Zat Besi Kunci untuk Masa Depan Anak

Tahukah Ibu? Bukan hanya pendidikan terbaik di sekolah yang berkualitas, asupan anak pun menjadi salah satu penentu masa depannya. Salah satu zat penting yang seharusnya menjadi perhatian semua ibu adalah zat besi. Apa itu zat besi? Makanan apa yang perlu kita konsumsi untuk mendapatkan asupan zat besi yang cukup?
  • Ternyata, kurangnya konsumsi zat besi dapat menyebabkan 5L yaitu lemah, letih, lesu, lelah, lalai
  • Anak menjadi tidak bersemangat, 'moody' dan sering menangis
  • Pada tubuh anak tidak tumbuh maksimal atau pendek
  • Mudah tertular penyakit
  • Zat besi membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga anak tidak mudah tertular penyakit
Zat besi paling banyak ditemukan baik di daging merah, maupun sayur bayam dan kacang-kacangan. Bedanya, zat besi di sayur dan kacang lebih sulit fiserap oleh tubuh. Zat besi pada daging merah bersifat heme, sifatnya lebih mudah berikatan dengan protein darah sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Apabila dibandingkan dengan zat besi pada ayam dan ikan, zat besi pada daging merah (daging sapi, daging domba, daging kambing) jauh lebih tinggi.

Perbandingan yaitu 1:3:9. Artinya untuk mendapatkan jumlah zat besi yang sama dari 100 gram daging sapi (2.4mg/100 gram), kita harus mengkonsumsi setidaknya 300 gram daging ayam atau 900 gram daging ikan, sekali makan.

Image by makananmu.com

Untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan otak yang optimal pada anak, dianjurkan untuk setidaknya mengkonsumsi daging merah berkualitas seperti True Aussei Beef, setidaknya 3-4 kali seminggu, 100 gram per tiap makan. Mengapa? Karena bagi anak usia 0-12 tahun dibutukan setidaknya 7 mg zat besi per harinya. Jumlah ini didapat dari 50% sumber hewani dan 50% sumber nabati. Patokannya mudah sekali, 100 gram daging sapi bisa kita bayangkan yaitu sebesar telapak tangan atau seperti 1 box kartu remi.

Pada akhirnya, masa depan anak ditentukan juga oleh pilihan ibu dalam memberikan aspuan sehari-harinya. Jadilah ibu yang bijak dengan senantiasa memastikan zat besi anak tercukupi. Ingatlah untuk konsumsi daging merah berkualitas, 3-4 kali seminggu, 100 gram per tiap makan.
Pengertian dari daging berkualitas adalah daging yang halal, aman dari penyakit hewan, alaminya empuk dan juicy, sehingga mudah dikunyah oleh anak dan mudah juga diolah oleh ibu. Seperti Daging Sapi Australia (True Aussie Beef), yang diproduksi dari ternak berkualitas, dengan proses produksi yang halal dan bebas dari penyakit. Memasaknya pun tidak perlu lama-lama, cukup 15 menit saja!

Disini kami akan berbagi infromasi bagaimana mengolah makanan True Aussie Beef dengan baik dan tepat. Nah, 8 rahasia memasak Daging Sapi Australia akan kami bocorkan untuk kamu.

1. Belilah potongan daging sapi Australia (True Aussie Beef) sesuai dengan jenis makanan. Tanyakan kepada penjual counter daging, potongan apa yang paling tepat untuk masakan kamu hari ini.

2. Turunkan daging dari freezer ke kulkas sebelum dimasak (12 jam per 1 kg daging) dan biarkan daging sapi lelh tanpa harus direndam air. Karena merendam daging sapi didalam air akan menghilangkan kandungan sari kaldunya.

3. Untuk anak-anak, olahan makanan dalam bentuk daging cincang/giling Australia (Australia minced beef) adalah pilihan bijak. Daging cincang dapat dibekukan paling lama sekitar 2-3 bulan.

4. Untuk membuat steak sangatlah mudah, hanya saja ada beberapa hal yang harus diingat. Antara lain:
  • Lumuri minyak pada daging, bukan pada wajan
  • Wajan harus dalam keadaan panas
  • Garami daging beberapa saat sebelum diletakkan di atas wajan
  • Istirahatkan daging 2 menit sebelum dipotong agar kaldu daging menyebar secara merata ke dalam daging
5. Steak paling baik dinikmati kalau dimatangkan secara medium atau medium well. Anggapan yang salah adalah bahwa warna merah seperti darah yang terlihat pada bagia luar daging sapi itu adalah darah, padahal itu adalah sari kaldu dari daging sapi yang membuat daging sapi enak rasanya.

6. Ketika memasak di atas wajan, jangan membalik daging terlalu sering. Balik daging sekali saja, masak sekitar 3 menit pada masing-masing sisi.

7. Untuk tumisan, pilihlah potongan daging sapi Australia yang sudah tersedia dalam bentuk irisan siap pakai seperti sukiyaki, shabu-shabu, yakiniku atau irisan tumis.

8. Ajaklah anak-anak untuk memilih menu atau bahkan ikut berbelanja di supermaket sehingga mereka dapat belajar memilih sumber makanan yang baik dan bergizi.
...