Sunday, October 2, 2016

Makan Secara Cepat atau Lambat, Mana yang Lebih Baik?

Dalam upaya menjaga kesehatan tubuh, tidak cukup hanya dengan pemilihan menu makanan yang sehat. Tapi kamu juga meski memperhatikan pola makan serta cara makan. Karena padatnya rutinitas, tak hanya menuntut ritme pekerjaan cepat, namun juga dalam makan. Tak heran, apabila pola makan dan cara makan menjadi terganggu.

Lantas, manakah yang lebih baik, makan secara cepat atau lambat? Berikut adalah beberapa penjelasannya:

1. Gangguan pencernaan

Cara makan terlalu cepat seperti kebanyakan dilakukan oleh orang urban masa kini ternyata tidaklah baik untuk kesehatan, lho! Menurut sebuah penelitian terbaru, makan cepat dapat menimbulkan penyakit gastroesophageal reflux.

Penyakit itu merupakan jenis khusus dari masalah pencernaan yang bermula dari naiknya asam lambung akibat proses mencerna yang tidak sempurna. Bukan hanya masalah pencernaan, bahkan beberapa kasus serius, penyakit ini bisa mengakibatkan rasa sakit pada bagian dada, penyempitan kerongkongan serta sulit menelan .

Selain gastroesophageal reflux, makan secara cepat mampu membuatmu mengalami kembung dan cegukan juga dapat terjadi karena selama menelan makanan, kamu turut menelan banyak udara. Disarankan untuk makan secara perlahan.

2. Mengurangi Stres

Ketika makan dengan santai, maka kamu hanya berkonsentrasi dengan makanan yang sedang kamu konsumsi. Dengan mengonsumsi secara perlahan, kamu tidak hanya merasa tenang, tapi juga bisa menikmati secara menyeluruh dan itu akan membuatmu merasa bahagia dan bebas dari stres.
3. Menurunkan Berat Badan

Makan secara cepat bisa membuat kita makan dalam jumlah berlebih , yang pada akhirnya dapat membuat berat badan kamu meningkat. Oleh sebab itu, bila ingin menurunkan berat badan, kamu bisa makan dengan perlahan.

4. Menyehatkan Pencernaan

Makan dengan perlahan berarti kamu menggiling atau mencerna makanan dengan baik, dan itu juga membantu usus untuk mencerna makanan dengan baik, sehingga membuat organ pencernaan tetap sehat. Dan saat proses ini terjadi, daya pencernaanmu juga akan meningkat.

5. Tidak Menghayati Makanan

Selain mengganggu pencernaan, makan secara cepat juga dapat membuat kamu tidak bisa menikmati cita rasa dari makanan tersebut. Makan tergesa-gesa juga bisa menimbulkan hambatan seperti terselak, tergigit dan batuk.

Jadi untuk kalian semua,ingatlah kalau kita harus memperhatikan pola makan dan cara makan kita. Karena bila kita tidak menjaga pola tersebut, seperti makan yang terlalu tergesa-gesa atau cepat dapat memberikan masalah pada kesehatan. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk makan secara santai atau perlahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makan Secara Cepat atau Lambat, Mana yang Lebih Baik?