Monday, August 1, 2016

Manfaat dan Arti Penting Kalsium Bagi Kesehatan Tubuh

Sudah berapa kalikah kamu mendengar arti penting kalsium dalam masa pertumbuhan? Manusia sejak didalam kandungan sudah membutuhkan kalsium, karena kalsium mempunyai peran penting didalam tubuh kita dibandingankan dengan mineral lain.

Oleh karena itu, kalsium sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhan serta mencegah berbagai masalah kesehatan. Kalsium juga dikenal sebagai zat pembentuk gigi dan tulang. Selain itu juga, anak-anak atau ibu yang sedang mengandung sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar kalsium dua kali lipat demi masa pertumbuhannya.

Manfaat Kalsium

Untuk mendapatkan kondisi kesehatan optimal, kamu harus memiliki asupan nutrisi dan vitamin yang tepat dan baik tentunya, termasuk kalsium. Karena manfaat kalsium ini sangat membantu kamu untuk mencegah terjadinya beberapa masalah kesehatan tubuh kamu, seperti berikut:
  1. Keropos dan rapuh pada tulang
  2. Kanker usus
  3. Penyakit Jantung
  4. Sindrom prahaid
  5. Batu ginjal
  6. Sindrom ovarium polikistik
  7. Katarak
  8. Tekanan darah tinggi
Namun itu baru sedikit dari daftar manfaat kalsium. Kamu mungkin sudah tahu mengenai beberapa manfaat tersebut, tetapi apakah kamu tahu bahwa kalsium juga mempunyai peran penting dalam aktifitas fisiologis tubuh? Kalsium membantu dalam pembekuan darah secara tepat, menjaga kondisi syaraf, menjaga tingkat kontraksi otot dan fungsi membran sel.

Image by merdeka.com
Kekurangan Kalsium

Apabila kamu kekurangan asupan kalsium yang cukup, ada beberapa efek yang dapat kamu rasakan, seperti nyeri otot, kejang-kejang, pelunakan tulang, mati rasa pada bagian kaki dan tangan, kesemutan.

Untuk memastikan kamu mendapatkan asupan kalsium yang cukup, pastikan kamu memasukan bahan makanan berupa sayur-sayuran seperti sawi dan bayam. Sumber kalsium lain dapat diperoleh pada kalsium nabati dan kalsium hewani.
  • Sumber kalsium nabati meliputi kacang-kacangan, sereal, susu kedelai, biji-bijian, tahu dan tempe, buah-buahan (nangka, kismis, papaya, dan salak).
  • Sumber kalsium hewani meliputi susu sapi, susu kambing, keju, yoghurt, daging berwarna merah, kuning telur, udang, lobster, ikan (teri, salmon, dan sarden).
Pengkonsumsian pada sumber kalsium hewani harus ada batasnya, karena sumber yang meliputi kalsium hewani memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein yang tinggi itu dapat menganggu penyerapan kalsium didalam tubuh kamu apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak teratur.

Persyaratan Asupan Kalsium

Berikut ini sangatlah penting untuk kamu ketahui, karena untuk mendapatkan kalsium yang tepat bagi tubuh kamu harus sesuai usia dan kondisi sebagai berikut:
  • 0 - 6 bulan: 210 mg
  • 6 - 12 bulan: 270 mg
  • 1 - 3 tahun: 500 mg
  • 9 - 13 tahun: 1300 mg
  • 14 - 18 tahun: 1300 mg
  • 19 - 30 tahun: 1000 mg
  • 31 - 50 tahun: 1000 mg
  • Untuk 51 tahun ke atas: 1200 mg
  • Wanita pada masa post menopause: 1500 mg
  • Wanita hamil dan menyusui (di bawah 18 tahun): 1300 mg
  • Wanita hamil dan menyusui (di atas 18 tahun): 1000 mg
Itulah beberapa ulasan tentang manfaat, kekurangan kalsium, dan juga persyaratan asupan kalsium yang meski kamu ketahui. Jadi, mulailah kamu untuk mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium dan jangan lupa untuk menyimbangkannya dengan mengonsumsi vitamin dan nutrisi yang lain

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat dan Arti Penting Kalsium Bagi Kesehatan Tubuh