Saturday, October 15, 2016

Hindari Mengkonsumsi Sayuran Mentah Setelah Berolahraga, Karena Bisa...

Setelah berjam-jam di gym atau berolahraga, sering energi kamu terkuras. Untuk mengembalikan energi tersebut pastinya kebanyakan orang mencari makanan dan minuman. Karena tubuh memerlukan nutrisi yang baik. Makanan dengan kandungan protein tinggi serta vitamin dan mineral baik bagi pemulihan tenaga pasca olah fisik.

Namun ada beberapa makanan maupun minuman yang sebaiknya tidak kamu konsumsi setelah berolahraga, karena hanya akan menambah lemak dan kalori yang tidak berarti, bahkan membuat tubuh terasa lemas. Salah satunya adalah sayuran mentah.

Walaupun sayuran mentah sehat dan nutrisi yang tinggi, tetapi kamu disarankan untuk tidak mengkonsumsinya setelah berolahraga. Alasannya adalah karena ketika kamu selesai berolahraga, tubuh butuh banyak nutrisi yang penting. Dan sayuran mentah tidak bisa menggantikan nutrisi yang hilang secara utuh.

Image by liputan6.com

Selain sayuran mentah, terdapat juga makanan dan minuman yang sebaiknya tidak kamu konsumsi setelah berolahraga.
Minuman Bersoda
Menghabiskan banyak keringat dan merasa haus merupakan rasa alami ketika berolahraga. Setelah selesai, dengan sigapnya orang akan langsung mencari minuman manis dan segar untuk memulihkan energinya kembali. Demi kesehatan tubuh kamu, sebaiknya hindarkan konsumsi minuman manis apalagi bersoda saat selesai berolahraga.

Alasannya adalah soda memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan dapat memperlambat metabolisme tubuh kamu. Jika tujuan berolahraga ini untuk menurunkan berat badan, minum soda justru bikin kamu tambah gemuk! Karena minuman satu ini, olahraga dan program diet kamu akan sis-sia.

Alangkah lebih baiknya, minumlah minuman larutan elektrolit atau air mineral untuk merehidrasi tubuh kamu dan minuman tersebut memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan untuk memulihkan tubuh kembali menyegarkan.

Makanan Pedas
Mengkonsumsi makanan pedas setelah olahraga adalah pemikiran yang buruk. Karena saat selesai olahraga, tubuh masih dalam tahap pemulihan dan makanan pedas dapat memperlambat proses yang sedang berjalan.

Cemilan
Keripik kentang atau biskuit merupakan cemilan dengan rasa yang gurih dan lezat. Hampir semua orang tidak bisa menolak makanan ringan tersebut. Namun dibalik kelezatannya tersebut, makanan ringan ini tidak baik dikonsumsi setelah olahrga, sebab bisa menurunkan kadar kalium di dalam tubuh. Karena kalium merupakan mineral penting untuk menjaga sel berfungsi dengan baik.

Kacang-kacangan
Kacangan berjenis apapun, lebih baik hindarkan deh, dari pada kesehatan tubuh kamu bisa terganggu. Sebab konsumsi kacangan ini setelah berolahraga bisa menyebabkan gastritis (peradangan pada dinding lambung) dan gangguan pencernaan.

Jadi, agar manfaat olahraga tersebut bisa berdampak maksimal untuk kesehatan tubuh, tentu asupan makananan dan minuman kamu meski diperhatikan. Karena tidak semua asupan baik untuk dikonsumsi setelah kamu berolahraga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hindari Mengkonsumsi Sayuran Mentah Setelah Berolahraga, Karena Bisa...