Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan

Cara mudah diet dan menjaga kesehatan dengan beras merah - Memiliki badan yang gemuk tentunya bukan keinginan kebanyakan orang. Karena tentunya, dengan tubuh yang gemuk kita jadi merasa kurang percaya diri dan tentunya tidak bagus juga buat kesehatan. Untuk itu pastinya kita akan mencoba segala cara agar tubuh yang gemuk tersebut bisa ideal kembali.

Dan salah satu cara menurunkan berat badan secara alami, adalah dengan menggunakan beras merah. Dibandingkan dengan beras putih maka beras merah memiliki kualitas untuk kesehatan dan diet yang lebih baik. 

Manfaat beras merah untuk diet 

Bagi kalian yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, maka beras merah menjadi jenis makanan pengganti nasi putih yang baik dan menyehatkan.

a. Mampu membuat perut terasa lebih kenyang

Para konsultan diet umumnya menekankan seseorang yang mengalami kelebihan berat badan untuk melakukan diet rendah kalori. Banyak orang yang nyatanya lebih suka mengonsumsi karbohidrat seperti halnya nasi putih,  padahal karbohidrat merupakan salah satu pemicu meningkatnya lemak dalam tubuh. 

Beda dengan karbohidrat yang dihasilkan oleh beras merah, karbohidrat dalam beras merah nyatanya jauh lebih kompleks. Kabohidrat kompleks tersusun dari banyak kandungan serat, molekul gula, vitamin serta mineral. 

Dengan kandungan serat yang tinggi, tidak heran jika karbohidrat kompleks yang dihasilkan oleh beras merah akan lebih cepat diserap oleh tubuh.  Dampaknya, perut akan terasa lebih kenyang tahan lama. Alhasil kamu pun tidak akan nafsuan saat melihat makanan yang tampak menarik.

Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan
b. Bagus untuk kesehatan pencernaan kita

Taukah kamu jika dalam beras merah, terdapat kandungan serat 6 kali lipat dari beras putih? Serat sendiri terkenal sebagai salah satu zat baik yang berguna untuk menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. 

Secara rutin mengonsumsi beras merah, maka kebutuhan tubuh akan serat dapat tercukupi. Alhasil kesehatan pencernaan juga akan lebih terjaga. Selain berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan, maka serat juga mampu membantu mengontrol gula dalam darah. 

Serat juga berperan dalam mengusir kolesterol serta menurunkan resiko seseorang terkena wasir dan kanker. 

Manfaat beras merah untuk kesehatan tubuh

Bukan hanya berperan sebagai bahan alami penurun berat badan, namun beras merah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh pada umumnya. Berikut penjelasannya.

a. Mengatasi serangan radikal bebas

Beras merah merupakan salah satu pemasok mineral yang baik untuk tubuh. Dalam beras merah terkandung banyak mineral seperti seng dan mangan. 

Mangan berguna untuk mendukung aktiitas sehari- hari karena bertugas untuk menyiapkan energi. Mangan juga menjadi salah satu elemen penting bagi tubuh karena memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Mineral seng berguna untuk menyembuhkan luka serta menjaga mekanisme tubuh supaya dapat berfungsi dengan baik. Selain itu,mineral satu ini juga berguna untuk memperkuat sistem ketahanan tubuh dan membantu kinerja mangan dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. 

Radikal bebas menjadi salah satu sumber penyebab rusaknya jaringan tubuh. Akibatnya, berbagai penyakit bisa dengan mudah menjangkiti seseorang.

beras merah untuk diet
b. Bagus untuk penderita diabetes

Dibandingkan dengan mengonsumsi beras putih, penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi beras merah. Beras merah mengandung serat yang tinggi dengan kandungan kalori yang rendah sehingga baik untuk penderita penyakit gula.

c. Mengandung vitamin B6

Dalam beras merah juga terkandung vitamin B6 yang dapat membantu menjagai fungsi organ tetap terjaga. Mengonsumsi beras merah satu porsi dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin B6 harian sebanyak 23%. 

Vitamin B6 juga merupakan vitamin yang mampu membantu menyeimbangkan pengembangan hormon yang menciptakan DNA yaitu hormon serotonin. 

Beras merah memang kaya akan vitamin, mineral serta serat yang bagus untuk menjaga kesehatan sekaligus untuk membantu menurunkan berat badan seseorang. Kamu bisa mengganti beras putihmu dengan konsumsi beras merah untuk menjaga keseimbangan berat badanmu supaya tetap ideal.

...