Membahas Secara Lengkap Khasiat Lemon Untuk Kecantikan

Siapa yang tak mengenal buah ini, berwarna kuning dan menyegarkan. Tak hanya segar untuk dibuat minuman, ternyata lemon juga terkenal karena dapat digunakan untuk meningkatkan kecantikan. Buah alami ini kaya akan berbagai mineral yang bermanfaat bagi kulit, antara lain untuk mencerahkan kulit dan memudarkan bintik-bintik hitam.

Selain itu, lemon juga bisa digunakan untuk mengurangi jerawat. Kandungan vitamin C di dalamnya memiliki kekuatan penyembuhan sehingga menjaga kulit tipis (atrofi kulit) dari sengatan matahari agar tidak rusak. Manfaat lain, lemon bisa membunuh infeksi bakteri kulit, memberikan bantuan jika kulit mengalami gatal iritasi. Tak heran lemon adalah unsur penting dalam perawatan wajah.

Berikut manfaat lengkap lemon dan cara membuat 'ramuan' yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.

1. Haluskan Kulit

Tangan dan kaki adalah daerah yang paling sering terkena sinar matahari, sehingga dengan mudah warnanya menjadi cokelat. Campur dua sendok makan jus lemon dengan satu sendok teh baking soda dan air untuk membuat pasta. Usapkan pada daerah kulit yang kecokelatan menggunakan sikat lembut.

2. Cabut Bulu Halus

Campurkan setengah cangkit gula dengan 1/4 jus lemon. Masukkan ke dalam microwave sampai berubah warna menjadi cokelat. Setengah dingin oleskan pada kulit kemudian lepaskan menggunakan kain tipis. Bulu-bulu halus pun akan ikut tercabut dan kulit lebih halus mulus.

3. Masker Rambut

Lemon merangsang pertumbuhan rambut dan sebagai pelembab rambut. Untuk membuat masker rambut, kamu campurkan tiga sendok makan jus jeruk, dengan empat sendok makan minyak kelapa, dan tiga sendok makan jus lemon. Oleskan pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian cuci dengan sampo ringan.

4. Melembutkan Rambut

Berbeda jika menggunakan bahan kimia yang justru menyebabkan kerusakan rambut lebih cepat, cara sederhana ini akan melembutkan rambut secara bertahap. Oleskan jus lemon pada rambut selama satu jam kemudian keramas, lalu bilas bersih. Lakukan ini dua kali seminggu untuk melembutkan rambut.

5. Kurangi Bintik Hitam

Jika memiliki bintik-bintik hitam dari pigmentasi pada kulit, gunakan lemon pada wajah. Campurkan satu sendok makan jus lemon dengan satu sendok teh madu, lalu aduk rata. Oleskan campuran masker ini pada wajah setiap hari untuk meringankan pigmentasi kulit.

6. Putihkan Kulit Siku dan Ketiak

Ketiak dan siku biasanya berwarna lebih gelap dibandingkan dengan kulit wajah. Untuk mencerahkan bagian tersebut, gosok beberapa iris lemon ke daerah-daerah gelap. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan kulit yang cerah. Tapi, jangan berlebihan, ya, karena kulit di dekat ketiak dan siku sangat sensitif.

7. Scrub Alami

Melepaskan sel-sel mati dari kulit penting untuk mendapatkan kembali kulit segar dan bersinar. Jika biasanya menggunakan scrub kimia untuk melupaskan kulit, sekarang kamu dapat melakukannya secara alami. Caranya, campur satu sendok makan gula dengan setengah sendok makan jus lemon. Gosok kulit perlahan dengan scrub alami ini selama 10 menit.

8. Bebas Jerawat

Gosok lembut sepotong lemon pada daerah jerawat dan komedo selama lima menit setiap hari. Setelah 15 hari kamu bisa melihat hasilnya. Tak hanya akan mengobati jerawat tetapi juga menghilangkan komedo.

Lebih dalam mengetahui lemon untuk kecantikan, lemon adalah buah alami yang sangat bagus digunakan untuk kecantikan. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot memikirkan efek samping dari penggunaan lemon. Hanya saja cara memakainya perlu kamu pikirkan agar tidak salah dalam penerapannya.

Banyak wanita bertanya bagaimana menggunakan lemon pada wajah. Tentu saja tak mungkin memakai lemon langsung pada wajah karena tak semua wajah cocok dengan cara seperti ini. Bisa saja di kulit A berhasil dengan baik, namun di kulit B wajahnya malah menjadi kering dan kusam.

Tak perlu khawatir ada banyak solusi sederhana bagi mereka yang meragukan bagimana menggunakan lemon pada wajah, terutama bagi mereka yang memikirkan kulit kering atau sensitif. kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain yang aka mengurangi efek kering di wajah.

Berikut beberapa cara penggunaan lemon disertai cara mengatasi efek dari pemakaian lemon tersebut:

Mengosok Langsung

Potong lemon dan gosok irisan langsung ke wajah kamu. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas. Jika kamu retan terhadap kulit kering, pastikan menggunakan pelembap yang baik setelah mencuci wajah. Melakukan ini secara teratur akan memberikan hasil yang diharapkan.

Menggunakan Semprotan

Jika kamu memiliki sensitif, yang akan menyebabkan iritasi setelah menggosokan langsung lemon, cobalah gunakan semprotan. Masukkan jus lemon ke botol semprotan kosong dan bersih. Tambahkan air dan campur dengan merata. Cuci wajah dan kemudian semprotkan larutan jeruk secara merata di wajah kamu.

Sebagai Krim Pijat

Campurkan 2 sendok makan gula merah. 1 putih telur, dan 1 sendok teh jus lemon hingga berbentuk seperti pasta. Sapukan ke wajah dan pijat dengan gerakan melingkat. Setelah itu cuci wajah kamu sampai bersih.
...