Tak Hanya Toleransi yang Luar Biasa, Bangkok Juga Jadi Surga Belanja Hijab

Perkembangan fashion hijab yang sangat pesat, membuat mereka yang tinggal di tiga negara ini: Jepang, Prancis, dan Thailand, tidak merasa kesulitan untuk mencari busana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Tak hanya itu, makanan halal dan tempat ibadah pun kini tak lagi sulit di cari.

Thailand adalah negeri yang penduduknya mayoritas non-muslim, namun sangat moslem friendly. Tidak hanya dalam hal menghormati keyakinan, budaya, sopan santun, menjaga etika dan toleransi masyarakatnya memang luar biasa.

Perempuan berhijab di Thailand memang belum banyak, namun Ibu Kota Thailand, Bangkok menjadi salah satu kiblat mode atau gudangnya aneka gaya busana. Jadi, mengenakan hijab tidak akan terlihat "aneh" di tempat umum, apalagi bila dibandingkan dengan kostum heboh para cosplay.

Bangkok juga menyediakan aneka jenis tipe busana dan pelengkapnya. Tak heran bila cukup mudah bagi para muslimah untuk mencari busana tertutup, scraf segiempat maupun persegi panjang. So, perempuan mana yang tidak suka berbelanja baju dan fashion item di Bangkok?

Selain harganya serba murah, barangnya oke, modelnya pun sesuai tren dan beragam. Pantas saja bila banyak pemilik online shop dan pusat grosir Jakarta mengambil barang dagangan dari sana.

Walaupun pemeluk agama islam di negeri Gajah Putih ini kurang lebih dari 10%, keperluan kaum muslim disana sangat terpenuhi. Itu dikarenakan busana muslim, makanan halal dan juga tempat salat.
Sebabnya adalah komposisi penduduk Bangkok yang sangat heterogen, berkat banyaknya pendatang dan pekerja asing. Kota ramah ini seolah berusaha mengakomodir kebutuhan setiap warganya yang begitu beragam.

Di Bangkok, umat muslim tidak pernah merasa kesulitan menjalankan perintah agama. Selain faktor logistik (busana muslimah, makanan halal, dll) yang memadai, warga setempat pun terbiasa berinteraksi dengan kaum muslim. Mereka yang berasal dari wilayah Selatan seperti Patani, biasanya adalah pemeluk agama Islam yang taat.

Di pasar atau kompleks street food, mudah dijumpai perempuan berkerudung yang menjajakan makanan siap saji atau daging halal. Di pusat perbelanjaan memang tidak banyak tokok khusus moslem wear. Walaupun demikian, di kios-kios tertentu menjual aneka turban, juga kain penutup kepala, baik yang bercorak maupun polos berwarna indah.

Gaun, celana dan baju panjang hadir dalam berbagai gaya. Memerlukan ketelatenan untuk memilih, karena meski panjang, belum tentu busana ini "aman", bisa jadi bahannya menerawang atau dipermanis dengan belahan super tinggi.

Busana khsa semavcam gamis atau kebaya, serta hijab langsung pakai juga dapat dibeli di pasar atau pusat grosir, seperti Platinum. Untuk dalaman hijab, bisa diganti bandana lebar. Apabila ada waktu menyumbagi kawasan hunian muslim seperti Petchaburi sol 7, kita bisa waisata kuliner halal, melihat-lihat toko khusus busana muslimah, sekaligus bersilaturahim dengan masyarakat setempat. Di mana pun berada, kita semua bersaudara bukan?
...