Thursday, October 6, 2016

Mengkonsumsi Alkohol Pada Malam Hari Dapat Mengakibatkan Kematian

Banyak orang menganggap kalau minuman beralkohol merupakan salah satu minuman yang ampuh dalam menghilangkan stres karena berbagai faktor. Padahal kenyataannya, minuman yang memiliki kandungan alkohol sangatlah buruk bagi kesehatan tubuh kita. Banyak bukti yang memaparkan bahwa minum beralkohol di malam hari, memiliki dampak kurang baik saat tidur. Apa yang sebenarnya terjadi?

Penelitian terbaru bahkan menyebutkan kalau konsumsi alkohol, apalagi dilakukan pada malam hari, akan memiliki efek samping pada kualitas tidur kita dengan signifikan. Banyak ahli, termasuk National Sleep Foundation, tidak menyarankan konsumsi alkohol di malam hari.

Sebuah penelitian dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh Timothy Roehrs dari Sleep Disoders and Research Center of Detroit's Henry Ford Hospital, membuktikan dimana kandungan alkohol ternyata berpengaruh besar pada penurunan aktivitas otak yang berkaitan dengan kemampuan tubuh agar bisa segera tertidur dengan cepat.

Image by elshinta.com

"Biasanya ketika selesai konsumsi alkohol, akan mengantuk dan cepat tertidur. Tapi kamu akan terbangun di tengah malamnya dan tentu itu akan menganggu jadwal tidur," ungkap sang direktur penelitian, Timoty Roehrs.

Menurut Timoty, hal tersebut dapat memberi dampak pada siklus tidur kamu yang mempengaruhi siklus tidur di fase pertama dan kedua, tergantung dari kadar alkohol yang dikonsumsi, bahkan mampu menekan fase rapid eye movement (REM), fase dimana kita dalam kondisi tidur yang paling dalam dimana otak memproses banyak hal yang telah terjadi dan menjadikannya ingatan dalam jangka panjang.
Lebih lanjut, masalah pada siklus tidur pertama akibat dari mengkonsumsi minuman beralkohol di malam hari, maka ketika kamu terbangun kepala kamu akan sakit dengan tubuh yang sangat lelah dan terasa tidak fit pada keesokan harinya.

Alkohol adalah bahan utama dalam pembuatan minuman keras, dengan kadarnya masing-masing. Nah, apabila penggunaan alkohol berlebihan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kamu dan bahkan sampai kematian. Berikut ini beberapa kadar alkohol dalam darah yang bisa memberikan efek kesehatan tubuh kamu.
  1. 50 mg/dl: Kamu masih mampu untuk bersosialiasi dengan baik, belum terdapat tanda apa-apa
  2. 80 mg/dl: Kemampuan fisik dan mental kamu mulai berkurang serta refleks tubuh jadi lebih lambat
  3. 100 mg/dl: Gangguan koordinasi yang jelas terlihat
  4. 200 mg/dl: Gangguan koordinasi semakin berat dan terasa, kebingungan serta ingatan yang berkurang dan terganggu
  5. 300 mg/dl: penurunan kesadaran
  6. 400 mg/dl: Koma, kematian

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengkonsumsi Alkohol Pada Malam Hari Dapat Mengakibatkan Kematian