarik
Promosi, menjadi salah satu hal yang terpenting dalam menjalankan usaha dengan berbagai cara demi memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsi. Kamu bisa gunakan strategi promosi berikut ini.
  • Membuat flyer dengan promo diskon, paket heboh, atau penawaran gratis di waktu-waktu tertentu
  • Dengan paket gratis di waktu tertentu akan memungkinkan terciptanya antrean pembeli yang berdampak jadi daya tarik pembeli lain
  • Gunakan badut atau otang di dalam sebuah kostum yang menarik untuk menawarkan produk burger di waktu-waktu tertentu
  • Bagikan potongan burger kecil-kecil sebagai cobaan rasa dan kelezatan produk tersebut di lingkungan sekitar penjualan berikut info harga atau penawaran khusus
  • Apabila kamu memilih menggunakan booth dengan motor, maka buatlah rekaman suara menarik dengan volumi besar agar terdengar sampai penjuru jalan saat menawarkan burger. Karena itu akan berefek mudah diingat oleh konsumen
Untuk desain, agar terlihat berbeda dari produk makanan burger toko sebelah. Alangkah lebih baiknya memiliki strategi pada desain hidang produk seperti berikut.
  • Buat desain produk burger saat dihidangkan. Misal, menambahkan dekorasi pada saus sambal, tomat, dan mayones
  • Buat tambahan aneka garnis yang menarik sesuai dengan produk burger
  • Gunakan cara yang berbeda saat menghidangkan burger. Misalnya, dengan memisahkan roti burger dan tumis isi
  • Gunakan tambahan dekorasi dengan buah-buahan yang cantik seperti jeruk lemon, kiwi, stroberi sehingga terkesan lebih menarik dan dapat dijual dengan harga lebih tinggi
Lokasi untuk dijadikan tempat buka usaha produk makanan ini juga sangat penting demi meraih keuntungan yang lebih besar, antara lain adalah:

1. Mal atau Plaza

Dengan segmen anak muda, pililah mal atau plaza yang banyak didatangi anak muda. Untuk tingkat ekonomi, sesuaikan dengan harga jual produk burger kamu. Apabila harga jual dipatok dengan harga cukup tinggi, pilihlah mal atau plaza dengan target anak muda dari kalangan ekonomi kelas atas. Begitupula jika ingin menjual dengan harga yang lebih murah pilihlah mal dengan pengunjung anak muda dengan tingkat ekonomi menengah bawah.

2. Lokasi dekat sekolah

Jika ingin lebih dekat dengan segmen anak muda, pilihlah lokasi dekat dengan tempat anak muda seperti sekolah dan kampus. Kamu bisa menyewa mulai kios dekat kampus atau di lokasi kantin sekolah.

3. Tempat keramaian anak muda

Bukalah usaha burger dekat dengan tempat berkumpulnya anak muda. Tempat keramian wisata juga bisa jadi pilihan untuk menjual burger modern ini. Kamu bisa melakukan survey di situ.

4. Depan minimarket

Belakangan ini banyak ditemui mini market modern yang buka di sepanjang jalan, dan entah kenapa banyak pula kalangan anak muda pada nongkrong di area tersebut. Nah, dengan kesempatan itu kamu bisa melakukan atau membuka usaha burger modern.
...