6 Gunung Pendek di Indonesia yang Cocok untuk Belajar Mendaki

Sesekali menikmati pemandangan indah dari puncak gunung memang menyenangkan, apalagi jika waktunya memang dipaskan supaya bisa melihat kenikmatan sunrise. Sudah bisa dipastikan begitu sekali saja menikmati panorama yang luar biasa indah ini, akan ‘nagih’ dan ingin menikmatinya kembali. Tetapi tidak semua orang bisa melakukan pendakian terutama di medan yang sulit, terlebih untuk mereka yang sangat minim pengalaman. 

Nah, jika kamu ingin mendapat pemandangan cantik namun belum punya pengalaman mendaki, cobalah diawali dengan mendaki gunung yang kecil atau pendek yang medannya ringan terlebih dahulu.

Untuk membantu kamu menemukan gunung pendek di Indonesia yang cocok untuk dijadikan ‘sasaran’ latihan dan belajar para pendaki, silahkan simak informasi berikut ini.

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Pendek di Indonesia
Image by kelanakecil.files.wordpress.com
Gunung pendek yang pertama adalah Gunung Api Purba Nglanggeran yang terletak di Dusun Nglanggeran, Gunungkidul. Dengan ketinggian yang hanya 700 mdpl, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mencapai puncak. Pun begitu, jalur pendakian juga tidak terlalu ekstrim.
2. Gunung Batu Jonggol

Jika kamu tengah berkunjung ke Bogor, atau memang berdomisili di Bogor dan ingin mendaki gunung yang terhitung pendek, kamu bisa mejadikan Gunung Batu Jonggol yang ada di Kecamatan Jonggol sebagai tujuan.

Image by matajatim.com
Pasalnya, gunung ini hanya memiliki ketinggian sekitar 875 mdpl dengan medan yang cukup bersahabat pula. Namun tetap, dijamin kamu akan terkagum-kagun dengan pemandangan yang disuguhkan nantinya.

3. Gunung Penanggungan

Gunung pendek yang ketiga adalah Gunung Penanggungan yang ada di Mojokerto. Gunung ini memiliki ketinggian 1.653 mdpl. Sebagai info, untuk bisa mencapai puncak kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan melalui jalur Trawas dan Tamiajeng.

Image by traveldetik.com
Info lainnya adalah, bahwasanya gunung ini juga disebut dengan miniatur Gunung Semeru, karena memiliki puncak yang tandus dan kering layaknya Gunung Semeru. 

4. Gunung Ungaran

Sedangkan gunung yang keempat ini terletak di Ungaran, tepatnya di Kabupaten Semarang di Jawa Tengah. Di jamin kamu akan puas dan rasa lelah kamu mendaki selama sekitar 4 jam ini akan terbayar begitu kamu mencapai puncaknya yang memiliki ketinggian 2.050 mdpl.

gunung terpendek
Image by backpackerjakarta.com
Dari puncak ini kamu akan melihat pemandangan yang cukup berbeda namun tetap menyegarkan mata. Apakah itu? Hamparan kebun teh yang hijau. Tetapi, kamu juga perlu berhati-hati karena jalur untuk mencapai puncak ini cukup ekstrem.

5. Gunung Andong

Jika untuk mencapai Gunung Ungaran kamu membutuhkan waktu hingga 4 jam, berbeda dengan Gunung Andong yang hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja. Gunung yang terletak di Magelang-Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 1.726 mdpl, dan memiliki jalur yang tidak membahayakan.

Image by sucipringgahapsari.net
Ada banyak papan penunjuk arah yang juga dipasang di sepanjang jalur pendakian yang bisa memandu kamu sehingga kamu pun tidak perlu khawatir kesasar. Lalu bagaimana dengan pemandangan yang disajikan?

Dijamin kamu tidak akan kecewa karena puncak gunung ini menjanjikan pemandangan yang istimewa. Apakah itu? Golden Sunrise yang benar-benar memukau, Gunung merapi, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu dan Gunung Sindoro. Eksotis bukan?

6. Gunung Pulosari

Kalau gunung yang terakhir ini adalah gunung yang terletak di Pandeglang, yakni daerah Banten. Gunung Pulosari ini termasuk gunung api yang masih aktif dan sudah pernah meletus sebelumnya. Gunung ini termasuk gunung yang pendek karena ketinggiannya hanya 1.346 mdpl. 

gunung belajar mendaki
Image by paragembelgembel.com
Dalam perjalanan menuju puncak yang hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam, kamu akan diiringi oleh pemandangan indah yang menyajikan panorama hutan dengan berbagai vegetasi di dalamnya. Namun, meskipun pendek, kamu diharapkan untuk tetap berhati-hati karena jalur menuju puncak masih terhitung curam dan terjal.

Nah, itulah 6 gunung pendek yang ada di Indonesia yang cocok buat kamu yang mungkin masih ‘berstatus’ sebagai pendaki pemula. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya? Demikian artikel ini, semoga dapat bermanfaat.
...