6 Suku yang Memiliki Budaya Paling Mistik di Indonesia

Indonesia terkenal dengan perbedaan dan budaya yang beragam. Keberagaman ini juga mencakup suku-suku di dalamnya. Begitu banyak suku yang tersebar di Indonesia. Masing-masing suku juga memiliki budaya mereka sendiri-sendiri. Namun, terkadang budaya tersebut terlalu mistis dan aneh.

Contohnya 6 suku yang memiliki budaya paling mistik di Indonesia ini yang masih tetap dipelihara dan dijaga hingga sekarang.

1. Suku Asmat, Papua

Suku-suku di Papua memang dikenal begitu percaya dengan hal-hal mistis, bahkan hingga sekarang. Salah satunya adalah suku Asmat.

Kegiatan keseharian suku Asmat seperti berburu, menebang pohon, dll haruslah menggunakan perhitungan tertentu. Penduduk suku ini juga percaya bahwa mereka berasal dari alam lain di mana alam ini berada di tempat matahari tenggelam.

Suku yang Memiliki Budaya Paling Mistik di Indonesia
2. Suku Batak, Sumatra Utara

Suku Batak adalah suku yang cukup terkenal di Indonesia. Bahkan suku Batak tidak hanya ada di Sumatra Utara saja karena penduduk suku Batak dikenal suka merantau ke daerah lain. Selain itu, Suku Batak juga merupakan suku yang cukup mistis.

Di dalam suku batak, dikenal makhluk halus bernama Begu Ganjang. Menurut informasi, makhluk ini memiliki tubuh yang panjang. Pemelihara makhluk ini dinamakan Par Begu Panjang. Di suku Batak, orang yang memiliki Begu Ganjang sangat ditakuti karena makhluk ini menurut mereka dapat mencabut nyawa.

Bagi mereka yang pernah melihat makhluk ini maka akan meninggal beberapa hari kemudian. Begu Ganjang hanya akan menampak dirinya kepada orang yang tidak disukai oleh tuannya.


3. Suku Dayak, Kalimantan

Suku Dayak merupakan suku dari Kalimantan yang memiliki budaya mistis sangat kuat, ilmu-ilmu yang mereka miliki juga sangat tangguh. Ilmu-ilmu kemistisan ini mereka pakai pada senjata-senjata perang mereka.

Kemampuan mereka juga digunakan pada tubuh agar kebal terhadap berbagai macam senjata termasuk senjata api. Orang-orang yang bisa melakukan ilmu ini umumnya para pemuka adat yang kesaktiannya sudah tidak diragukan lagi.

Tentu masih ingat di memori kita saat peperangan antara sampit dan Madura. Disini pasukan Sampit diketahui memanggil suku Dayak untuk membantu mereka. Alhasil Madura yang sebelumnya berkuasa dapat dipukul mundur. Mereka juga bisa menggunakan ilmu mistis mereka untuk menarik lawan jenis.

4. Suku Gayo, Aceh

Suku Gayo merupakan suku yang berdomisili di Aceh tengah. Namun, walaupun berada di Aceh sebenarnya suku ini memiliki garis keturunan dari suku Batak.

Masyarakat suku ini mayoritas beragama Islam. Meski begitu, aroma mistis suku ini tetap saja ada. Kegiatan-kegiatan mistik suku Gayo masih dipakai dalam keseharian mereka.

5. Suku Kajang Amma Toa, Sulawesi Selatan

Suku Bulukumba dari pulau Sulawesi Selatan ini juga memiliki budaya mistis yang sangat tinggi. Suku ini menganut faham animisme. Maka dari itu, hal-hal mistis seakan sulit lepas dari keseharian mereka.

Kegiatan mistis seperti sudah menjadi aktivitas normal mereka sehari-hari. Suku Kajang terbiasa menggunakan hal-hal Ghaib dan guna-guna.

Suku ini juga dikenal sangat kuat. Bahkan tersiar kabar bahwa mereka tak hanya kebal senjata tajam saja tapi juga bisa melunakkan tengkorak manusia dengan cepat dan mudah. Hal ini membuat orang non-Kajang merasa takut apabila dekat dengan masyarakat Kajang Amma Toa.

6. Suku Baduy di Banten Jawa Barat

Suku Baduy merupakan suku yang berada di ranah Sunda atau lebih tepatnya di Lebak Banten. Suku ini tergolong suku yang cukup tertutup. Budaya mistis mereka juga masih terjaga dan sangat kental adanya. Suku Baduy dikenal biasa memakai guna-guna.

suku paling sakti di indonesia
Bahkan saking mistisnya suku ini, banyak orang tua yang melarang anaknya untuk mengecap pendidikan formal di sekolah, khususnya di Baduy pedalaman.

Itulah 6 contoh suku mistis di Indonesia. Suku yang tentunya juga menambah kekayaan dan menunjukkan indahnya perbedaan di Indonesia. Sekian, semoga dapat menambah wawasan anda, terima kasih.
...