Demi Mengubah Tampilan MPV Lebih Berkelas, Butuh Banyak Ubah Fitur Entertainment

Banyak alasan dan cara yang dilakukan pemilik mobil meningkatkan penampilan dan fitur yang dimiliki mobil kesayangan, khususnya MPV. Apapun perubahan yang dilakukan, ada baiknya tidak sembarangan. Jangan sampai perubahan yang dilakukan justru berubah kerugian di kemudian hari. Misalnnya, kehilangan garansi.

Setiap tahun, produsen atau Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan bermotor selalu mengeluarkan produk andalan baru. Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren dunia, produk akan tampil lebih cantik, sporty, gagah, modern atau canggih dari produk sebelumnya. 

Perkembangan zaman menuntut adanya sebuah kendaraan bermotor yang mampu memenuhi segala kebutuhan penggunanya. Sayangnya, dari semua produk yang ada, tidak semua produk tersebut dapat memuaskan keinginan setiap orang. Karena, walau memiliki dan mengendarai sebuah mobil yang sama, masing-masing pemilik pasti mempunyai kebutuhan berbeda.

Di sinilah muncul pasar subur dari produk yang dapat memuaskan keinginan pemilik kendaraan bermotor. Di antaranya Pasar Mobil dan Onderdil di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain menjadi lokasi penjualan mobil baru dan bekas, tempat ini juga diramaikan oleh bengkel serta berbagai toko ban dan toko aksesoris yang menjual beragam kebutuhan kendaraan roda empat. Nah, tempat itu sangat cocok untuk mengubah tampilan MPV lebih berkelas dan gagah.

Salah satu di antaranya adalah Toko Mega Sarana Motor yang menyediakan beragam aksesoris dan suku cadang mobil, seperti lampu dan sebagainya. Menurut san pemilik tokok, Mudasir namanya, "Kebanyakan pelanggan ingin mengubah tampilan mobilnya menjadi terlihat baru. Misalnya mengganti kepala lampu, grill, spion, dan lainnya," ungkapnya.

Mengubah Tampilan MPV Lebih Berkelas
Image by hanadora.com
Untuk itu Mudasir melengkapi tokoknya dengan berbagai jenis lampu depan dan spion dengan jenis beragam dan kondisinya pun bermacam-macam sebagai pilihan pelanggan. Mudasir juga mengaku kalo ia bisa memperbaiki kondisi kepala lampu mobil pelanggan menjadi 95% terlihat baru. Wow, Keren!

Selain tampilan luar, penambahan fitur bagian kabin juga menjadi tujuan pelanggan datang ke tempat ini. Apalagi untuk MPV yang memang mengutamakan kenyamanan kabin. Perubahan bagian dalam biasanya dilakukan untuk menjadikan kendaraan lebih personal sesuai keinginan pelanggan. Selain menganti kulit jok, pelanggan juga datang untuk meningkatkan fitur hiburan dalam kabin dengan menambah speaker atau mengganti head unit.
Arin, pemilik toko audio dan video, mengatakan bahwa untuk mobil keluarga jenis MPV, penambahan fitur video adalah yang paling sering dilakukannya. Banyak pelanggan beralasan untuk memutar film kesayangan dan menghibur anak-anaknya selama dalam perjalanan.

"Head unit yang ada di mobil MPV standar sekarang kebanyakan sudah bagus. Kalau mau ada perubahan, paling tinggal ditambahkan speaker saja, bisa juga pasang video. Biasanya beragam, mulai dari Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta. Selain itu, ada pula pelanggan yang datang untuk memasang sensor atau kamera parkir mobilnya," ucap Arin.

5 Rambu Modifikasi 

Mengubah tampilan sebuah kendaraan mungkin terlihat mudah. Namun ada baiknya untuk tidak mengesampingkan faktor keamanan dan kenyamanan, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Berikut beberapa tips agar perubahan yang dilakukan tidak merugikan:

1. Mengumpulkan Informasi

Cari informasi dan minta rekomendasi dari komunitas atau teman akan bengkel modifikasi, produk, juga model modifikasi yang diinginkan.

2. Konsultasi di Bengkel Resmi

Melakukan konsultasi dengan mekanik di bengkel atau dealer. Ada baiknya untuk menggunakan aksesori asli atau dari pihak ketiga yang sudah disetujui oleh pabrikan. Karena dijamin tidak akan berdampak negatif terhadap kendaraan, sebab telah memenuhi standar kualitas. Perlu diingat, garansi yang diberikan pabrik akan gugur jika perubahan atau modifikasi yang diterapkan menggangu fungsi kerja mobil.

Sebelum sebuah mobil dijual, mobil tersebut telah melewati beragam uji coba yang menjamin keamanan dan kenyamanannya. Mengubah sesuatu mungkin saja mengakibatkan menurunkan tingkat kenyamanan dan keamanan.

3. Jangan Asal Pasang

Perubahan yang dilakukan bisa jadi membuat masalah atau mengganggu kelistrikan mobil, itu berbahaya. Karena dalam beberapa kasus, dapat mengakibatkan arus pendek dan membuat mobil terbakar. "Bukan saya nakut-nakutin, itu mengapa ketika ingin memasang aksesori yang sifatnya kelistrikan jangan sembarangan," kata Iwan Abdurrahman, General Repai Service Manager Workshop Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor.

4. Pertimbangkan Faktor Keamanan

Menggunakan lampu bercahaya putih memang terlihat terang di kala berkendara malam. Namun, lampu jenis ini justru membatasi jarak pandang ketika menembus hujan deras. Perubahan yang baik harusnya tidak mengganggu fungsi keamanan dan kenyamanan kendaraan.

5. Tidak Melanggar Hukum

Sebelum melakukan perubahan, ada baiknya untuk mengetahui aturan seputar kendaraan bermotor yang berlaku. Contohnya, Undang-Undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang mengatur semua hal penting dalam berlalu lintas termasuk seputar modifikasi.
...