Frustasi Karena Rambut Kamu Kusam Dan Kering? Tenang, Ini Solusinya

Rambut yang kusam dan kering merupakan salah satu indikasi adanya suatu masalah kesehatan rambut. Jika kamu juga memiliki rambut kusam, tentu penurunan rasa percaya diri akan dirasakan saat beraktivitas di hadapan umum.

Penyebab rambut kusam sendiri yang paling sering adalah akibat paparan sinar matahari, kondisi pssikologi yang stres, serta pemilihan shampo dan conditioner yang kurang tepat. Penggunaan hair dryer juga menjadi pemicu utama terjadinya rambut kusam, kering, hingga rontok.

Untuk mengatasi rambut kusam agar tidak semakin parah, kamu bisa mencoba beberapa perawatan dengan bahan alami di bawah ini, mengingat tidak adanya efek samping yang ditimbulkan.

1. Hindari Air Panas

Jika kamu ingin mandi air hangat untuk menyegarkan badan setelah menjalani aktivitas yang padat, sebaiknya hindari membilas rambut dengan air bersuhu tinggi tersebut. Sebab, keramas dengan air hangat menjadi salah satu penyebab kondisi rambut menjadi kusam serta kering.

mengatasi rambut kusam
Image by vine-vera.com

Buah alpukat juga dapat kamu manfaatkan untuk merawat rambut kusam dan kering secara alami. Bukan hanya nikmat untuk dikonsumsi, buah yang satu ini memang kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan rambut.

Caranya, haluskan buah alpukat terlebih dahulu dan oleskan di seluruh bagian rambut. Setelah didiamkan beberapa menit, bilas dengan air sampai bersih dan jangan lupa memakai shampo.

3. Biji Kemiri

Bumbu dapur yang satu ini memiliki kemampuan lebih dalam mengilaukan rambut. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah rambut kusam, sebaiknya mulai menggunakan biji kemiri sebagai solusinya. Pertama, ambil beberapa butir kemiri dan sangrai sampai mengering. Lalu, haluskan sampai menjadi serbuk dan oleskan di bagian rambut. Diamkan beberapa menit baru bilas dengan air.

penyebab rambut kusam

4. Mayones

Tidak hanya lezat di lidah, mayones yang memiliki kandungan asam lemak ternyata mampu menambah kadar minyak alami pada rambut serta melembutkan. Mayones dapat digunakan setelah rambut dicuci dan dikeringkan. 

Caranya yaitu dengan mengoleskan mayones secukupnya pada rambut lalu bungkus dengan handuk panas. Setelah 20 menit, bilas menggunakan air dan lakukan secara rutin jika kamu ingin memperoleh hasil maksimal.

5. Hindari Mengikat Rambut saat Tidur

Ada sebagian orang yang memiliki kebiasaan mengikat rambut saat tidur dengan tujuan agar lebih nyaman. Rupanya hal itu juga menjadi penyebab rambut berubah menjadi kusam dan kering. Hal ini juga dapat memperburuk kondisi jika kamu sudah mengikat rambut dalam waktu seharian.

6. Madu Murni

Tidak hanya kaya manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, madu murni juga mampu merawat kesehatan rambut. Bagi kamu yang memiliki rambut kering, sebaiknya segera melakukan tips yang satu ini.

Caranya, oleskan madu pada seluruh bagian rambut. Kamu juga bisa mencampurkan dengan buah alpukat atau minyak zaitun terlebih dahulu. Selain mengatasi rambut yang kusam, ramuan ini juga mampu menguatkan akar rambut.

7. Lidah Buaya

Siapkan 1 batang lidah buaya dan potong menjadi dua bagian. Pencet-pencet sampai keluar gelnya. Lalu, usapkan pada seluruh bagian rambut, mulai dari akar sampai ujung. 
8. Telur 

Alternatif berikutnya dalam mengatasi masalah rambut kusam adalah telur. Kamu hanya perlu menyiapkan telur 1 butir dan air hangat 1 gelas. Aduk bahan tersebut dan oleskan pada rambut sampai rata. Diamkan beberapa menit dan kamu bisa membilasnya dengan air sampai bersih.

cara mengatasi rambut kering


Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan rambut, termasuk mengatasi rambut kering dan kusam. Perawatan teratur dengan minyak zaitun akan membuat rambutmu nampak lebih berkilau alami.

Kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada kulit kepala dan rambut. Diamkan beberapa saat baru bilas dengan air dan shampo. Demikian langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut kusam. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
...