Meninggalnya Pemilik Suara Emas Indonesia, Mike Mohede

Industri  musik Tanah Air kembali kehilangan pemain terbaiknya. Hari lalu, tepatnya Minggu, 31 Juli 2016, penyanyi solo Mike Mohede meninggal dunia akibat serangan jantung di RS Premiere Bintaro. Berita mengejutkan itu berawal dari seorang pegawai RS Premiere yang menyatakan meninggalnya Mike.

"Sudah meninggal, serangan jantung, baru saja. Sekarang masih berada di UGD," ucap pegawai yang tidak mau menyebutkan namanya itu melalui sambungan telepon.

Pria bernama lengkap Michael Prabawa Mohede ini lahir pada 7 November 1983. Dia mulai dikenal sejak mengikuti ajang pencari bakat Indonesian Idol. Sebelum terkena serangan jantung, Mike sudah lama bermasalah dengan masalah kesehatan. Dokter bahkan sudah mengingatkan Mike agar rajin check up sejak tahun 2007.


Mike mengaku berkaca pada kondisi keluarga. Track keluarga Mike juga punya keturunan penyakit, bahkan meninggalnya tak ada yang enak. Itu bukan membuat Mike menjadi trauma, namun lebih tepatnya tertantang fase itu. Oleh karena itu, Mike ingin lebih menjaga kesehatan.

Mike yang bertubuh besar ini pertama kali meluncurkan album di tahun 2005. Penyanyi keluaran ajang pencari bakat ini juga sempat berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi ternama Indonesia seperti Saykoji, Badai eks Kerispatih, Maria Shandi lewat sebuah album rohani bertanjuk kemenanganku. Pada sejak itu, diakui fisik Mike lebih bugar, segar dan kelihatan lebih langsing pada saat tampil optimal membawakan lagu.
Namun tak disangka kabar duka itu datang sangat cepat. Mike baru berusia 33 tahun saat berpulang. Hingga berita ini diturunkan, kabar ini tersebar di berbagai media sosial. Sejumlah ucapan dari netizen bahkan artis-artis dibalik layar televisi pun ikut membanjiri media sosial. Dengan berbagai ucapan belasungkawa atas berpulangnya sang pemiliks suara emas itu.


Seperti Bunga Citra Lestari (BCL) dan Afgan ketika datang kerumah duka untuk melihat almarhum disemayamkan, sempat bercerita tentang kenangan terhadap Mike sekaligus teman yang bisa jadi panutan.

"Dia tenang orangnya, lucu, baik, dia juga orangnya sangat humoris dan kocak. Buat gue dia itu adalah panutan jalan hidup gue sebagai penyanyi. Dari jaman dia Idol, gue belum nyanyi. Gua bahkan juga punya album pertama dia, saking ngefansnya. Akhirnya sekarang ini jadi teman." ujar penyanyi berkacamata itu di rumah duka.

Tak mau kalah, BCL juga menceritakan sosok Mike sebagai salah satu penyanyi bertalenta dengan suara emas yang ada di Indonesia. Mike yang memiliki banyak talenta, penyanyi yang memiliki suara yang lembut, khas membuat bintang film 3 Srikandi ini menyukainya.

Detik-detik kematian Mike Mohede dilihat langsung oleh manajernya, Indra. Indra menceritakan kepada awak media bahwa Mike meninggal ketika dia sedang tidur. Saat dibawa ke rumah sakit, wajah Mike seketika membiru dan akhirnya tak bisa tertolong lagi, usai bermain playstation di kediamannya.
...