Kabin Bersih dan Rapi, Kesehatan dan Kenyamanan Saat Berkendara Terjaga

Mobil kini tak hanya sebatas alat transportasi. Dalam situasi dan kondisi tertentu, minimal sekali dalam satu tahun seperti saat mudik, fungsi mobil dapat berubah. Mobil akan menjadi sebuah "rumah" yang lengkap dengan ruang tamu, ruang makan, ruang bermain anak, lemari pakaian, rak sepatu hingga kamar tidur.

Pengaturan kabin mobil juga penting pada saat kamu hendak bepergian, terutama dengan keluarga dan anak-anak. Kabin yang berisi terlalu banyak barang akan terasa sempit, sehingga mengurangi kenyamanan dan keamanan berkendara. Penempatan barang yang tepat akan menjaga barang tidak berserak di dalam mobil dan memudahkan diakses pengemudi maupun penumpang.

Tidak semua benda dapat dibawa setiap berkendara. Berbeda dengan barang yang memang di perlukan saat kondisi darurat, yang harus selalu ada di dalam mobil. Misalnya P3K, dongkrak, ban cadangan, juga perkakas seperti tang atau obeng.

Dengan memilah dan mengorganisir barang di dalam mobil, ruang di mobil akan terus terjaga kebersihan dan kerapiannya, sehingga pengemudi dan penumpang akan merasa aman dan nyaman dengan ruang yang cukup untuk menikmati perjalanan.
Setiap produsen mobil sudah menyiapkan kompartemen di dalam kabin yang dapat digunakan untuk menyimpan barang sesuai klasifikasi. Misalnya, untuk uang koin, kacamata hitam, tempat botol minum, dan lain-lain. Pergunakan kompartemen dengan bijak. Selain karena jumlahnya yang terbatas, pilih lokasi kompartemen yang paling mudah dan dekat. Misalnya untuk uang koin ada baiknya disimpan di kompartemen dekat setir, maksudnya agar pengemudi mudah mengaksesnya.

Jika jumlah kompartemen dirasa kurang, tak ada salahnya untuk menggunakan aksesori tambahan. Saat ini sangat mudah ditemukan beragam aksesori tambahan yang berguna dalam mengorganisir barang di dalam mobil. Pasang dengan baik, agar tidak jatuh atau lepas saat berkendara. Pastikan untuk memilih produk yang sudah terjamin kualitasnya, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kabin Bersih dan Rapi

Yang tak kalah penting adalah menjaga supaya kabin mobil tetap rapi dan bersih. Pasalnya, kabin mobil yang bersih ternyata juga memiliki banyak efek positif bagi kesehatan. Tak hanya mampu mengurangi stres, kebersihan dan kerapian kabin ternyata dapat membuat pengemudi dan penumpang sehat, aman dan nyaman.

Nah, bagaimana caranya membuat kabin mobil bersih dan rapi? Ikuti beberapa langkah berikut ini, guys!

Setelah mencuci dan mengeringkan seluruh bagian luar mobil di tempat yang teduh dan aman, kosongkan kabin, termasuk bagasi, dari barang-barang yang selama ini menghuni sudut mobil. Jangan lupa periksa bawah jok, tempat penyimpanan atau kompartemen, terbuka maupun tertutup di seluruh bagian dalam mobil.

Bersihkan kabin secara menyeluruh, gunakan cairan pembersih yang sesuai dengan mesin penghisap debu. Tindakan ini juga mencegah kotoran yang ada menyumbat saluran pendingin mobil. Bila dibiarkan, kondisi ini mungkin dapat menimbulkan kerusakan lebih parah.

Sortir barang yang ditemukan di dalam mobil, pisahkan sesuai kebutuhan dan fungsi. Tidak semua barang yang sudah dikeluarkan wajib kembali masuk ke kabin. Buat prioritas, tidak perlu membawa banyak barang karena ruang kabin dan bagasi sangat terbatas.
Siapkan tempat sampah di dalam kabin, kosongkan setiap usai melakukan perjalanan. Jangan biarkan sampah ada di dalam kabin, bahkan menginap sampai beberapa hari. Selain dapat mengeluarkan bau tidak sedap, sampah yang membusuk menjadi lokasi tumbuhnya jamur dan bakteri yang mungkin berbahaya bagi kesehatan pengemudi dan penumpang mobil. Bukan tidak mungkin, sampah makanan dan minuman yang tertinggal di dalam mobil dapat mengundang serangga atau tikus.

Bersihkan sisa tumpahan makanan dan minuman. Jika terjadi selama di perjalanan, lebih baik berhenti sebentar dan bersihkan. Pastikan setiap penyimpanan atau kompertemen terbuka maupun tertutup di dalam mobil bersih dari kotoran dan debu sebelum digunakan.

Bersihkan barang-barang yang ingin disimpan dalam kabin. Periksa pula tanggal kadaluarsa dan kelengkapan kotak P3K, kondisi ban cadangan, kondisi dongkrak serta kelengkapan surat-surat penting kendaraan.

Setelah kabin bersih, mulailah mengorganisir penempatan barang di dalam kabin. Gunakan kompartemen yang ada untuk penyimpanan barang yang berbeda, sesuai kebutuhan dan bentuknya.

Gunakan kontainer, tas atau koper untuk menyimpan barang di dalam mobil. kebiasaan ini mempermudah kamu dalam memindahkan dan mengelompokkan barang yang akan dibawa. Kontainer mampu menjaga agar barang tersebut tidak rusak dan menyebabkan kerusakan. Cara penyimpanan seperti ini juga mempermudah dalam mengorganisir barang dan menurunkan jika sudah tidak dibutuhkan.

Cuci mobil secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kerapian mobil di bagian luar dan dalam. Tak ada salahnya untuk melakukan perawatan serta oembersihan menyeluruh menggunakan tenaga profesional secara berkala, minimal sekali setahun.

Jelaskan kepada anggota keluarga posisi barang-barang di dalam mobil. Agar mempermudah dalam mencari dan mengembalikannya ke tempat semula.
...