Sunday, August 21, 2016

Fakta Mengerikan di Balik Munculnya Danau Biru di Lapisan Es Tebal Antartika

Antartika atau biasa disebut sebagai kutub selatan merupakan salah satu tempat paling misterius di bumi yang tidak ada satupun manusia yang menetap. Hanya beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang dapat bertahan hidup di benua ini. Namun, baru-baru ini terjadi fenomena menarik pada tempat terdingin di Bumi.

Mungkin seperti beberapa hal menarik di Antartika sudah kita ketahui, seperti halnya dengan adanya paus biru, dark meteorit, pengangkatan isostatik. Tetapi belakangan ini diketahui munculnya danau biru di lapisan es tebal Antartika. Apa yang terjadi?


Sesuatu yang aneh tiba-tiba bermunculan adanya danau berwarna biru indah ini disebut sebagai danau superglasial oleh kalangan para ilmuwan. Walaupun indah dan menarik untuk dilihat, sebenarnya kemunculan fenomena ini menimbulkan kekhawatiran para ilmuwan yang akan terjadi nanti pada Benua Antartika.
Menurut para ilmuwan yang telah melakukan penelitian langsung di kejadian, ternyata penyebab munculnya fenomena ini disebabkan pemanasan global yang makin parah di Antartika pada tahun 2000 hingga 2013. Waktu terus berjalan dan pemanasan global ini semakin menjadi, hingga akhirnya ada 8.000 danau superglasial yang bermunculan.


Bisa kita lihat, bahwa danau biru itu tidak lain merupakan es yang mencair. Danau ini diprediksi merupakan bencana baru, karena dapat melemahkan struktur lapisan es tebal serta membuatnya mudah hancur. Para peneliti mengungkapkan kalau fenomena danau superglasial ini menjadi penyebab utama hilangnya es di Kutub Utara.
Menurut data NSIDC (National Snow & Ice Data Center), saat ini lapisan es di tempat terdingin di Bumi telah menutupi area seluas 14 juta kilometer persegi. Diketahui, kalau es di Antartika luasnya sama dengan luas Amerika Serikat dan Meksiko apabila digabung. Akibatnya munculnya danau biru ini menjadi masalah serius bagi Antartika.


Sangat lazim, pasalnya jumlah yang begitu besar di Antartika membuat para ilmuwan ketakutan dan khawatir kalau permukaan laut akan bertambah tinggi hingga 60 meter bila seluruh es di sana mencair. Bisa semua mencair, tentunya akan banyak tenggelamnya kota dan dan benua di seluruh dunia,

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fakta Mengerikan di Balik Munculnya Danau Biru di Lapisan Es Tebal Antartika