Berwisata Asyik Di Tempat Kelahiran Mak Erot, Kampung Cigadog Sukabumi

Nama Mak Erot pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Mak Erot memang sudah terkenal di Indonesia karena keahlian khususnya, yaitu membesarkan alat vital pria. Meskipun Mak Erot sudah meninggal dunia tahun 2008 namun prakterk pijat khusus alat vital ini masih beroperasi dan dilakukan oleh cucu Mak Erot sendiri yaitu, Haji Syaefulloh. 

Tapi kali ini bukan kesaktian Mak Erot yang akan kita ulas, namun kampung Cigadog di Sukabumi yang merupakan tempat kelahiran dari Mak Erot.

1. Letaknya Dekat Dengan Puncak Bukit Habibie

Puncak Bukit Habibie mungkin masih belum sering didengar oleh kita namun keindahan yang ada di bukit ini sangat menawan dan cocok dijadikan list destinasi wisata alam saat akan berlibur ke Sukabumi. Bukit ini seperti bukit pada umumnya. 

Diberi nama Habibie karena letak bukit ini dekat dengan villa milik bapak mantan presiden kita, Pak Habibie. Panorama alam disini sangat indah dan udaranya juga sejuk. Di bukit habibie merupakan tempat yang pas untuk melihat matahari terbit atau sunrise. 

wisata kampung cigadog
Image by kompasiana.com
Di daerah itu terdapat banyak bertebaran warung kopi sehingga jika Anda ingin menghabiskan waktu bersantai, Anda dapat ke bukit Habibie sambil menikmati secangkir kopi. Di kawasan ini juga banyak terdapat pangkalan ojek yang siap mengantar Anda ke kediaman Mak Erot lohh. 

Jadi jika kebetulan Anda sedang berlibur ke puncak Bukit Habibie dan ingin terapi di Mak Erot, tinggal ke pangkalan ojek terdekat saja. Pasti langsung diantar ke rumah Mak Erot.

2. Marketing Mak Erot Banyak Ditemukan Di Pemandian Cipanas

Pemandian Cipanas merupakan pemandian air panas yang sumbernya berasal dari geyser yang merupakan air panas yang menyembur dari kerak bumi. Air Panas di pemandian Cipanas berasal dari Pemandian Cisolok. 

Keunikan dari pemandian Cipanas ini adalah airnya yang menyembur setinggi 3 meter ke arah atas. Pemandian Cipanas juga banyak pangkalan ojek yang siap mengantarkan Anda ke rumah Mak Erot karena lokasi ini tidak jauh dari kampung Cigadog. Jadi jika Anda ingin mampir ke terapi pijat Mak Erot bisa dengan menaiki ojek hingga ke rumahnya.

tempat wisata asyik sukabumi
Image by inisukabumi.com
3. Masyarakatnya Mayoritas Bertani

Masyarakat di kampung Cigadog ini sebagian besar berprofesi sebagai petani. Meskipun kontur lahan disana berbukit-bukit namun masyarakat tetap banyak yang berprofesi sebagai petani. 

Meskipun mereka sebagian besar pekerjaannya bercocok tanam, namun hasil dari bertani ini tidak dapat mereka andalkan sebagai penghasilan utama. Hal ini disebabkan karena dalam setahun masyarakat hanya panen selama dua kali. Dan beberapa orang hanya bekerja di lahan milik orang lain sebagai tukang cangkul atau tukang panen. Sehingga jika tidak sedang bertani mereka mencari pekerjaan yang lain. 

Beberapa warga juga ada yang bekerja sebagai TKI di Arab Saudi sebagai pembantu rumah tangga. Gaji mereka di Arab Saudi dapat membantu mencukupi kehidupan keluaraganya di kampung Cigadog. 

4. Kampung Ini Dekat Dengan Pelabuhan Ratu

Kampung Cigadog sendiri merupakan bagian dari Kabupaten Sukabumi sehingga letak kampung ini cukup dekat juga dengan tempat wisata di Sukabumi yang lainnya yaitu Pelabuhan Ratu. Pelabuhan Ratu berada di pantai selatan Jawa. 

tempat mak erot
Image by poskota.co
Di tempat ini terdapat beragam aktifitas yang dapat dilakukan seperti scuba diving. Pelabuhan Ratu sendiri memiliki karakteristik pantai dengan bukit karang, dan ombak lautnya yang kencang membuat Pelabuhan Ratu menjadi destinasi wisata yang menarik hati para travelers. Selain keindahannya Pelabuhan Ratu juga  terkenal dengan kisah mistisnya yang kerap dihubungkan dengan penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul. 
...