Tuesday, August 23, 2016

Ingin Terhindar dari Kanker? Batasi Konsumsi Kamu Terhadap 10 Makanan Ini

Sebagai penyakit yang terkenal dengan keganasannya karena bisa mengakibatkan kematian, kanker menjadi salah satu penyakit yang amat menakutkan bagi semua orang. 

Meskipun potensi untuk terserang kanker selalu ada, tapi setidaknya penyakit membahayakan tersebut bisa diminimalisir dan bahkan dihindari jika kita membiasakan diri dengan gaya hidup yang sehat, dan menerapkan pola makan yang sehat juga. 

Dan berikut adalah 10 daftar makanan yang sebaiknya kita waspadai dan diatur sebijaksana mungkin porsinya agar tubuh kita bisa selamat dari ganasnya penyakit kanker. 

1. Makanan Kaleng

Ini adalah makanan enak yang dapat dengan mudah untuk didapatkan. Mengapa makanan kaleng bisa menyebabkan kanker? 

Makanan kaleng tidak terlepas dari zat pengawet. Zat pengawet inilah yang dapat memicu sel kanker untuk tumbuh, apalagi jika zat pengawet tersebut sudah banyak menumpuk dalam tubuh.

Tak hanya itu, kaleng sebagai wadahnya juga tentu dilapisi oleh bahan kimia tertentu yang juga dapat menyebabkan sel kanker dalam tubuh kamu tumbuh.
2. Popcorn

Meskipun popcorn ini juga terkenal baik untuk kesehatan terutama untuk sistem pencernaan, popcorn juga dapat menyebabkan kanker. Bagaimana bisa? Hal ini tidak terlepas dari proses pengolahan popcorn itu sendiri.

Karena popcorn yang diolah dengan menggunakan microwave berpotensi meningkatkan resiko kamu terserang kanker, utamanya adalah kanker hati, kanker pankreas dan kanker testis.

menghindari penyakit kanker
3. Daging Olahan

Daging olahan adalah makanan enak yang ketiga yang dapat menyebabkan kanker. Karena dalam daging olahan itu sendiri terdapat sodium nitrat yang jelas dapat meningkatkan resiko untuk terkena kanker.

4. Daging Merah

Jika daging merah dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, daging merah tentu bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan protein Anda. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar, inilah yang berbahaya karena bisa menyebabkan kanker di usus besar. 

Tak hanya itu, jika kamu kelebihan lemak daging merah, akan mengakibatkan kamu berpotensi untuk terserang kanker pankreas dan kanker payudara.

5. Gula

Mengapa gula juga termasuk dalam deretan makanan yang dapat menyebabkan kanker? Karena gula terutama yang mengandung pemanis buatan dapat meningkatkan jumlah lemak yang ada di dalam darah yang bisa menjadi sel kanker.

6. Tepung

Tak hanya mengakibatkan masalah obesitas dan pencernaan, tepung juga dapat memicu munculnya kanker. Hal ini tidak terlepas dari indeks glikemik yang tinggi dalam tepung sehingga sel kanker dapat tumbuh dalam tubuh Anda.

7. Keripik Kentang

Makanan enak yang satu ini juga bisa mengakibatkan kanker karena banyaknya kandungan yang berkontribusi terhadap pertumbuhan sel kanker. Kandungan tersebut antara lain kalori, lemak, pengawet, natrium, penyedap buatan dan beberapa bahan kimia lainnya.

8. Soda

Minuman yang tinggi gula, bahan pengawet dan juga kalori ini bisa memicu sel kanker untuk tubuh. 

9. Minyak Goreng yang Sudah Dipakai Sebelumnya

Minyak goreng yang sudah pernah dipanaskan dalam waktu yang cukup lama apalagi berkali-kali akan menjadi racun karena terjadi perubahan struktur di dalamnya. Sehingga jika kamu tetap menggunakan minyak bekas pakai atau jelantah ini, dalam waktu yang lama, bisa memperbesar potensi tubuh terkena kanker.

penyakit kanker

Alkohol biasanya disandingkan dengan rokok yang jelas-jelas berbahaya bagi kesehatan. Kombinasi dari keduanya sudah cukup untuk mengakibatkan kanker. Belum lagi alkohol itu sendiri dapat menyebabkan liver menjadi rusak.

Demikian 10 makanan enak yang mampu menyebabkan kanker ini. Bukannya kamu dilarang untuk mengkonsumsi, tetapi batasilah jumlah dan frekuensi kamu dalam mengkonsumsi makanan tersebut supaya kamu terhindar dari kanker. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ingin Terhindar dari Kanker? Batasi Konsumsi Kamu Terhadap 10 Makanan Ini