Katakan Selamat Tinggal Pada Dark Spots!

Kehadiran dark spots atau flek hitam pada wajah menjadi hal yang mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Penggunaan make up bisa menjadi salah satu solusi, namun hal tersebut bersifat sementara. Kulit wajah yang cantik dan sehat secara natural tanpa riasan tetap menjadi dambaan semua orang. Apa sebenarnya penyebab flek hitam dan bagaimana cara mengusirnya dari wajah?

Dark spots atau flek hitam pada wajah secara ilmiah disebut juga hyperpigmentation. Indonesia sebagai salah satu negara tropis, masalah flek hitam pada wajah umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan.

Apabila kulit wajah terlalu sering terekspos sinar matahari tanpa adanya perlindungan sama sekali, maka kerusakan pada kulit tak akan terelakan lagi seperti masalah dark spots ini. Efek dari paparan sinar matahari memang tidak bisa langsung terlihat pada wajah karena biasanya flek hitam pada wajah akan timbul dalam beberapa tahun kedepan terutama ketika memasuki usia 40-an.

Sengatan sinar matahari secara terus menerus akan merusak kolagen pada wajah dan membuat kulit retan terkena berbagai masalah kulit. Selain efek sinar matahri yang berlebihan, dark spots juga bisa disebabkan oleh bekas jerawat penggunaan skin care yang kurang tepat, ketidakseimbangan hormon karena kehamilan atau menopause, stress, bahkan dapat disebabkan oleh genetik seseorang.

Bagi kamu yang tidak mengalami masalah dark spots namun seringkali menghabiskan waktu di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung, ada baiknya melakukan pencegahan.

Cara sederhana pencegahan bercak hitam pada wajah adalah menggunakan sun block atau sun screen dengan SPF 30 keatas setiap hari sebelum beraktivitas. Mengapa sun block? Karena penggunaan sun block dapat mencegah risiko terkena penyakit kanker kulit dan melindungi kulit dari efek sinar UV yang merupakan penyebab utama dark spots atau bercak hitam. Selain dengan sun block, ada baiknya kamu menggunakan topi atau pakaian tertutup untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

Kehadiran dark spots pada kulit wajah kamu memang sangat menyebalkan, tetapi tak perlu khawatir, ada 2 metode yang bisa kamu lakukan untuk mengusir dark spots diantaranya terapi perawatan medis serta cara alami.

Terapi atau Perawatan Medis

1. Menggunakan krim atau serum yang mengandung Hydroquinone. 

Cara ini memang paling populer untuk memutihkan wajah dan menyamarkan flek hitam. Namun penggunaan perawatan wajah yang mengandung zat ini terbatas karena akan menimbulkan efek samping seperti kanker kulit ketika jumlahnya berlebihan. Ada baiknya penggunaan krim atau serum yang mengandung Hydroquinone dibatasi dalam jangka pendek saja.

2. Melakukan Retinoids Treatment

Alternatif lain adalah dengan melakukan retinoids treatment. Cara ini biasanya dilakukan dengan memberi kulit wajah treatment dengan kandungan alpha-hydroxy acid dan retinoic acid yang membantu meningkatkan pergantian sel-sel kulit mati pada wajah, mempercepat proses pengelupasan kulit sehingga lebih cepat menghilangkan dark spots. Pastikan perawatannya diiringi dengan penggunaan sun block atau sun screen karena kulit cenderung lebih sensitif.

3. Menggunakan Laser Treatment

Cara yang lebih manjur lagi untuk mencerahkan dan menghilangkan flek hitam pada wajah adalah dengan laser treatment yang menggunakan gelombang cahaya. Mengingat kerumitan dan kecanggihan perawatan ini, kamu wajib memilih dokter serta klinik kecantikan yang telah terpercaya atau tersertifikat. Setelah terapi laser diperlukan pemulihan kulit wajah dengan menggunakan tabir surya (minimal SPF 15).

4. Metode Chemical Peeling

Jika perawatan kulit untuk dark spots masih belum efektif. Kamu dapat mempertimbangkan chemical peeling yaitu metode perawatan kecantikan dengan cara mengaplikasikan bahwa kimia tertentu pada wajah yang mempercepat reaksi pengelupasan kulit-kulit mati. Efek samping yang ditimbulkan chemical peeling adalah penipisan kulit dan hiperpegmentasi.

Mungkin kamu tidak terlalu suka atau kulit wajah kamu terlalu sensitif dengan perawatan medis, kamu bisa terapkan metode alami sendiri berikut ini:

Mencegah Dark Spots Dengan Cara Alami

1. Kekuatan Lemon

Cara cepat dan mudah untuk menghilangkan dark spots adalah dengan sari lemon yang mengandung vitamin C untuk membantu meluruhkan sel-sel kulit mati serta merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Caranya peras lemon secukupnya ke kapas, dan kemudian usapkan langsung pada wajah kamu, biarkan mengering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin setiap hari selama 2 minggu. Hindari paparan langsung sinar matahari setelah melakukan proses ini karena membuat kulit kamu sensitif.

2. Khasiat Kentang

Selain buah, sayuran juga dapat menjadi solusi untuk kamu untuk menyingkirkan dark spots. Kentang kaya akan vitamin dan mineral, asam lemak esensial dan berbagi fitokimia seperti karotenoid dan polifenol yang dapat merangsang kolagen dan elastin sintesis. Parutlah kentang dan tambahkan sedikit air, kemudian peras parutan kentang dengan saringan dan tambahkan beberapa tetes jeruk nipis serta setengah sendok maduk. Usapkan pada bercak hitam di wajah dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas.

3. Lidah Buaya

Kandungan gel dalam lidah buaya memiliki polisakarida yang merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga memiliki banyak sifat penyembuhan dam korektor alami untuk dark spots. Terapkan langsung gel lidah buaya pada wajah, lakukan pijatan lembut dengan jari selama 3-5 menit dan diamkan sejenak. Bersihkan wajah dengan menggunakan kain atau handuk yang direndam air hangat. Lakukan secara teratur dua kali sehari dalam beberapa minggu.
...