Thursday, October 27, 2016

6 Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Secara Permanen

Munculnya uban pada rambut merupakan bentuk masalah pigmentasi yang biasanya terjadi pada usia lebih dari 40 tahun. Namun, saat ini juga banyak ditemui anak-anak muda kekinian yang memiliki uban, padahal usia mereka masih sangat muda. Fenomena rambut uban di usia muda, meski tidak berbahaya, tentu permasalahan ini dapat mengganggu penampilan menjadi tidak percaya diri lagi. 

Cara mengatasi rambut beruban sebenarnya tersedia banyak pilihan, termasuk memakai cat rambut. Tetapi solusi tersebut harus dilakukan berulang kali karena hasilnya yang tidak permanen. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba bahan-bahan alami di bawah ini sebagai solusi jitu untuk mengatasi rambut beruban yang terbukti benar-benar efektif dan efisien, dan sudah banyak dibuktikan orang.

Cara Alami untuk Mengatasi Rambut yang Beruban

1. Daun Pacar Rambut

Solusi pertama yang bisa kamu pakai untuk menghitamkan rambut beruban yaitu dengan menjemur bahan alami yang satu ini terlebih dahulu dan menumbuknya hingga berbentuk serbuk. Setelah itu, gunakan ramuan itu sebagai semir rambut. 

Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Secara Permanen
Image by pinterest.com

Walaupun terdengar aneh, teh basi memang terbukti dapat menghilangkan uban secara efektif. Kandungan antioksidan dalam teh merupakan nutrisi penting yang mampu menghasilkan pigmen hitam dalam rambut.

Caranya yaitu dengan menyeduh teh secukupnya dan diamkan selama 1 malam. Saat pagi hari, gunakan seduhan teh basi itu untuk memijat seluruh bagian kulit kepala. Tunggu sampai 30 menit dan bilas sampai bersih.

3. Yoghurt

Kamu juga bisa memanfaatkan yoghurt untuk menghitamkan rambut yang beruban. Susu fermentasi ini memiliki kandungan nutrisi yang berperan sebagai penghitam rambut.

Caranya sangat mudah, siapkan yoghurt tanpa rasa dan tambah dengan lada hitam serta kopi. Campur ketiga bahan tersebut dan oleskan pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Setelah satu jam, kamu bisa membasuhnya dengan air.

4. Daun Rambutan

Cara mengatasi rambut yang beruban memakai daun rambutan yaitu dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Jangan lupa menambahkan sedikit air. Saring sari-sari airnya dan oleskan pada kulit kepala. Lakukan pemijatan ringan dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

5. Biji Pepaya

Untuk memanfaatkan biji pepaya sebagai solusi mengatasi rambut beruban, kamu bisa memulai dengan merendam biji-biji tersebut dalam air bersih. Setelah itu, sangrai dan tumbuk hingga halus. Tambahkan minyak kelapa sesuai kebutuhan dan oleskan pada seluruh bagian rambut.

Jangan lupa membungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 2 jam sebelum kamu membilasnya dengan air.

6. Minyak Kemiri

Minyak kemiri mengandung mineral essens yang mampu meningkatkan pigmen pada rambut. Dengan perawatan rutin, kamu akan mendapatkan rambut yang hitam berkilau.

Caranya cukup mudah, sangrai biji kemiri sampai kering dan haluskan sampai mengeluarkan minyak. Tambah perasan lemon secukupnya dan oleskan secara merata pada  kulit kepala. Tunggu selama 30 menit dan bilas sampai bersih. 

Cara Pencegahan Rambut Beruban

1. Hindari Pewarna Rambut

Jika kamu memiliki kebiasaan mewarnai rambut, sebaiknya segera hentikan sekarang juga. Karena itulah yang menjadi penyebab rambut beruban, terutama saat usia masih dini.

2. Memenuhi Nutrisi untuk Rambut

Untuk mencegah rambut beruban, kamu juga bisa mengkonsumsi beberapa nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut, yaitu vitamin A, protein, vitamin B, zat besi, cooper, dan zinc. Contohnya telur, sayuran, seafood, kedelai, pisang, hati, sereal, yoghurt, ayam, daging sapi, dan biji-bijian.

cara mengatasi rambut beruban
Image by pinterest.com

Waktu istirahat yang kurang juga dapat membuat sel-sel rambut sulit melakukan regenerasi. Untuk mencegah munculnya uban pada rambut, sebaiknya mulai saat ini kamu menghentikan kebiasaan begadang dan memenuhi kebutuhan istirahat sebanyak 8 jam per hari.

4. Menghindari Stress

Pencegahan rambut beruban berikutnya yaitu dengan senantiasa menjaga kondisi psikologi. Belajarlah untuk tetap tenang dan menjernihkan pikiran. Jika perlu, kamu juga bisa meluangkan waktu untuk mengambil liburan agar tidak mudah mengalami stress. Nah, itulah beberapa tips ampuh mengatasi rambut beruban secara permanen yang dapat kita sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa langsung segera praktek dirumah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Secara Permanen