Inilah Dampak Buruk Pada Kesehatan Anak Saat Konsumsi Minuman Berenergi

Minuman berenergi merupakan minuman yang memberikan suntikan pada tubuh agar lebih berenergi lewat kandungan kafein di dalamnya. Dengan zat-zat yang terdapat di dalam kandungannya, minuman ini mampu membuat seseorang lebih berenergi dalam melakukan aktivitas, meningkatkan konsentrasi dan mengatasi kelelahan. Idealnya, minuman ini hanya boleh dikonsumsi oleh mereka yang telah dewasa. Namun sayangnya saat ini ada juga anak-anak di bawah umur yang minum minuman berenergi. Hasilnya, tentu saja kondisi kesehatan mereka menurun.

Jika jumlah yang diberikan terlalu banyak, maka bisa mengakibatkan efek yang berlipat ganda yang sama dengan overdosis. Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan kalau minuman berenergi ini saja bisa berdampak serius bagi kesehatan pada usia remaja, apalagi di usia yang masih belum mencukupi seperti anak-anak.

Dalam tiga tahun terakhir ini dilaporkan bahwa lebih dari 2.000 anak-anak di bawah usia 6 tahun mengalami ancaman kesehatan serius dan berpotensi mengalami kematian karena efek samping dari mengonsumsi minuman berenergi. Sehingga ketika dikonsumsi minuman tersebut, membuat jantung berdebar, tekanan darah tinggi, kegemukan, dan gangguan kesehatan lainnya.

Kandungan berbahaya di dalam minuman berenergi berakibat fatal. Komposisi minuman berenergi dapat membahayakan kesehatan tubuh anak seperti:

1. Kafein

Tingginya kandungan kafein di dalam minuman jenis ini mampu menimbulkan masalah jantung yang serius seperti detak jantung abnormal dan masalah neurologi. Bukan hanya itu, efek samping yang ditimbulkannya akan membuat rasa pening, sakit kepala dan bahkan membuat orang jadi ketagihan.

2. Konsentrasi menurun

Apabila mengkonsumsi minuman ini secara berlebihan seperti 2 hingga 3 kali sehari bisa menimbulkan konsetrasi jadi terganggu. Tentu hal ini sangat mempengaruhi petumbuhan dan perkembangan sang anak di aktivitas sehari-harinya.

3. Masalah pada tulang

Tulang pada anak dibawah umur 6 tahun tentu masih sangat lunak, dan bila si anak mengkonsumsi minuman berenergi tersebut akan berakibatkan fatal pada tulangnya. Karena kafein didalam kandungan minuman ini bisa menganggu penyerapan kalsium susu. Hasilnya, pengembangan tulang yang kuat akan terhambat dan juga sangat beresiko terkena osteoporosis.

4. Ketagihan

Ketagihan ini disebabkan oleh kandungan sodium sitrat yang ada di dalam minuma berenergi tersebut. Kandungan ini sangat berbahaya bagi anak-anak yang masih dibawah umur 12 tahun, apalagi diminum secara terus-menerus. Sebab, ketika berhenti mengkonsumsi minuman berenergi, maka si anak bisa menjadi lesu sehingga akhirnya mereka akan ketagihan untuk terus meminumnya.

5. Kegemukan

Setiap minuman berenergi pasti memiliki kandungan High Fructose Corn Syrup (HFCS). Kandungan ini memiliki kandungan gula tambahan yang tidak penting untuk dicerna oleh tubuh, selain sebagai pemanis. Walau jenisnya rendah kalori, ternyata kadar lemaknya sangat tinggi yang dapat mengakibatkan si anak mengalami kegemukan.

Terlebih lagi, dampak buruk yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anak disebabkan oleh kadar kafeinnya. Sebab minuman ini menjadi racun bagi anak usia dibawah 12 tahun yang mengkonsumsinya. Karena anak-anak belum mempunyai berat badan yang memenuhi untuk konsumsi minuman berenergi,

Karena sebenarnya setiap 2,5 mg kafein untuk setiap 1 kilogram berat badan. Sementara satu kaleng. minuman berenergi sendiri mengandung 160 mg kafein. Mengenai bahayanya, kadar kafein minuman energi ini setengah dari jumlah kafein yang ada pada secangkir kopi. Pada setiap lebel minuman berjenis ini sudah dituliskan jumlah kafein dan tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak dan orang yang memang sensitif pada kafein.

Setelah mengetahui efek bahaya dari minuman berenergi ini, sebaiknya dikurangi konsumsinya dan untuk para orang tua yang memiliki anak dibawah umur 12 tahun sebaiknya segera dihindarkan untuk dikonsumsi. Apabila kamu ingin mendapatkan tambahan energi, kamu bisa meminum minuman air kelapa murni. Karena mengandung elektrolit yang mampu menggantikan cairan tubuh kita yang hilang dan tubuh kita tentunya menjadi fit kembali.
...