8 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Memutuskan Untuk Membeli Mobil MPV

Berdasarkan data penjualan, kendaraan keluarga jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) kini berada di posisi teratas dibanding jenis mobil lainnya. Selain karena variasi harga dan desainnya yang semakin stylish, MPV memiliki dimensi yang cukup untuk dijadikan mobil andalan keluarga.

Sebagai sebuah kendaraan serbaguna, MPV makin sering terlihat di jalan raya. Besarnya ceruk pasar mobil MPV di Indonesia adalah sesuatu yang unik yang berbeda dengan negara lain. Hal ini, berkaitan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia akan pentingnya melakukan sebuah kegiatan bersama-sama. Termasuk berkendara dengan seluruh anggota keluarga.

Tak hanya keluarga inti, tapi juga keluarga besar. Bagi mereka yang tinggal di perkotaan, juga terkadang berkendara dengan pengasuh anak dan ART. Akibatnya, sebuah keluarga membutuhkan kapasitas mobil yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Karena tuntutan konsumen pula, MPV kini hadir dengan berbagai pilihan dan terdiri dari tiga kelas seperti Low MPV, Medium MPV dan Upper atau Premium MPV. Sehingga, setiap lapisan masyrakat dapat menikmati keunggulan mobil jenis ini.

Multi Purpose Vehicle (MPV) kini menjadi kendaraan roda empat favorit keluarga Indonesia. Banyak pilihan merek dengan beragam fitur yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan, mana yang akan dibeli.

Sebelum Memutuskan Untuk Membeli Mobil MPV

Nah, sebelum kamu membeli MPV, lebih baik pertimbangkan dulu beberapa hal berikut ini:

1. Bujet

Yang pertama harus dipertimbangkan adalah berapa bujet yang dimiliki. Contoh, dengan bujet Rp200 juta, MPV merek apa yang bisa dipilih? Memilih merek bisa butuh waktu lama. Pasalnya, hampir setiap pabrikan kini mengeluarkan MPV.

2. Baru atau Bekas

Dengan bujet Rp200 juta, kamu bisa memilih mobil keluarga bekas yang premium atau mobil keluarga baru. Pertimbangkan, meski harga MPV bekas lebih murah, biaya perawatan dan biaya operasional yang harus dikeluarkan lebih besar.

3. Kabin yang Nyaman

Sebagai mobil keluarga, MPV kini tak sekedar menjadi alat angkut dari titik A ke titik B. Seperti diketahui, lalu lintas perkotaan yang macet atau berkendara jarak jauh, mobil berfungsi layaknya sebuah rumah. Untuk itu, agar kegiatan berkendara berlangsung dengan aman dan nyaman, beberapa fitur yang mendukung ditambahkan ke dalam mobil. Hal ini yang kemudian menjadi pembeda antara mobil MPV yang satu dengan lainnya. Akhirnya konsumen yang diuntungkan karena memiliki banyak pilihan.

Pertimbangkan seberapa besar kabin dapat membawa penumpang dan barang. Sebagai sebuah mobil keluarga, kabin yang nyaman menjadi penting. Apalagi jika jumlah keluarga cukup banyak dan masih terdapat penumpang anak atau bayi.
Pilih MPV yang memiliki jok dengan material berkualitas, cukup tebal, serta memiliki kombinasi pengaturan yang variatif. Misalnya jok baris kedua dan ketiga bisa dilipat flat ke lantai, sehingga ruang kabin menjadi lebih luas. Jok sebaiknya juga memiliki pengaturan yang mudah. Misalnya, bisa diatur maju-mundur atau naik-turun (reclining seat).

Bangku atau jok jenis captain seat juga bisa menjadi pertimbangan memilih MPV, karena jok jenis ini lebih nyaman bagi penumpang baris kedua. Bandingkan pula fitur kenyamanan seperti kualitas kulit jok serta hiburan yang ada.

Membeli Mobil MPV

4. Pendingin Merata

Selain jenis dan pengaturan jok, suhu di dalam mobil juga harus bisa disetel senyaman mungkin. Pastikan MPV memiliki pengaturan AC merata ke seluruh sudur kabin. Dengan begitu, pada saat melakukan perjalanan jauh bersama anggota keluarga dan anak-anak, mobil akan terasa nyaman dan sejuk.

5. Ruang Penyimpanan

Perhatikan pula apakah mobil memiliki cukup ruang penyimpanan barang seperti cup holder yang membuat minuman tidak tumpah dan tidak mengotori kabin. Meski terlihat sepele, ruang penyimpanan barang yang tersedia di dalam kabin dapat memaksimalkan penggunaan ruang kabin dari sebuah mobil.

Ruang penyimpanan ini hadir dengan bentuk, ukuran da fungsi bermacam-macam. Selain menjaga barang bawaan tidak berserakan, sehingga dapat mengganggu kenyamanan, setiap barang bawaan dapat disusun rapi dan mudah ditemukan jika dibutuhkan.

6. Faktor Keamanan

Dengan banyaknya pilihan, konsumen wajib untuk cermat dalam menentukan mobil yang akan digunakan. Selain kapasitasnya, perhatikan keamanan dan kenyamanan mobil yang dipilih. Kenali setiap fitur keamanan yang ada, seperti rem ABS, airbag, immobilizer, dan lainnya.

7. Konsumsi BBM

Yang tak kalah penting, pertimbangkan berapa konsumsi bahan bakar mobil tersebut. Beruntung, kendaraan-kendaraan sekarang sudah lebih hemat BBM. Penggunaan bahan bakar dalam setiap perjalanan ditentukan pula oleh faktor lain, di antarannya gaya berkendara, kualitas jalan yang dilalu, beban yang ada dalam kabin mobil, dan lainnya.

8. Biaya Perawatan

Tak ada salahnya untuk mencari tahu dan menyiapkan kebutuhan biaya perawatan berkala di bengkel resmi. Sekaligus hitung dan siapkan dana operasional kendaraan seperti bensin, oli, juga asuransi kendaraan, Perawatan dan perlindungan maksimal menjaga mobil andalan keluarga tetap prima.

Ketika membeli mobil, tanda tangan SPK mobil paling tidak hanya 5 menit. Namun setelah itu, mobil akan digunakan mungkin sampai 5 tahun ke depan. Untuk itu, pilihlah produk yang bisa memiliki layanan after market yang bagus. Peace of Mind itu penting.

Terlepas dari itu semua, yang perlu diingat bahwa fungsi utama sebuah mobil adalah sebagai alat transportasi keluarga. Sehingga tidak perlu memaksakan diri untuk memiliki MPV impian yang mungkin harganya terkait di awan tinggi, MAHAL! Jangan cepat kepincut oleh tawaran promosi atau tampilan MPV terbaru yang terlihat lebih cantik.
...