Mobil Listrik Terbaru yang Ramah Lingkungan

Program penghematan energi bahan bakar BBM, khususnya untuk bahan yang tidak bisa diciptakan kembali atau didaur ulang, seperti salah satunya yaitu bahan bakar minyak. Kendaraan motor mungkin tak akan terlalu menghabiskan banyak bensin. Namun untuk mobil dan kendaraan besar lainnya pasti akan banyak menghabiskan. Oleh sebab itu industri mobil pun banyak yang berlomba untuk menciptakan mobil listrik terbaru paling keren dan harganya cukup murah terjangkau.

Dengan adanya hal ini dan jika bisa benar-benar diterapkan, tentu pemakaian BBM  di seluruh dunia akan berkurang. Meskipun teknologi semakin berkembang akan menjadi semakin maju, baik itu untuk mengedepankan performa serta penggunaan bahan bakar yang bisa dibilang akan lebih irit, tetap saja masih saja rasanya karena kendaraan akan bisa berjalan jika diisi dengan minyak sebagai bahan utama dari pengisi daya.

mobil listrik terbaru
Image by pinterest.com
Namun akan sangat berbeda jika produsen menciptakan mobil menggunakan asupan daya yang didapat dari listrik, tak hanya bisa menghemat cadangan minyak, namun juga bisa membuat udara dilingkungan sekitar menjadi tetap segar karena tidak ada asap yang dikeluarkan dari kendaraan. 

Yang paling menariknya lagi, sudah ada beberapa dinegara tertentu memperkenalkan serta memasarkannya untuk dijadikan sebuah kendaraan umum untuk menunjang kegiatan para warga negaranya setiap hari.

Sejumlah merek yang telah mengeluarkan mobil tanpa menggunakan bahan bakar minyak diantaranya seperti Mitsubishi, kemudian Chevrolet, Nissan dan masih banyak lainnya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya lagi, kamu bisa membaca beberapa daftar mobil listrik terbaru ramah lingkungan berikut ini.

1. Chevrolet Volt

Sebuah produsen mobil yang berasal dari negri paman sam memang dikenal sebagai salah satu ahli dalam memberikan inovasi terbaru dalam dunia otomotif, khususnya mobil. Bahkan sampai sekarang produsen asal negri tersebut telah berhasil dalam menciptakan mobil listrik yang sudah diakui merupakan terbaik didunia. dijuluki dengan Chevrolet Volt. 

Mobil ini memang tidak sepenuhnya menggunakan tenaga listrik, karena dari pihak Chevrolet sendiri dari dulu sudah menggunakan konsep Hybrid di setiap mobil miliknya tersebut.

mobil listrik irit
Image by inhabitat.com
Sejak tahun 2010, mobil Chevrolet Volt ini diperkenalkan dimuka umum, desainnya yang sangat menarik serta tampangnya yang keren tersebut pasti akan menggoda setiap orang yang melihatnya. Namun tak disangka, mobil tersebut menggunakan daya listrik untuk menjalankannya.

Asupan listrik yang diberikan melalui baterai berkekuatan 24kwh lithium ion menyebabkan mobil ini dapat menempuh perjalanan sejauh 117 km untuk maksimalnya. Kemudian jika kebutuhan daya listriknya sudah sangat menipis, maka dengan otomatis mesin bensin pun akan berjalan. 

Dengan hidupnya mesin bensin ini pun akan membantu dalam pengisian generator listrik hingga kapasitas daya yang memang dibutuhkan cukup kembali. Untuk harganya, mobil listrik ini dijual sekitar Rp.660 jutaan.

2. Harga Mobil Listrik Tesla Roadster

Masih dari negara Amerika, namun dengan produsen yang berbeda yaitu Tesla Motos. Produsen ini benar-benar telah menerapkan mobil menggunakan mesin listrik di dalam setiap tubuh mobil yang diproduksinya tersebut. 

Salah satu nama mobilnya yaitu Tesla Roadster. Mobil ini memilik desain yang sangat mewah serta bergaya sport dan ditenagai baterai yang memiliki daya sebesar 53kwh lithium ion yang disematkan pada ke-empat motor penggerak di setiap kaki-kakinya.

Image by tesla.com
Dengan daya baterai yang dimilikinya tersebut, terbukti bahwa Tesla Roadster ini bisa menempuh jarak hingga ratusan km, lebih tepatnya yaitu sekitar 393 km ketika posisi daya baterai masih terisi dengan penuh. 

Melihat kemampuannya tersebut, akan membuatnya dikatakan sebagai salah satu mobil listrik terbaik didunia. Pada penjualannya pun diperkirakan mampu menjual sekitar 2000 unit lebih sejak awal mulai diciptakan, yaitu tahun 2008 hingga tahun 2011. Untuk mendapatkannya, kamu harus menyiapkan uang sekitar 1,1 miliar.

3. Ford Focus Electric

Mobil ramah lingkungan pada deretan yang ke-tiga ini masih tetap berasal dari negeri paman sam, yaitu bernama Ford Focus Electric. Untuk dapat berjalan di jalanan, mobil menggunakan daya listrik ini dibekali dengan daya baterai sebesar 23kwh lithium ion, ketika sudah dilakukan uji coba secara nyata, mobil yang dibuatnya dapat menempuh jarak mencapai 122 km. 

Untuk bisa mendapatkan mobil ini, bisa dibilang akan lebih mudah. Pasalnya kebanyakan mobil listrik lainnya akan dihargai lebih dari 500 juta. Namun mobil Ford Focus Electric hanya sekitar 442 juta rupiah.

4. Fisker Karma

Tak hanya dikenal sebagai penghasil smartphone saja, Finlandia pun memiliki produsen mobil listrik yang tak bisa dipandang rendah. Mobil bernama Fisker Automotive serta Valmet Automitive berhasil memberikan inovasi berteknologi tinggi berupa menggunakan daya listik agar bisa mengaspal dijalanan. Tampilan yang dimiliki cukup mewah baik eksterior maupun interiornya. 

harga mobil listrik
Image by pinterest.com
Mobil ini menggunakan konsel hybrid plug-in yang memadukan 2 unsur bahan bakar, yaitu listrik serta bahan bakar minyak. Tak jauh beda dengan sistem kerja Chevrolet Volt yang membuatnya masuk kedalam klasifikasi mobil listrik terbaik dunia. Memang dayanya tergolong kecil, yakni 20,1kwh. Namun kecepatannya begitu mengagumkan ditambah dengan performa serta desainnya yang sangat mewah, menjadikan Fisker Karma dibanderol seharga Rp.1,5 miliar.

5. Nissan LEAF

Mobil ramah lingkungan kelima ini berasal dari Jepang, yaitu bernama nisan LEAF. Dilihat dari desainnya, mobil listrik ini lebih cenderung pada model city car. Dengan desain unik namun dengan tidak mengesampingkan fungsionalitas yang dimiliki. Nissan LEAF ini ditenagai dengan daya baterai sebesar 80kwh lithium ion, sehingga bisa menempuh jarak tempuh mencapai 117 km. 

Berbicara tentang harga "mobil listrik", kamu bisa mendapatkannya dengan mengeluarkan uang sebanyak Rp.388 jutaan. Memang sedikit menguras kantong, namun dengan menggunakan mobil ini, kamu akan menjaga udara agar tetap bersih serta fresh.

6. Mitsubishi i-MiEV

Untuk desain dari Mitsubishi i-MiEV ini cukup simple dengan lebih mengutamakan aerodinamis serta efisiensi pemakaian. Untuk daya baterainya terbilang cukup kecil, karena menyesuaikan model tubuhnya yang kecil. Mesinnya dibekali dengan baterai berdaya 16kwh lithium ion, dan setelah diadakan uji coba berhasil menempuh jarak hingga 100 km. Kemudian untuk harganya cukup terjangkau dibanding mobil listrik lainnya, yakni Rp.295 jutaan.

7. Toyota Prius Plug in Hybrid

Image allfuturecar.com
Merek Toyota pun tak mau ketinggalan di jagat dunia otomotif, dirinya ikut menciptakan Toyota Prius dengan konsep Plug in Hybrid. Toyota terus mengembangkan mobil dengan berdaya baterai 4,4 kwh serta bahan bakar minyak dengan kemampuan menempuh jarak tempuh sekitar 18 km saja. Untuk memilikinya kamu bisa menyiapkan uang sebesar Rp.449 juta.

8. Mobil Listrik Terbaik Renault Fluence Z.E

Mobil listrik terbaik dengan nama Renault Fluence Z.E bermodelkan sedan sport dan sudah mulai diperkenalkan pada tahun 2009 lampau, kemudian baru dijual pada tahun 2010. Renault Fluence Z.E ini telah menawarkan sejumlah kenyamanan dibalut desain mewah, baik interior hingga eksterior. 

mobil listrik terbaru ramah lingkungan
Image by wikimedia.org
Mobil listrik ini menyuplai tenaga, sebesar 22kwh lithium ion. Sehingga mampu menempuh jarak 160 km setelah dilakukan uji coba di NEDC. Kemudian soal harga dari mobil listrik ramah lingkungan ini berkisar Rp.1,1 miliar, setara dengan mobil Tesla.
...