Thursday, August 18, 2016

Mengenal Lebih Dekat Penyakit Kulit Kutu Air, Dan Cara Alami Untuk Mengatasinya

Kutu air merupakan salah satu permasalahan pada kulit yang disebabkan oleh jamur dan seringkali menyerang jari-jari kaki. Ketika jamur penyebab kutu air tersebut terus berkembang, maka penderita akan merasakan perih, gatal, hingga terjadi pengelupasan dan luka pada kulit. 

Gejala Kutu Air

1. Muncul rasa panas di sela-sela jari kaki bahkan di telapak kaki
2. Adanya rasa gatal dan berubah menjadi kemerahan
3. Kadang disertai dengan pembengkakan pada kulit
4. Kulit cepat bersisik dan kering
5. Pada kasus berat, kulit akan terisi oleh nanah dan dapat melepuh

Penyebab Kutu Air

1. Penggunaan sandal, kaos kaki, atau sepatu basah dalam durasi waktu yang lama
2. Lokasi tempat tinggal yang lembap
3.Sering terpapar dengan air, misalnya ketika melakukan aktivitas mencuci baju dan piring, sehingga    dapat menimbulkan kutu air pada tangan
4.Menggunakan sepatu dengan kurun waktu sangat lama sehingga membuat area kaki yang tertutup      menjadi lembap


penyakit kutu air

1. Singkong

Jenis umbi-umbian yang seringkali digunakan sebagai makanan pengganti nasi ini memiliki khasiat yang baik sebagai salah satu cara pengobatan kutu air secara alami.

Untuk mengobati kutu air dengan bahan alami yang satu ini, Anda dapat menghaluskan daun singkong terlebih dahulu. Kemudian, oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terserang kutu air.
2. Minyak Pohon Teh

Cara pengobatan kutu air dengan bahan alami selanjutnya yaitu menggunakan tea tree oil. Minyak herbal ini memiliki khasiat baik dalam membunuh mikroba yang dapat mengakibatkan infeksi akibat penyakit kutu air. Walaupun tidak memiliki keefektifan yang tinggi, minyak pohon teh dapat meningkatkan penampilan kulit.

3. Teh

Rupanya teh bukan hanya menjadi bahan dasar pembuatan minuman yang sehat dan menyegarkan tubuh. Tanaman yang satu ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara pengobatan alami untuk penyakit kutu air.

Pertama, panaskan air sebanyak 1,5 liter hingga mendidih. Lalu, masukkan 6 kantong teh celup ke dalam air panas tersebut. Biarkan dingin dan gunakan ramuan tersebut untuk merendam bagian tubuh yang mengalami kutu air.

Teh terbukti memiliki kandungan asam tannis yang dapat mengurangi rasa gatal dan menghancurkan jamur penyebab kutu air.
4. Cuka Apel

Adanya jamur yang tumbuh pada kaki maupun tangan, dapat menyebabkan pH kulit menjadi terganggu dan tidak seimbang. Untuk menyeimbangkan pH kulit kembali, Anda dapat menggunakan cuka apel sebagai cara pengobatan penyakit kutu air.

Siapkan larutan cuka apel dalam baskom sedang. Lalu, rendam bagian tubuh yang mengalami kutu air dalam baskom tersebut selama 20 menit. Lakukan cara pengobatan alami untuk kutu air ini setiap hari hingga benar-benar sembuh.

5. Daun Sirih

Pengobatan sakit kutu air secara alami selanjutnya adalah menggunakan daun sirih. Siapkan daun sirih sebanyak 10 lembar dan rebus dalam 2 gelas air. Setelah ramuan tersebut mendidih, tambahkan sedikit garam dapur. Tunggu sampai dingin dan gunakan untuk mencuci bagian tubuh yang terserang kutu air.
6. Soda Kue

Salah satu bahan pembuatan kue ini memang terbukti ampuh untuk pengobatan kutu air secara alami. Rendam kaki atau tangan yang mengalami kutu air dalam baskom berisi air dan soda kue. Lakukan selama 20 menit maka kutu air yang Anda alami dapat segera membaik.

Demikian beberapa cara pengobatan kutu air secara alami dan ampuh yang dapat kami bagiakan. Semoga menjadi referensi bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kutu air yang sedang Anda alami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Lebih Dekat Penyakit Kulit Kutu Air, Dan Cara Alami Untuk Mengatasinya