Tuesday, August 2, 2016

Hati-Hati Kegemukan Bisa Membuatmu Susah Hamil

Hati-hati buat kamu para wanita yang memiliki berat tubuh berlebih, karena nyatanya kegemukan dapat membuat upaya kehamilan menjadi sulit. Banyak yang menganggap jika hal ini merupakan sebuah mitos semata sehingga tidak perlu terlalu diperhatikan. Namun tahukah kamu jika telah banyak penelitian yang memperkuat pendapat itu.

Lantas kenapa kegemukan bisa membuat kehamilan menjadi sulit? Berikut ini penjelasan tentang pengaruh kegemukan terhadap kehamilan

Kelebihan berat badan adalah ketika seseorang memiliki jaringan lemak yang berlebih di dalam tubuh. Dalam hal ini akan terjadi kelebihan peningkatan hormon estrogen dalam tubuh. Akibatnya hormon estrogen akan mengalami ketidakseimbangan jumlah dan menganggu siklus ovulasi bagi wanita. Hal ini biasanya ditandai dengan siklus datang bulan yang tidak teratur.

pengaruh kegemukan terhadap kehamilan

Sebuah studi juga telah membuktikan jika 30% hingga 47% wanita yang mengalami berat badan berlebih umumnya memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal buruk lainnya dari kelebihan berat badan adalah resiko keguguran pada kehamilan juga semakin meningkat. 

Untuk wanita dengan berat badan berlebih, sebaiknya membantu percepatan kehamilan dengan cara menurunkan berat badan terlebih dahulu. Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan cara merubah gaya hidup seperti memperbaiki pola makan dan rajin bergerak setiap hari. 

Batasi asupan kalorimu tiap harinya maksimal 1000 hingga 1200 kkal. Lakukan pula olahraga secara rutin selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam satu hari. Sebuah studi membuktikan, jika mereka yang menurunkan berat badan, 5% hingga 10% akan mengalami peningkatan ovulasi spontan sehingga kemungkinan untuk hamil akan meningkat hingga 60%. Inilah kenapa penting buatmu untuk menurunkan berat badan. 

1. Cara menurunkan berat badan

Selain mengurangi jumlah asupan kalor sehari-hari, kamu juga bisa menurunkan berat badan dengan cara-cara yang berikut ini.

- Awali hari dengan air putih

Air putih merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki khasiat dan kandungan baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Banyak mengonsumsi air membuat sel-sel tubuh menjadi terhidrasi. Bagi anda yang tengah menjalankan diet, bisa memperbanyak konsumsi putih sebanyak 8 gelas pada tiap harinya. 

Air putih juga bisa menjadi pengganjal perut saat lapar. Mengonsumsi air putih menghindarkanmu dari banyak makan akibat lapar. Inilah sebabnya baik bagimu untuk meminum segelas air sebelum makan.
2. Konsumsi banyak serat

Salah satu jenis makanan yang bagus untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Ada banyak makanan yang mengandung serat yang harus dicoba seperti ragam sayuran dan buah-buahan. 

Serat merupakan kandungan baik makanan yang dapat memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Perbanyak buah pisang, pepaya, pir serta jambu biji. Untuk sayuran, kamu bisa memperbanyak sayur bayam, brokoli, kubis merah serta jenis sayuran hijau yang lain.

wanita gemuk susah hamil

- Konsumsi banyak protein

Jika kamu tengah mencari jenis makanan yang mampu menunjang diet dengan baik, maka proteinlah jawabannya. Protein merupakan salah satu kandungan makanan yang mampu membantu melakukan pembakaran di dalam tubuh. Protein dapat ditemukan pada banyak jenis ragam makanan seperti oat meal, gandum, dan putih telur. 

Waktu terbaik untuk mengonsumsi protein adalah dilakukan di pagi hari. Inilah kenapa penting bagimu untuk selalu menyiapkan makanan sendiri. Sehingga bisa membuat makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu.

Ada begitu banyak cara menurunkan berat badan supaya presentasi terjadinya kehamilan naik. Kegemukan sendiri bukan hanya memicu wanita sulit hamil, melainkan juga beresiko memicu timbulnya beberapa penyakit terlebih jika sudah memasuki obesitas. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hati-Hati Kegemukan Bisa Membuatmu Susah Hamil