Saturday, September 3, 2016

Konsumsi ikan gabus sangat bermanfaat buat kesehatan, berikut penjelasannya

Sebagai salah satu dari deretan jenis ikan yang hidup di air tawar, ikan gabus kurang begitu diminati oleh masyarakat. Pasalnya, lingkungan hidupnya agak menjijikkan karena ada di rawa-rawa serta saluran-saluran air. Selain faktor tersebut, bentuk tubuhnya yang lumayan aneh juga menjadi alasan mengapa tidak banyak orang yang menyukainya.

Namun, tahukah kamu bahwa ikan gabus ini sangat kaya akan protein? Bahkan dalam 100 gram daging ikan gabus ini terdapat berbagai gizi yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh Anda, diantaranya adalah vitamin B, zat besi, fosfor, kalium, vitamin A dan air.

Dengan banyak kandungan seperti itu, ikan gabus tentu saja memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Setidaknya ada 10 manfaat konsumsi ikan gabus untuk kesehatan tubuh yang bisa kita dapatkan.

1. Baik untuk Pencernaan

Kamu khawatir untuk mengkonsumsi ikan gabus karena pencernaan tengah bermasalah? Jangan khawatir, karena ikan gabus memiliki kandungan protein kolagen yang lebih rendah dan tekstur daging yang mudah dicerna sehingga aman untuk kamu konsumsi meskipun kamu tengah mengalami gangguan pencernaan.

manfaat konsumsi ikan gabus untuk kesehatan tubuh
2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ikan gabus sangat cocok untuk dijadikan menu tambahan dalam keseharian Anda, apalgi jika kamu memiliki aktivitas yang padat, karena ikan gabus akan membantu kamu dalam meningkatkan daya tahan tubuh kamu supaya tidak mudah sakit.

3. Pembentukan serta Pertumbuhan Otot

Ikan gabus akan membantu kamu kaitannya dengan proses pembentukan otot serta pertumbuhannya di dalam tubuh Anda. 

Mengapa demikian. Hal ini jelas karena ikan gabus itu sendiri mengandung protein yang sangat tinggi, yang jika dibandingkan dengan ikan nila dan ikan lele, masih lebih tinggi kandungan protein ikan gabus.

4. Menjaga Keseimbangan Cairan di Dalam Tubuh

Peran kandungan albumin pada ikan gabus tak hanya berfungsi untuk mempercepat sembuhnya luka, tetapi juga membantu kestabilan cairan di dalam tubuh Anda.
5. Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Bahkan ikan gabus ini juga dapat membantu untuk menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit hepatitis, tifus, stroke, diabetes dan infeksi paru-paru.

6. Mempercepat Sembuhnya Luka

Bagi wanita yang baru saja melahirkan dengan cara caesar juga dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan gabus ini, karena ikan gabus juga akan membantu mempercepat sembuhnya luka. Mengapa bisa? Karena ikan gabus memiliki kandungan albumin yang tinggi.

7. Membantu Mengatasi Pembengkakan pada Tubuh

Masih sekitar manfaat kandungan albumin yang ada pada ikan gabus, selain menyembuhkan luka juga dapat mengatasi pembengkakan pada tubuh. 

Karena albumin itu sendiri berfungsi untuk mengatus tekanan osmotic di dalam darah dan menjaga keberadaan air di dalam plasma darah sehingga volume darah dalam tubuh tetap dan tidak terjadi pembengkakan.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka Setelah Operasi

Manfaat yang ke-8 ini tidak terlepas dari kandungan albumin ikan gabus yang sangat berguna untuk membangun dan juga memperbaiki jaringan-jaringan sel yang telah mati. 

khasiat ikan gabus
9. Memperbaiki Gizi Buruk

Jangan khawatir dengan gizi buruk juga, karena ikan gabus bisa menjadi salah satu alternatif jalan keluar bagi Anda. Mengapa? Karena di dalam 100 gr ikan gabus, itu sudah bisa dianggap sangat cukup kaitannya dengan pemenuhan berbagai kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh Anda.

10. Membantu Penyembuhan Anak Autis

Manfaat unik lain dari ikan gabus yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang adalah mampu menyembuhkan anak yang mengidap autisme.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Konsumsi ikan gabus sangat bermanfaat buat kesehatan, berikut penjelasannya