8 Makanan Ini Sebaiknya Jangan Disimpan di Lemari Es!

Cuaca panas sering kali membuat beberapa makanan menjadi cepat busuk. Belum lagi, jika cuaca yang ada kurang mendukung alias lembab. Dengan masalah ini, pasti semua orang akan menyimpan makanan di dalam lemari es supaya lebih awet dan bisa dimakan kapan saja.

Itu merupakan langkah pertama yang akan kita ambil, menaruh makanan di dalam kulkas. Tetapi tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan yang sebenarnya kita tidak boleh menyimpan di dalam lemari es atau kulkas? Terlebih lagidapat mempercepat pembusukan dari makanan itu sendiri, lho! Apalagi kalo dimakan, wah bisa gawat tuh.

Menurut para ahli dari Goog Housekeeping telah memperingatkan bahwasanya tidak menganjurkan kita untuk menyimpan beberapa jenis makanan di dalam kulkas. Nah, 8 makanan ini sebaiknya jangan disimpan di lemari es!

Image by papasemar.com

1. Roti kering atau biskuit

Ketika kita menyimpannya di kulkas, hal ini justru membuat tekstur sang roti menjadi tidak kering lagi dan rusak. Bukan hanya tekstur, bila kita makan roti yang disimpan di dalam kulkas akan membuat roti tersebut kehilangan rasa dan aromannya. Untuk mengingatkan, sebaiknya sang roti atau biskuit disimpan di wadah kering yang tertutup dan tidak lembab pastinya.

2. Bawang putih

Menyimpan bawang di dalam kulkas merupakan tindakan yang tidak tepat. Karena bisa mengakibatkan sibawang malah jadi cepat busuk. Bahkan aroma yang dimiliki bawang tersebut justru akan mencemari berbagai makanan lain disana, karena bau bawang bisa cepat menyebar ke seluruh area kulkas. Untuk solusinya, letakanlah bawang di tempat terbuka dengan suhu normal dan ruangan yang bersih.


3. Buah alpukat

Siapa yang tidak kenal buah lezat satu ini? Banyak orang menyimpan buah satu ini didalam kulkas agar lebih segar ketika dikonsumsi langsung. Namun hal itu merupakan tindakan yang kurang tepat, karena buah alpukat jika disimpan didalam kulkas malah memperlambat proses pematangannya, lho! Bisa juga mengurangi kelezatan yang dimiliki buah alpukat ini dan bahkan tekstur daging buahnya pun bisa rusak.


4. Tomat

Untuk ibu-ibu tukang masak hal ini harus diingat, bahwa tomat itu bukan buah tapi sayur. Tomat yang kaya akan vitamin C didalam kadungannya sebaiknya tidak disimpan didalam kulkas. Karena ini akan mempercepat tomat menjadi kering dan kusut. Jadi alangkah lebih baiknya kamu menyimpan tomat pada suhu yang normal atau ruang terbuka dan pastinya yang bersih.


5. Madu

Tanpa disimpan didalam kulkas, madu tetap awet dan kualitasnya kandungannya pun tidak menurun. Malah yang jadi masalah adalah ketika kamu menyimpan madu didalam kulkas, kenapa? Karena bila disimpan didalam kulkas, kandungan gula yang terkandung dalam madu akan mengeras dan mengkristal. Mau bukti? Coba aja!

6. Buah melon

Kelezatan dan kandungan vitamin didalamnya tidak kalah dengan buah alpukat. Pasti kamu tahu kalau buah satu ini kalau dingin itu tidak ada bandingannya, seger banget! Namun ada satu masalahnya, yaitu ketika melon masih dalam keadaan utuh, sebelum dipotong sebaiknya jauhkan untuk menyimpan didalam kulkas deh. Karena dapat menghilangkan sifat antiokidan. Tetapi ketika sudah dikupas, baru bisa disimpan didalam kulkas.

7. Kopi

Untuk masalah kopi ini, bukan kopi yang sudah diseduh terus dimasukan ke dalam kulkas, bukan itu. Tapi yang dimaksud adalah kopi yang masih didalam kemasan. Karena bisa menghilangkan rasanya dan parahnya lagi bisa menyerap berbagai bau makanan menjadi hilang dan akhirnya makanan menjadi tidak enak untuk dilahap. Sebenarnya, disimpan didalam toples atau wadah yang tertutup itu sudah cukup.

8. Minyak

Terakhir adalah minyak, sebagai bahan dasar menggoreng makanan. Untuk pengguna minyak, sebaginya semua jenis minyak harus berada di luar lemari es, bukan didalam. Karena masih banyak beberapa orang yang menyimpan minyak untuk atau bekas didalam kulkas. Ternyata jika kamu menaruh minyak dalam kulkas, malah minyak akan menggumpal dan butuh waktu lama untuk kembali seperti semula.
...